PNMHII XXXIII: Mengulik Keseruan Aktifitas Delegasi UNIDA Gontor

PNMHII (Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia) yang ke 33 berhasil diselenggarakan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga pada tanggal 15-18 November 2021. Untuk pertamakalinya, PNMHII tahun ini diselenggarakan secara hybrid yaitu daring dan luring.

Tahun ini, HMP-HI Unida Gontor mengirim delegasi untuk semua chamber yang ada dalam agenda ini. Chamber tersebut antara lain JSF (Joint Statement Forum), SF (Sidang Forum), SWDC (Satya Wacana Diplomatic Course), WWF Campaign(We Work for Future Campaign), dan PP (paper Presentation).

Keikutsertaan Delegasi UNIDA Gontor di PNMHII ke-33

Delegasi UNIDA Gontor dalam chamber SWDC

Delegasi yang melaksakan agenda secara luring yaitu delegasi dari chamber SWDC dan SF. SWDC diwakili oleh Ananda Maulana Aladiansyah dan Muhammad Anugerah Elmendo. Sedangkan SF diwakili oleh Rizal Yanuar Putra dan Ilham Nazaruddin Noor.

Delegasi UNIDA Gontor dalam SF (keempat dan kelima dari kiri)

Dalam chamber SF, HMP-HI mendapatkan apresiasi oleh forum. “Alhamdulillah laporan FML (FKMHII Milestone Legacy) seluruh korwil FKMHII sudah selesai. Dari korwil 6, hanya UNIDA Gontor yang telah berhasil melaksanakan keseluruhan 5 poin FML” kata Ilham. Pada kesempatan yang sama, Ilham terpilih sebagai Sekertaris Nasional FKMHII (Forum Komunikasi Mahasiswa Hubungan Internasional Indonesia) Korwil 6 menggantikan Universitas Muhamadiyah Malang.

Suasana chamber JSF

Untuk JSF, WWF campaign, dan Paper Presentation, kegiatan dilaksanakan secara virtual. JSF yang diwakili oleh Amar Aminudin dan Ahmad fauzi membahas permasalahan nasional seputar isu kesehatan dan mendiskusikan bersama solusi yang dapat diambil.

WWF Campaign merupakan chamber yang memberi kampanye mengenai isu kesehatan mental di tengah pandemi melalui film pendek. Chamber ini diwakili oleh Abizar Al-ghifari dan Hanif Adam Setiawan.

Potret chamber Paper Presentation

Paper Presentation diwakili oleh ragil Tri Sambodo dan Arif Nuru Rohman Kholid. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sub-tema yaitu ekonomi, keamanan dan kesehatan. Pada kesempatan ini, Ragil dan Arif berhasil meraih posisi 3rd Runner Up dalam sub-tema keamanan.

Kesan terhadap Delegasi UNIDA Gontor

Menurut Carolina Day selaku salah satu panitia pelaksana, delegasi UNIDA Gontor merupakan delegasi yang terbaik. “Kalau dari aku sih untuk delegasi dari UNIDA Gontor kalian yang paling ga ribet dan selalu tepat waktu kalau morning call, kalau soal di forumnya atau di chamber sih aku kurang mengikuti ya, tapi overall kalian baik semuanya dan cukup komunikatif kalau dimintain data.”, tuturnya.

Agenda ini diharapkan mampu menambah networking mahasiswa Hubungan Internasional dan memotivasi HMP-HI dalam berkontribusi di kancah nasional maupun internasional.

(1) Comment

  • Rizal Yanuar Putra November 24, 2021 @ 8:21 am

    Hidup Mahasiswa…..???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *