Mengisi Liburan dengan Monitoring Skripsi dan Pelatihan Table Manner

HI 2018

Rabu, 26 Oktober 2021, Mahasiswi Hubungan Internasional semester 7 melaksanakan Monitoring Skripsi dan Pelatihan Table Manner. Program studi Hubungan Internasional merupakan studi yang mempelajari interaksi negara, swasta, lembaga antar pemerintah dan non-pemerintah dalam konteks global. Dalam interaksi tersebut tentunya dilihat dari bentuk relasi penguasaan (power) dalam hubungan antar aktor dijalankan. Dalam menjalankan relasi tersebut dibutuhkan sebuah aturan dan tata Krama yang tepat agar mampu mencapai hasil yang diinginkan.


Table Manner sebagai Pelajaran Nisaiyyah dan Etika Sopan Santun

Table manner merupakan serangkaian aturan dan sopan santun di meja makan. Hal ini dimulai dari cara duduk, penggunaan alat-alat makan dan minum, cara makan dan minum dengan baik hingga aturan saat meninggalkan meja jamuan. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui mengingat terdapat perbedaan adat dan kebudayaan dari setiap individu dan bangsa. Ditambah lagi, di era globalisasi saat ini terdapat banyak tuntutan-tuntutan sosial dimana para akademisi harus pandai menyesuaikan diri dalam bersosialisasi dengan para intelektual lainnya. Pengetahuan mengenai table manner merupakan rentetan short diplomatic course yang harus dimiliki oleh seorang akademisi Hubungan Internasional. Urgensi hal tersebut ialah modal dasar bagi mahasiswi agar dapat menjunjung tinggi etika dan sopan santun ketika nanti terjun di kancah internasional sebagai representasi dari negara kita. Kegiatan ini dimaksudkan agar dapat memberikan pengetahuan baru bagi mahasiswi program studi Hubungan Internasional semester 7 sebagai materi diluar jam perkuliahan atau kegiatan praktikum. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membentuk citra dan keterampilan pribadi para mahasiswi sebagaimana karakteristik dalam jamuan makan di table manner.
Adapun table manner yang dilaksanakan di semester 7 ini terlaksana di Syariah Hotel Solo. Hotel dengan basis syariah dan konsep halal tersebut menyediakan fasilitas table manner baik bagi umum atau akademisi, sehingga kami diberikan pelayanan sebaik mungkin dalam pelatihan jamuan makan ini.

Mentoring Skripsi bersama DPA Semester 7 Al-Ustadzah Ida Susilowati, M.A

Akhir dari rentetan acara tersebut ialah monitoring skripsi bersama Dosen Pembimbing Akademik semester 7, yakni Al-Ustadzah Ida Susilowati, M.A. Adapun kegiatan ini sengaja dirancang dengan suasana pemandangan indah agar memberikan kesan baru terhadap penyelesaian skripsi. Tempat ini dipilih agar menjadi penyemangat serta motivasi tidak langsung terhadap kesibukan ditengah proses skripsi.

Setiap individu dari semester 7 ditanyai mengenai beberapa hal, seperti proses Seminar Proposal Skripsi, bab lanjutan skripsi, dinamika pengajuan serta bimbingan bersama dosen pembimbing. Tidak hanya itu, pada sesi ini juga diberikan kepada mahasiswi beberapa motivasi mengenai skripsi agar tidak jenuh dalam pengerjaannya. Mahasiswi semester 7 menikmati setiap moment kebersamaan kali ini sebelum kelulusan menjadi wisudawati kelak.

(Rifda Zulfani Aisyah & Angelia Islamiati Talo/HI 7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *