Memetik Hikmah Larangan Mudik 2021.

Bulan Ramadhan merupakan bulan dengan beribu berkah yang tersimpan didalamnya. Dibulan suci inilah setiap hamba Allah diberi kesempatan untuk melunturkan dosa dan menenangkan hati agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Hamba Allah yang telah baligh dan telah memenuhi syarat diwajibkan untuk berpuasa. Namun, ditengah keberkahan yang melimpah ini kita kembali merasakan dampak dari Covid-19 yang tak kunjung usai. Tapi, hal ini tidak menurunkan semangat beribadah umat Islam untuk menuju hari kemenangan.

Meski besok umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari besar mereka yaitu Idul Fitri. Suatu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia terutama di Indonesia. Rasanya tak lengkap bila tidak ada suatu tradisi yang bahkan sudah mendarah daging dihati masyarakat Indonesia. Setelah melalui bulan yang penuh dengan keberkahan, datanglah hari yang sudah ditunggu-tunggu. Indonesia memiliki tradisi yang sangat unik dalam menyambut hari kemenangan ini. Setiap orang memperjuangkan diri untuk berkumpul bersama orang-orang yang dicintai yaitu keluarga. Berkumpul bersama keluarga merupakan momen yang sangat diperjuangkan dihari nan fitri ini. Harapan itu harus kandas ditahun ini karena korban terus berjatuhan akibat pandemi berkepanjangan.

Tradisi Lebaran diberbagai Negara

Beberapa tradisi lebaran pun dirayakan berbeda-beda disetiap negara, terutama negara dengan muslim minoritas. Tradisi lebaran tiap negara yang berbeda dipengaruhi banyak faktor, misalnya faktor geografis dan kultur masyarakat. Maka dari itu, tradisi atau perayaan lebaran di berbagai negara berbeda dan unik. Keragaman inilah yang membuat hari lebaran menjadi semakin semarak. Seperti di negara Turki, masyarakat muslim disana menyebutan hari lebaran di Turki dengan kata “Bayram”. kemudian di negara Australia mereka mengadakan festival multi cultur untuk menyambut lebaran, dengan tujuan untuk mentoleransi adanya perbedaan agama di negaranya. dan masih banyak lagi beberapa tradisi lebaran di berbagai negara.

Lebaran di Indonesia

Belakangan ini pemerintah telah kembali menerapkan larangan mudik 2021 bagi rakyatnya. Hal ini termuat dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah. Salah satu upaya pemerintah dalam mengendalikan pandemi yang tak kunjung usai ini. Aturan diberlakukan mulai tanggal 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021. Bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan antar kota atau kabupaten, provinsi, bahkan negara. Baik transportasi darat, laut dan juga udara.

Apalah arti jika pemerintah melarang mudik, perkumpulan bersama keluarga yang diidam-idamkan kembali harus direlakan. Kerinduan yang sekian lama ditahan harus kembali ditahan kembali. Bukan tanpa alasan pemerintah melarang mudik bagi warganya, akan tetapi rasa solidaritas bersama untuk melawan Covid-19 harus menjadi prioritas utama agar dapat memutus mata rantai pandemi ini. Keberkahan tidaklah usai tanpa adanya mudik, dengan pandemi yang tengah melanda selama beberapa tahun ini semoga menjadi berkah yang tak terhingga. Terus fokus beribadah dan tetap memperhatikan protokol kesehatan agar dapat menyelamatkan kehidupan bersama. Semangat beribadah meski Covid-19 belum mau mengalah.

Pen: Lokita

Editor: Jahhid

REFERENSI

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/08/064500165/rincian-peraturan-larangan-mudik-2021-dan-sanksinya-yang-dimulai-6-mei?page=all#page3

https://www.liputan6.com/bola/read/4255158/tengok-tradisi-lebaran-di-5-negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *