Taiwan Tembak Drone Dekat Perbatasan Cina

HI UNIDA. Militer Taiwan pertama kalinya menembak jatuh drone tak dikenal pada Jum’at (1/9) di sebelah kota Xiamen Cina. Pemerintah Taiwan mengambil langkah keras untuk menangani peningkatan intrusi seperti itu.

Berdasarkan laporan dari Channel News Asia , kejadian terjadi setelah Taiwan mengeluhkan drone yang datang dari Cina dan terbang di sekitar Kepulauan Kinmen. Sebelum itu Beijing sedang menggelar latihan militer di sekitar Taiwan.

Dari jumpa pers, Su mengatakan Taiwan teah mengeluarkan peringatan berulang-kali kepada mereka untuk tidak melanggar batas wilayah negara.

“Mereka berulang-kali mengabaikan peringatan kami untuk pergi dan kami tidak punya pilihan selain melatih pertahanan diri dan menembak. Ini adalah reaksi yang paling tepat setelah tindakan selama ini”. tambah Su.

Taiwan akan tetap melindungi negaranya dan tidak akan memprovokasikan ketegangan antara Taiwan dan Cina.

Dikutip dari Media Taiwan, Cina sempat mengatakan kejadian tersebut adalah tudingan untuk menghebohkan konftontasi antara kedua belah pihak.

Drone ditembak jatuh setelah memasuki wilayah udara terbatas di Pulau kecil Lion dan jatuh di atas laut lepas.

Pasukan Cina telah melakukan aktivitas militer di dekat Taiwan sejak awal bulan lalu. Ditambah dengan kunjungan ketua DPR AS, Nancy Pelosi mengunjungi Taipei yang membuat marah Beijing.

Kementerian luar negeri Cina sempat menolak laporan dari Taiwan tentang drone dan justru mengatakan tidak ada yang harus diributkan.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published.