Politik Internasional

Halo Sobat Dunia…

Mata Kuliah politik internasional merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil mahasiswa/i Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor pada semester 3. Dalam mata kuliah ini para mahasiswa tidak hanya mempelajari politik internasional saja akan tetapi apakah hubungan internasional dan politik internasional sama atau berbeda, luar lingkup pilitik internasional dan lain sebagainya. Di akhir semester mata kuliah ini para mahasiwa/I menghadapi ujian lisan hal ini bertujuan guna menguji seberapa besar pemahaman yang telah dipahami oleh mahasiswi selama satu semester.

Untuk itu Mari Sobat Dunia.. kita pahami dulu apa politik dan politik internasional itu?…

Politik merupakan sudi mengenai who, gets, what, when, and how sedangkan politik internasional merupakan sudi mengenai who, gets, what, when, and how di arena internasional. Politik internasional juga merupakan arena dimana negara-negara melakukan struggle for power demi survival untuk mencapai kejayaan masing-masing. Core subyek dalam hubungan internasional yang mengkaji segala bentuk atau upaya dalam memperjuangkan power dan national interest.

Hubungan internasional dan politik internasional memiliki perbedaan. Hubungan internasional dapat dimaknai sebagai sebuah bidang studi yang mencakup semua jenis hubungan atau semua jenis interaksi antarnegara (termasuk organisasi dan asosiasi nonnegara) dan hubungan-hubungan intu dapat berlangsung dalam bidang politik maupun non politik (sosial, ekonomi, kemanusiaan, dan filantropis). Sementara pokok bahasan politik internasional lebih terbatas yakni hanya menaruh perhatian pada The Game of Power atau Power Politics dimana negara sebagai entitas yang berdaulat terlibat atau menjadi aktor utamanya. Singkatnya jika hubungan internasional mencakup semua jenis hubungan dari semua aktor sedangkan politik internasional terbatas pada interaksi politik antar negara (khususnya unteraksi yang terkait dengan politik kekuasaan antar negara).

Cakupan politik internasional:

  • Power
  • National interest
  • Action negara-negara
  • International system
  • Detterance & value pembuat keputusan pasca konflik.

Hakekat politik internasional yaitu hubungan-hubungan, aksi-reaksi, tindaka respon dalam bidang politik yang dilakukan oleh dua atau lebih negara-negara (influence, force, usable & unusable power). Politik internasional juga sering diasumsikan sebagai suatu arena dimana negara-negara melakukan the game of power atau struggle for power dalam rangka untuk bertahan hidup dan mencapai tujuan nasionalnya masing-masing.

Kajian politik internasional: konflik, sengketa, dan perang baik lokal maupun global.

Ruang lingkup hubungan internalsional yaitu tipe hubungan atau interaksi antar negara maupun non negara

Ruang lingkup politik internasional yaitu sebatas permainan kekuasaan yang melibatkan negaara-negara berdaulat.

Pola Hubungan Internasional


Pola Kebijakan Luar Negeri

Pola Politik Internasional

Pokok bahasan politik internasional, sebagai salah satu bagian penting dalam studi hubungan internasional juga banyak memberikan penekanan pada penjelasan mengenai kepentingan, tindakan, unsur-unsur power negara-negara besar. Kajian politik internasional mencakup pembahasan mengenai pola-pola perilaku suatu negara serta pola-pola reaksi atau respons dari negara lain. Politik internasional juga memberikan perhatian terhadap sistem internasional, detterence, dan perilaku para pembuat keputusan dalam situasi konflik antar negara.

Menurut Hans Morgenthau, pokok bahasan politik internasional mencakup analisis tentang hubungan-hubungan politik dan masalah-masalah yang berkitan dengan perang dan damai antar negara. Bagi Morgenthau, politik internasional juga pergumulan (struggle) antar negara untuk mencari power dan dengan menggunakan power pula. Sebab itu politik internasional tidak lain adalah politik kekuasaan antar negara. Dalam politik internasional setiap negata berusaha mengejar power dengan berbagai instrumen yang dimilikinya atau yang beragam manuver yang diperlukan.

            Pada periode Perang Dingin, studi tentang politik internsional lebih banyak menaruh perhatian terhadap rivalitas Amerika Serikat dan Uni Soviet, blok barat dan blok timur, NATO dan Pakta Warsawa, serta liberalisme dan komunisme. Saat itu hampir setiap konflik maupun perang antar negarayang bersifat lokal selalu dilihat oleh para ahli politik internasional dari perspektiv rivalitas atau perebutan pengaruh antar dua kubu tersebut. Topik-topik global yang sering disorot yaitu peelombaan senjata (arms race), proliferasi nuklir, perebutan daerah pengaruh (sphere of influence), peredaan ketegangan, strategi penangkalan (detterence) dan sebagainya.

            Setelah perang dingin dan bipolaritas Timur-Barat berakhir, salah satu topik yang paling menonjol dalam pokok bahasan politik internasional adalah mengenai terorisme. Selain topik terorisme studi politik internasional sejak akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 memberikan perhatian mengenai intervensi militer dibawah payung humanitarian intervention.

Daftar Pustaka

Burton, John W. 1972. World Society. New York: Cambridge University Press

Devetak, Richard, Anthony Burke dan Jim George. 2012. Introduction to International Relations. Cambridge: Cambridege University Press.

Hans J Morgenthau. 1997. Politics Among Nations: Struggle for Power and Peace. London: McGraw.

J.C Johari. 1985. International Relations and Politics: Theoritical Perspectives. New Delhi: Sterling Publishers Private Ltd.

Schleicher, C. P. 1963. International Relations: Cooperation and Conflict. New Delhi: Prentice Hall of India.