Turkish Diplomacy Update; Berbagi Pengalaman Bersama Konsul Protokol KJRI Turki

Rabu 2 Juni 2021 Program Studi Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor mengadakan sharing session bersama Diplomat Ahli Muda Kementrian Luar Negeri RI, Ustadzah Elizabeth Diana Dewi, B.Hsc, M.IR. Beliau alumni Gontor Putri tahun 1999 yang melanjutkan pendidikan strata 1 di International Islamic University of Malaysia (IIUM) melalui skema beasiswa MoU antara ISID (sekarang UNIDA) dan IIUM.

Ustadzah Elizabeth Diana mengawali sharing session dengan pertanyaan, “sudah baca berapa buku kemarin?”. Beliau membentuk alur yang harus dilakukan mahasiswa Hubungan Internasional dalam melihat suatu isu; membaca, menyimpulkan, melengkapi dengan data, dan belajar komparasi. Baginya, multidisipliner ilmu dalam Hubungan Internasional menjadi kelebihan yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa Hubungan Internasional. Ia juga meyakini bahwa dunia diplomasi yang luas memberikan kesempatan bagi tiap individu untuk menjadi diplomat versi multi track diplomacy.

Dalam sesi sharing session kali ini pemateri tidak hanya berbagi pengalaman menjadi staff KJRI dan keadaan politik di Turki, namun juga memberi tugas kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk menonton pidato Menteri Luar Negeri RI dalam sidang Majelis Umum PBB mengenai Palestina.

Acara yang berlangsung di Hall Siroh lantai 2 UNIDA Gontor ini di akhiri dengan tanya jawab. Di akhir sesi, Ustadzah Elizabeth Diana Dewi, B.Hsc, M.IR. mengatakan “jadi mahasiswa Hubungan Internasional UNIDA harus optimis. Seluruh mahasiswa merupakan generasi emas yang akan menjadi pemimpin di tahun 2030-2045. Nasib negara nanti akan bergantung pada generasi emas, maka lebih semangat baca, diskusi, dan menulis”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *