Review Film The Interpreter , Pendalaman Nilai Diplomasi Bahasa

Film Interpreter dan Diplomasi Bahasa

The Interpreter merupakan film yang dirilis tahun 2005 oleh Sydney Pollack. Film ini mengisahkan seorang penerjemah bernama Silvia Broome menjadi salah satu keluarga dari korban genosida rezim Dr. Zuwanie, Presiden Matobo. Film pertama yang lulus syuting di kantor PBB tersebut menceritakan perlindungan seorang penerjemah dari ancaman musuh dan kejahatan rezim yang terungkap. Salah satu actor berperan sebagai Silvia penerjemah dan bekerja untuk PBB. Dikarenakan Silvia mengetahui misi pembunuhan pembesar Motobo maka  kehadirannya diincar oleh penjahat. Hal ini membuat agen rahasia Tobbin Keller ditugaskan untuk melindungi Silvia dari oknum – oknum berbahaya dibawah naungan Dr. Zuwani.

Nilai Diplomasi dan Keamanan Internasional Film Interpreter

Diplomasi merupakan instrumen seseorang untuk mencapai kepentingan negara dan organisasi tertentu. Film Interpreter menjelaskan bahwa diplomasi bahasa berperan sebagai penyelesaian konflik. Tidak hanya itu, didalam film tersebut terdapat unsur diplomasi budaya, keamanan internasional, terorisme, serta agen rahasia.

Salat satu aktor film sedang berperan di Kantor PBB

Bakat yang dimiliki Silvia Broome menunjukan bahwa bahasa merupakan sarana untuk melarealisasikan diplomasi. Bahasa “Ku” dikisahkan merupakan bahasa rakyat Matobo, salah satu daerah di Afrika. Disamping Silvia memahami bahasa “Ku” sebagai bahasa ibu, ia juga menggunakan kecerdasannya untuk membela hak rakyat Negara asalnya. Film ini sangat menarik dan memiliki ending tak terduga. Kasus Dr. Zuwanie terkait pembantaian rakyat matobo mengundang kecaman dan kemarahan global termasuk Silvia Broome. Meskipun Dr. Zuwanie yang dikenal akan liberasinya menjunjung kemerdekaan, ternyata merupakan seorang  yang kejam. Pada akhirnya dia dihukum karena telah melanggar Hak Asasi Manusia berupa pembunuhan, persekusi, dan pembantaian terhadap rakyatnya sehingga dia mendapatkan sanksi dari International Court.

Pen : Resti Fauziah HI/7

Ed : Angelia Islamiati Talo HI/7

Baca juga:

Watching Film Interpreter Bersama Reinforcement 2.0 Kampus Mantingan, Kolaborasi Dua Divisi Magang

Reinforcement Program 2.0, Inovasi Kegiatan Magang HI UNIDA di Era Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *