Mandarin Short Course: Meningkatkan Skill Berbahasa Asing.

Mandarin Short Course: Program studi Hubungan Internasional. Memberikan pelatihan bahasa mandarin secara luring bagi mahasiswi Unida Putri khsusnya mahasiswi Hubungan Internasional. Masa-masa ini menjadi momentum bagi para mahasiswi untuk mempersiapkan diri, terutama dengan mengasah kemampuan berbahasa asing. Selain menjadi salah satu bahasa PBB. Bahasa ini penting karena jumlah penutur bahasa yang luas dan pertumbuhan bahasa tercepat di dunia. Sehingga bahasa mandarin menjadi bahasa dalam dunia bisnis dan wisata.

Pelatihan ini dipandu langsung oleh Lǎoshī Ma Lizhen (Ustadzah Aisyah) bersama suaminya, yaitu Al-Ustadz Fauzan Bey Fananie. Lǎoshī merupakan penutur asli bahasa mandarin yang beragama Islam yang berasal dari suku Hui. Suku Hui merupakan salah satu suku minoritas di China yang mayoritas beragama Islam. Jika ditarik keatas suku Hui merupakan suku keturunan Laksamana Cheng Ho.

Pelatihan bahasa mandarin ini menjadi agenda rutin kegiatan HMP-HI Unida putri yang dilaksanakan 2 hari dalam sebulan. Tercatat pembelajaran intensif dimulai pada kamis-jum’at 18-19 November 2021. Pelatihan ini dilakukan dengan pembelajaran dan praktik tatap muka, serta penugasan untuk mengukur capaian pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswi.

Uniknya, pelatihan bahasa Mandarin yang dilakukan di Unida Putri ini tidak hanya sekedar pelatihan linguistik atau sastra mandarin saja. Untuk megiringi kesemangatan belajar bahasa mandarin. Ustadz fauzan dan Lǎoshī Ma Lizhen menyuguhkan mahasiswi forum diskusi mengenai segala macam pertanyaan. Sehingga menambah atmosfer keseruan pembelajaran bahasa Mandarin. Diskusi dimulai dari pembahasan budaya, karakteristik masyarakat China, hingga selayang pandang perpolitikan di negara tersebut. “jika kita mempelajari suatu bahasa, secara otomatis kita akan mempelajari budayanya. Ambil apa-apa yang baik dari China dengan tetap menjadikan Islam sebagai pedoman kita” pesan Ustadz Fauzan.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *