Worldview Islam Aqidah

Worldview islam merupakan mata kuliah yang diwajibkan Universitas Darussalam Gontor untuk semua program studi. Mata kuliah ini sangat penting untuk mengenalkan lebih jauh mengenai konsep-konsep pokok worldview islam. Selain itu, mata kuliah ini juga dapat menjadi landasan dalam islamisasi ilmu pengetahuan yang merupakan salah satu visi-misi universitas Darussalam gontor. Langsung aja kita bahas apa itu worldview..

 

A.    Makna Worldview

   Secara umum, worldview atau pandangan hidup sering diartikan sebagai filsafat hidup atau prinsip hidup. Dalam sejarah, istilah worldview pertama kali digunakan dalam bahasa Jerman, yaitu weltanschauung, oleh Immanuel Kant. Selanjutnya dikalangan idealis dan romantisis Jerman, istilah ini mulai digunakan untuk menggambarkan mengenai “susunan kepercayaan yang melandasi dan membentuk pemikiran dan tindakan manusia.”

   Secara terminologis, Hamid Fahmy Zarkasyi mencoba mengumpulkan definisi dari Ninian Smart, Thomas F. Wall, Alparslan Acikgenc, Thomas S Kuhn, serta Edwin Hung, yang jika diuraikan maka worldview memiliki makna-makna sebagai berikut:

1.Worldview adalah sistem kepercayaan asasi yang integral di dalam diri manusia.

2.Dimensi worldview meliputi pikiran dan perasaan manusia

3.Worldview berguna memberi penjelasan mengenai realitas dan makna eksistensi

4.Worldview berperan dalam keberlangsungan dan perubahan moral dan social

5.Worldview menjadi asas perilaku manusia termasuk aktivitas ilmiah dan teknologis

6.Worldview adalah factor penting dalam penalaran saintific, yang dalam kajian sains serupa dengan paradigma

7.Worldview seperti halnya paradigma, menyediakan nilai, standar dan metodologi.

 

B.    Worldview Islam

            Dalam islam, apa yang disebut sebagai worldview sebenarnya tidak lain adalah akidah itu sendiri. senyatanya, kalimat syahadat yang menjadi gerbang masuk islam, memilki konsekuensi terhadap perubahan pandangan hidup seseorang. Hamid Fahmi Zarkasyi mencoba mengumpulkan beberapa definisi worldview dari beberapa tokoh muslim, yang dikerucutkan menjadi berikut:

1.Worldview Islam bermula dari kesaksian (syahadat) akan keesaan Tuhan (tauhid)

2. Dari tauhid tersebut terbentuklah satu gugusan keyakinan asasi yang lebih kompleks didalam mata hati, pikran dan perasaan seorang muslim

3.Keyakinan asasi tersebut menjadi operasional karena ditopang oleh akal dan bersifat rasional, serta menjadi gugusan pemikiran yang bersifat aristektonik

4.Keyakinan asasi yang rasional tersebut menjadi cara pandang (visi) muslim yang bersangkutan mengenai realitas dan kebenaran, serta menjelaskan mengenai wujud yang tampak maupun tidak tampak

5.Pada gilirannya, keyakinan asasi tersebut berubah menjadi asas perilaku manusia baik yang bersifat personal dan social, maupun ilmiah dan teknologis.

6.Puncaknya, keyakinan asasi tersebut menjelma menjadi sistem tata aturan yang lebih kompleks lagi (nidzam) yang diterapkan dalam seluruh aspek kehidupan.

   Secara spesifik, dalam mata kuliah ini, akan membahas mengenai konsep-konsep kunci dalam akidah islam yang meliputi Konsep Tuhan, Konsep Agama, Konsep Wahyu, Konsep Kenabian, Konsep Alam, Konsp Taskhir, Konsep Hari Akhir, Konsep Manusia, Konsep Kebebasan Manusia, Dan Konsep Kebahagiaan.

 

Daftar Pustaka

Haneef, Mohamed Aslam Mohamed. 1997. “Islam, The Islamic Worrldview, and Islamic Economics.” IIUM Journal of Economics & Management 5, no. 1 42.

M. Khalid Muslih, Dkk. 2018. Worldview Islam (Pembahasan Konsep-konsep Penting dalam Islam). Ponorogo: UNIDA Gontor Press.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. 2013. “Worldview Islam dan Kapitalisme Barat.” Jurnal TSAQAFAH Vol. 9, No. 1 17-21.