Esensial School of MUN Sebagai Pembelajaran Diplomasi

Sabtu, 04 Desember 2021. Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor mengadakan acara School of MUN yang bertempat di Hall CIOS. Darussalam School of Model United Nations 2021 ini dipanitiai oleh mahasiswa semester 7, yaitu Farhan Riswandha Jhuswanto dan Elang Surya Maulana. Acara School of MUN ini sebagai salah satu agenda dari rentetan acara magang Reinforcement Program 2.0 dari divisi keilmuan.

 Darussalam School of Model United Nations 2021 merupakan kegiatan akademik berupa simulasi sidang PBB yang mengharuskan setiap pesertanya (delegasi) untuk berperan sebagai perwakilan (dalam hal ini sebagai diplomat) dari negara yang telah ditentukan oleh penyelenggara MUN.  Dalam School of MUN, dihadiri kisaran 30 orang mahasiswa, baik dari semester 1 sampai semester 7. Seluruh peserta acara ini terbagi dalam 9 negara yang berbeda dan setiap negara memiliki 3 delegasi untuk mewakili negaranya, antara lain seperti Negara China, Vietnam, India, New Zealand, Inggris, Rusia, Islandia, Qatar, dan Saudi Arabia.

Acara ini menjadi ajang pembelajaran mahasiswa HI sebagai representatif negara dalam dunia diplomasi. Tentunya, mahasiswa diperkenankan untuk merasakan bagaimana seorang diplomat mewakili negara nya dan melakukan diplomasi untuk negara tersebut dalam forum sidang United Nations.

Menurut Farhan Riswanda selaku ketua panitia Darussalam School of Model United Nations 2021 menyatakan bahwa, acara ini diadakan supaya setiap partisipan dari Mahasiswa khususnya Prodi Hubungan Internasional UNIDA Gontor mampu untuk meningkatkan skill public speaking, negosiasi, diplomasi, riset serta mampu memiliki pemikiran kritis terhadap suatu permasalahan yang dihadapi oleh negara. Kami (panitia School of MUN 2021) berharap kedepannya kegiatan semacam ini bisa diagendakan sebagai agenda tahunan prodi, agar mahasiswa khususnya prodi HI dapat merasakan praktik berdiplomasi secara langsung melalui kegiatan School of Model United Nations.

Menurut salah satu peserta MUN dari delegasi Inggris, Muhammad Zulfadillah menyatakan bahwa dirinya sangat terbantu dan terkesan dengan acara School of MUN. Dan dia mengatakan,”Melalui acara ini, saya sendiri bisa mengembangkan dan mengasah skill berbahasa khususnya dalam bahasa inggris serta mengasah critical thinking, jadi saya dilatih cepat untuk berpikir, cepat untuk mencari solusi dan harus cepat menanggapi ataupun merespown apa yang disampaikan dari delegasi-delegasi lain.”

Simak artikel menarik lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *