Studium Generale: Permasalahan Perbatasan Indonesia (Diplomasi dan Keamanan)

webinar

Siman – Rabu (26/1/2022), Himpunan Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HMP-HI) menyelenggarakan webinar yang bertajuk “Studium Generale: Permasalahan Perbatasan Indonesia (Diplomasi dan Keamanan)”. Acara ini diadakan secara hybrid yaitu melalui Zoom Meeting sekaligus secara langsung di aula CIOS Universitas Darussalam Gontor. Pembahasan pada webinar kali ini meliputi permasalahan-permasalahan perbatasan Indonesia beserta prospek terhadap pembahasan tersebut. Pemateri juga men-share pengalaman beliau sebagai praktisi ketika berkecimpung dalam kegiatan yang berkenaan dengan kepentingan perbatasan Indonesia dengan negara tetangga.

Kuliah umum ini diisi oleh Dr. Fauzan, M,Si. sebagai pemateri. Beliau juga berpengalaman di beberapa bagian di BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) sehingga pembawaan materi terasa sangat hidup dan menarik, karena beliau juga menyisihkan beberapa pengalaman beliau. Salah satunya yaitu ketika beliau secara langsung meninjau perbatasan Indonesia dan Malaysia. Ada beberapa kesalahpahaman bagi sebagian orang tentang perbatasan antara negara, kata beliau. Sebagai daerah yang terpisah antara dua negara, bukan berarti kegiatan masyarakat disana sangat sulit dan terhambat dengan regulasi-regulasi yang mengharuskan warga negara Indonesia memasuki wilayah negara lainnya misalnya. Faktanya, di lapangan hal tersebut tidak seperti yang dibayangkan.

Sesi Pengangkatan Kader HMP-HI

Webinar ini menjadi yang perdana bagi HMP-HI UNIDA dalam mengadakan acara daring dalam skala nasional. Yang membuat acara ini lebih spesial lagi yaitu keikutsertaan rekan-rekan Dr. Fauzan ketika di BNPP dalam acara ini. Di akhir sesi, beliau menyampaikan bahwa webinar ini sangat berarti bagi beliau, karena dulu 30 tahun yang lalu beliau berkesempatan nyantri di Gontor walaupun hanya sekedar program pesantren kilat. Kami juga berharap di lain kesempatan nanti akan mendapat kuliah dari Dr. Fauzan langsung secara luring.

Setelah acara webinar, agenda dilanjutkan dengan pengangkatan kader-kader HMP-HI atau yang biasa kami sebut sebagai “Diplomat Muda” yang terdiri dari mahasiswa tahun pertama semester dua. Hal ini merupakan salah satu bentuk pendidikan kaderisasi dalam setiap organisasi di Universitas Darussalam Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.