Wisdom Speech: The Global Challange for Indonesia During the Covid-19 Pandemic

Unida Gontor kampus Mantingan-Senin pagi 29/11/21, program studi Hubungan Internasional mengadakan kuliah umum “Wisdom Speech”. Mengusung tema “The Global Challenge for Indonesia during the Covid-19 Pandemic”. Acara yang berlangsung di hall pasca sarjana lantai 3 ini mengundang Dr. Yayan Ganda Hayat Mulyana selaku The Head of Education and Training Center Ministry of Foreign Affairs. “Kami yakin anak-anak ini akan sukses dengan mimpi besarnya dan mimpi Gontor. Untuk itu kami mohon bimbingan dari DepLu untuk dapat mencetak SDM yang lebih berkualitas kedepannya”. Ucap Dr.Fairuz Subakir Ahmad selaku kepala direktorat kepesantrenan dalam sambutannya di acara yang khidmat ini.

Dalam penyampaian materinya Dr. Yayan GH Mulyana menyinggung bagaimana Covid-19 membentuk konteks baru. Terutama dalam dunia diplomasi Indonesia, seperti benturan keseimbangan diantara pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi sampai pembahasan mengenai diplomasi vaksin. Disela-sela penyampaian materi beliau berpesan “menjadi pribadi yang kerap berkontribusi dibutuhkan knowledge, attitude, heart maka dari itu kita dapat membentuk NKRI”. Beliau juga mengamanatkan agar mahasiswi senantiasa bersyukur, karena di UNIDA memiliki pedagogis dan sistem pendidikan yang baik yang kerap melahirkan insan kamil yang senantiasa menjalankan nilai-nilai. Dr. Yayan GH Mulyana juga mengapresiasi keoptimisan mahasiswi Unida ketika ditanya mengenai masa depan, disaat hampir 60% pemuda diluar sana merasa sangat gelisah menghadapi masa depan dan perubahan iklim.

Antusiasme dan apresiasi acara tersebut juga terlihat dari banyak pertanyaan yang diajukan, mulai dari mahasiswa hingga dosen. Timbal balik antara komunikator dan komunikan meyakinkan bahwa seluruh civitas akademika UNIDA sanggup menjadi pemimpin selanjutnya. Siap mengemban tugas negara, demi mengharumkan nama bangsa Indonesia. Acara yang penuh dengan atmosfer keilmuan tersebut ditutup dengan pemberian cendramata. Sebagai ucapan terima kasih dari segenap civitas akademika Universitas Darussalam Gontor.

(1) Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.