Study Visit For Academic Mahasiswi Hubungan Internasional 2019

Mahasiswi semester 6 Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor Kampus putri. Pada hari Jum’at 29 Oktober 2021 telah melakukan kunjungan ke 2 instansi di Indonesia. Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (DISKOPINDAG) dan juga Kebun Teh Nusantara XII Wonosari. Tujuan adanya kunjungan akademik ini sebagai praktek salah satu mata kuliah yang ditempu yakni Bisnis Internasional, dimana banyak pelajaran dan informasi yang sangat membantu dari adanya observasi langsung serta mengasah analisis tiap mahasiswi dalam melihat apa yang terjadi langsung di lingkungan instansi.

Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan

Pada instansi pertama, yaitu DISKOPINDAG, kami diarahkan dalam dialog aktif Bersama Ibu Asih selaku praktisi dalam instansi ini. Oleh itu kami mengetahui informasi pengalihan fungsi DISKOPINDAG yang saat ini merupakan hasil merger dinas koperasi, industry, dan perdagangan. Penggabungan fungsi ini mengintergrasikan divisi yang menangani pasar, pertokoan, dan stok barang pokok, serta impor dan ekspor, sekaligus menangani industry kecil menengah (IKM), serta dari dinas koperasi menangani bidang koperasi baik umum maupun khusus. Korelasi dengan mata kulaih bisnis internasional adalah dengan wujud pemerintah sebagai actor langsung yang mengurusi bagaimana IKM dalam negri memberikan potensi dan dampak baik dalam dan luar negeri.

Selain itu, nilai yang berulangkali ditekankan oleh bu Asih adalah tentang kepekaan mahasiswa terhadap jiwa entrepreneurship. Diharapkan tiap kepala mahasiswa memiliki kemampuan dalam membaca peluang pasar. Dikarenakan ini merupakan modal terbesar independensi mahasiswa Ketika terjunlangsung ke masyarakat. Peluang yang besar tersebut dapat memicu keberhasilan bonus demografi Indonesia di tahun 2045. Sehingga Indonesia siap secara finansial dengan mempersiapkan mahasiswanya sejak dini. Demi memberikan solusi bagi setiap permasalahan dan kebutuhan masyarakat saat ini dan yang akan datang. Sehingga, ketika lulus mampu menciptakan lapangan pekerjaan bukan malah mencari pekerjaan.

Kebun Teh Nusantara XII Wonosari

Sedangkan, pada instansi kedua mahasiswi menganalis langsung bagaimana alur bisnis. Perusahaan sekaligus agrowisata The Wonosari dalam mengelola proses prouduksi-distribusi, serta bagaimana perusahaan yang sekarang tergabung dalam BUMN ini mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Dengan dipandu oleh Pak Husnan Selaku petugas instansi mahasiswi mempelajari perkembangan perusahaan sejak awal didirikannya pada 1912, pergantian hak milik hingga perjalanan ekspor teh wonosari hingga ke pasar eropa.

Dari kunjungan ini kami dapat menganalisis konsep free trade dalam studi kasus Perusahaan teh Wonosari. Yang membuktikan sektor industry local yang berasal dari Teh dapat berkontribusi dalam pembangunan negara serta dalam penguatan ekonomi nasional. Adapun kegiatan ekspor dilangsungkan di berbagai negara dunia yaitu, China, Singapura dan Inggris. Disisi lain pak Husnan juga memaparkan hambatan kegiatan ekspor saat ini adalah pandemi. Yang menghasilkan beberapa persyaratan negara penerima dalam standarisasi layak kirim selama pandemic. Peran pemerintah pun dengan begitu menjadi sangat penting mengingat perusahaan ini berada di bawah BUMN. Regulasi yang dinamis dan birokrasi yang tidak berbelit menjadi harapan terbesar saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *