Mengintip Suasana Karantina Tahfidz Mahasiswa HI

Rabu malam, 25 Agustus 2021 HMP Hubungan Internasional Departemen Urusan Agama Islam mengajak seluruh mahasiswa prodi Hubungan Internasional ikut serta dalam kegiatan karantina tahfidz yang dilaksanakan di teras masjid Jami’ Universitas Darussalam Gontor.

Kegiatan ini dilaksanakan seminggu sebelum diadakannya ujian tahfidz bagi seluruh mahasiswa. Hasil daripada ujian tersebut akan menjadi penentu tentang berhak atau tidaknya mahasiswa dalam mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). Ketua panitia penyelenggara kegiatan ini ‘Azzam El Zahidin mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar setiap mahasiswa HI mendapatkan hak mengikuti UAS, terutama terpenuhinya syarat tahfidz dari sekian syarat-syarat mengikuti UAS yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa. “Kenapa seminggu sebelum ujian? Karena tidak terlalu pendek dan tidak terlalu jauh. Kami harap mahasiswa dapat mencapai target minimal dalam hafalan”. Ujar ‘Azzam.

Mahasiswa saling simak-menyimak sebelum menyetor hafalan.

Pada malam pertama kegiatan ini, Ustadz Ali Musa Harahap mewakili Kaprodi HI menyampaikan wejangan motivasi kepada mahasiswa dalam sesi pembukaan karantina. “Be the best of yourself” begitu kata beliau. Beliau melanjutkan, bahwa tahapan menghafal Al-Qur’an sama halnya dengan tahapan langkah kita dalam menjalani hidup ini. Tidak harus sempurna di awal, namun dengan menikmati proses yang kita jalani insyaallah akan menghantarkan kita pada hasil yang kita tuju. Begitupun dengan menghafal Al-Qur’an, dengan menghafal secara konsisten walaupun sedikit demi sedikit, target hafalan pun akan tercapai.

Tepat setelah pembukaan, mahasiswa menghampiri muhafidz di masing-masing semester dan mulai menyetorkan hafalan mereka. Konsumsi berupa teh hangat dan cemilan ringan turut menemani suasana menghafal malam itu. Sebelum menyeteorkan hafalan ke muhafidz, mahasiswa kerap kali saling simak-menyimak hafalan sebelum nantinya menyetorkan hafalan yang berkualitas.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 25 (Rabu) hingga 27 (Jum’at). Khusus untuk semester 1 dan 3, hari Sabtu (28/8) menjadi hari ke-empat kegiatan ini sesuai dengan kebijakan para muhafidz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *