Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy UNIDA Gontor 1443 H: Bersama Kembali Memperbaiki Niat

UNIDA GontorUniversitas Darussalam Gontor berhasil melaksanakan Kegiatan Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy (PKA) 1443 H pada Ahad pagi 5 Desember 2021. Kegiatan ini berlangsung sangat meriah yang diisi dengan beberapa rentetan acara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Kyai Hasan Abdullah Sahal, Kyai Akrim Maryat, Dipl. Ed beserta rombongan dan tamu undangan lainnya. Pada tahun ini, UNIDA Gontor mengusung tema “Ummatan Wasathan” yang dibungkus dalam konsep kemerdekaan bangsa.

Setelah sebelumnya sempat tertunda pada awal semester ganjil, alhamdulillah Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy 1443 H di UNIDA Gontor, mampu terlaksanadengan lancar dan sukses pada awal semester genap. Kerja keras, kebersamaan, serta doa-doa yang dimunajat seluruh civitas akademika tentunya menjadi kunci kesuksesan terlaksananya kegiatan ini. Selaras dengan nasehat yang disampaikan oleh Kyai Akrim Maryat, Dipl. Ed pada kuliah umum PKA, bahwa untuk mendapatkan apa yang diharapkan perlu adanya sebuah pengorbanan, kedisiplinan, pengaturan (manajemen) dan diakhiri dengan berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT.

Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy ini merupakan salah satu wujud ijtihad Pondok Modern Darussalam Gontor dalam proses pengenalan, dan pemantapan kembali atau Tajdidun Niat bagi seluruh mahasiswa, dosen, dan segenap keluarga Pondok Modern tentang nilai-nilai pendidikan kepondokmodernan yang selama ini terjaga dan lestari. Oleh sebab itu, hal ini menjadi alasan kenapa sangat penting kegiatan ini dilaksanakan, karena ada nilai-nilai filosofis maupun hikmatis yang ingin disampaikan dan harus dijaga. Selain daripada itu, kegiatan ini tentunya menjadi sebuah kesempatan emas bagi seluruh mahasiswa untuk memaksimalkan potensi mereka dengan terlibat langsung dalam menyusun dan mengikuti acara yang sangat penting ini.

Dalam mengisi rentetan kegiatan, Apel Tahunan PKA UNIDA Gontor diawali dengan pengibaran bendera, kemudian inspeksi barisan, hingga pesan & nasehat oleh Kyai Hasan Abdullah Sahal selaku inspektur upacara. Selain itu, kegiatan ini turut dimeriahkan dengan beberapa penampilan-penampilan yang dibawakan oleh para mahasiswa. Dengan membawakan konsep kemerdekaan, para mahasiswa sukses memeriahkan acara dan menarik perhatian tamu undangan yang hadir.Dengan lakon yang mereka bawakan, tidak jarang para tamu undangan serta penonton lainnya bertepuk tangan, dan sangat terpukai dengan penampilkan yang dihadirkan. Diantara penampilannya seperti, Drama Musical, Puisi, Live Musik, atraksi beladiri, hingga tari-tarian dari berbagai daerah yang sangat merepresantisan keragaman budaya dan etnis para mahasiswa UNIDA Gontor. “Apa yang mereka tampilkan di hari H, tidak seperti yang ditampilkan saat gladi, mereka mampu tampil All-Out, mengejutkan kami dan sangat membanggakan”, ungkap Ustadz Azhar Ahmad Zein, selaku ketua Panitia PKA.

Dan tidak kalah menarik, kegiatan ini juga diikuti dengan parade barisan dari perwakilan-perwakilan program studi, mahasiswa luar negeri, biro & Lembaga, serta unit-unit usaha yang ada di UNIDA Gontor. Selain dari pada itu, Stand-Stand Fakultas juga turut dihadirkan pada kegiatan ini. Dimana setiap fakultas memperkenalkan program studi dan berbagai kegiatan mereka, serta berkesempatan untuk memperlihatkan langsung berbagai macam capaian dan prestasi yang telah mereka raih.


Penulis:
Ragil Tri Sambodo, Editor: Arif Nuru Rohman Kholid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *