Mengenal Yusuf Al Qardhawi dan Pemikiran Politiknya

Pemikiran Politik Islam merupakan landasan intelektual dalam berbagai upaya membangun sistem administrasi yang menaungi umat Islam dan peradaban di dalamnya. Di era modern, banyak cendikiawan Muslim yang menyumbangkan gagasan idenya mengenai kultur politik yang seharusnya dibangun oleh kaum Muslimin. Contoh dari ulama modern ini salah satunya adalah Yusuf al-Qardhawi.

Al-Qardhawi lahir pada tahun 1926 di desa Saft Turab, Provinsi Gharbia, Mesir. Dia menjadi yatim pada usia dua tahun dan dibesarkan oleh pamannya. Dia membaca dan menghafal seluruh Alquran pada saat dia berusia sembilan tahun.

Yusuf Al-Qardhawi memperoleh gelar akademiknya di Fakultas Ushuludin, Universitas Al- Azhar Kairo, Mesir hingga berhasil meraih gelar doktor pada tahun 1973. Kemudian di tahun 1977, ia mendirikan Fakultas Syari’ah dan Studi Islam di Universitas Qatar dan menjabat sebagai dekan.

Potret Universitas Al- Azhar Kairo, Mesir. Tempat Al-Qardhawi menempuh pendidikannya.

Yusuf Al Qardhawi dan Sistem Demokrasi

Al-Qardhawi menyatakan bahwa sistem pemerintahan yang ideal dan relevan di zaman ini adalah sistem pemerintahan yang demokratis. Ia menambahkan bahwa Islam lebih dahulu melakukan demokrasi dalam menetapkan berbagai norma yang dibangun di atas demokrasi tersebut.

Namun Islam menyerahkan perinciannya kepada ijtihad kaum muslimin sesuai dengan nilai-nilai dasar agama yang sejalan dengan kepentingan duniawi dan perkembangan kehidupan di setiap tempat dan waktu.

Mendukung Hak Politik Perempuan

Yang menarik dari pemikiran politik Qardhawi adalah dukungannya pada partisipasi perempuan dalam kontestasi demokrasi. Ia mengklaim bahwa Islam merupakan sistem pertama yang membebaskan perempuan dari belenggu patriarki masa lampau. Ia juga berpendapat bahwa Islam obyektif terhadap perempuan dan memuliakan mereka, baik dalam kapasitas sebagai manusia, seorang anggota keluarga dan bagian masyarakat.

Qhardawi dalam hal ini mengeluarkan fatwa bahwa perempuan memiliki hak pilih dalam pemilihan umum. Dalam fatwanya juga mengizinkan perempuan mencalonkan diri sebagai anggota parlemen dan lain sebagainya.

Kritik terhadap Sekularisme

Qardhawi memiliki keresahan terhadap proses sekularisme pada sistem pemerintahan negara-negara modern. Sekularisme muncul akibat kolonialisasi bangsa Eropa ke wilayah Asia dan Afrika. Oleh ia melahirkan karya yang berjudul Ad-Din wa As-Siyasah. Qardhawi mencoba meluruskan dikotomi politik dan agama dalam buku ini.

Beliau berpandangan bahwa agama dalam ranah politik akan memberi dampak baik. Agama yang benar akan menolak segala bentuk kedzaliman dan penindasan.

Pemikirann masih segar untuk dibahas karena Al-Qardhawi masih aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah dan keorganisasian saat makalah ini ditulis. Ia banyak memberi gagasan bagaimana sistem demokrasi seharusnya dijalankan berdasarkan nilai-nilai agama, bukan sekularisme. Ia juga mendorong keadilan mengenai kesamaan hak-hak politik terutama hak politik perempuan.

Source:

Al-Qardhawi, Y. (2002). Ibn al-Qarya wa-l-Kuttab: Malamih Sira wa-Masira, Vol. 1. Kairo: Dar al- Shorouq.

Diana, R. (2009), “Partisipasi Politik Muslimah dalam Pandangan Yusuf Qardhawi”, dalam Tsaqafah, Vol.5, No.2.

Al-Qardhawi, Y. (2008). Meluruskan Dikotomi Agama dan Politik,Terj. Khoirul Amru Harahap. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Aprilia, A. (2006). Hak Politik bagi Perempuan Menurut Dr. Yusuf Al-Qardhawi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Pahri, R. (2017). Demokrasi; Pemilihan Umum dan Kriteria Pemimpin Perspektif Yusuf Al- Qaradhawi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

(3) Comments

  • Sg88Win August 5, 2021 @ 6:37 am

    I am extremely impressed together with your writing talents as neatly as with the structure to your blog. Is that this a paid theme or did you customize it yourself? Either way stay up the nice high quality writing, it is uncommon to see a great weblog like this one nowadays.

  • TipsPortal August 24, 2021 @ 6:09 am

    Thanks for a marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you are a great author. I will make certain to bookmark your blog and will often come back at some point. I want to encourage you continue your great work, have a nice holiday weekend!

  • Wclub888 December 10, 2021 @ 5:07 am

    Your site got my attention and shows me different perception for how we should boost our site. This is a really perfect for a new blogger like me who doesn’t want their site to be messy with those spammers who don’t even read your post but they have the guts to comment in your site. Please Visit my site to https://wclub888.info/

Leave a Reply

Your email address will not be published.