Lima Drama Korea yang Wajib Ditonton Mahasiswa Hubungan Internasional

Drama Korea ternyata bukan hanya berfungsi sebagai hiburan. Kepenulisan naskahnya yang sangat detail dan matang secara tidak langsung memberi wawasan baru kepada penonton sesuai dengan tema dan latar yang diangkat dalam drama tersebut. Sebagai contoh, jika drama tersebut berlatarkan lingkungan rumah sakit seperti Hospital Playlist maka kita akan banyak menemukan istilah-istilah yang sering digunakan oleh tenaga medis dan kita akan diajak untuk turut merasakan bagaimana lingkungan kerja yang terdapat di rumah sakit.

Belajar sambil menonton serial drama tentu saja juga berlaku bagi mahasiswa yang sedang menekuni bidang studi Hubungan Internasional. Sebagai bidang studi yang bersifat interdisipliner. Terdapat banyak sekali judul ataupun tema yang patut untuk ditonton oleh mahasiswa. Tema-tema tersebut bisa meliputi konflik, ekonomi, politik dan lain-lain. Berikut adalah lima rekomendasi drama Korea yang wajib ditonton untuk mahasiswa Hubungan Internasional.

Start Up

Strart-Up mengisahkan perjuangan seorang wanita bernama Seo Dal Mi dalam membangun bisnis rintisan. Aktor kelas atas dari Korea Selatan seperti Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk membintangi drama ini sebagai pemeran utama serta Kang Hana dan Kim Seon Ho sebagai lead actors.

Dari drama ini tentu saja kita dapat banyak belajar dan mengenal banyak istilah yang sering dipakai dalam dunia bisnis. Drama Korea ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang tertarik untuk mendalami kosentrasi bisnis internasional.

Itaewon Class

Jika kamu menekuni peminatan bisnis maka drama ini cocok utnuk kamu. Drama ini mengisahkan perjuangan Park Sae Royi (Park Seo Joon) dalam membangun perusahaan bisnis kuliner terbaik di Korea Selatan. Ia membangun bisnis bersama rekan-rekannya yaitu Jo Yi-seo (Kim Da Mi), Choi Seung-kwon (Ryu Kyung-soo), Ma Hyeon-yi (Lee Joo-young), dan Kim To-ni (Chris Lyon).

Melalui Itaewon Class kamu bukan hanya belajar banyak mengenai konsep seperti investasi dan waralaba namun juga kamu akan banyak disuguhi gastrodiplomacy. Drama Korea ini mendapat rating yang cukup tinggi pada awal penayangannya tahun 2020.

Vagabond

Apakah kamu penyuka film dengan genre aksi? Jika iya maka Vagabond cocok untuk kamu. Mengambil latar tempat di timur tengah, drama ini mengisahkan perjuangan Go Hae Ri yang bertugas sebagai anggota Inteljen Korea Selatan di Maroko dalam mengungkap skandal korupsi berskala besar.

Dalam penyelidikannya, Ia bekerja sama dengan Cha Dal Geun, seorang warga sipil yang hendak mencari tahu kecelakaan pesawat yang menimpa keponakannya. Drama ini dibintangi oleh aktor kawakan Korea Selatan seperti Lee Seung Gi dan Bae Suzy.

Crash Landing on You

Crash Landing on You tercatat mendapat rating dan antusiasme tinggi pada masa penayangannya. Pasalnnya drama ini menyajikan kisah romansa yang unik dan berlatar konflik antar dua Korea di era modern. Mengisahkan hubungan asmara antara Yun Se Ri (Seo Ye Jin), putri pengusaha terkenal Korea Selatan dengan Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) yang merupakan seorang perwira militer Korea Utara.

Berawal dari kecelakaan yang dialami oleh Yun Se Ri sewaktu bermain paragliding yang menyebabkan ia harus mendarat di wilayah kedaulatan Korea Utara. Dipenuhi dengan intrik dan konflik yang menarik, drama ini cocok untuk kamu yang tertarik untuk mengkaji kawasan Asia Pasifik.

Kingdom

Kingdom memberi ide unik dan baru dalam khazanah drama Korea. Pasalnya drama ini menggabungkan unsur historikal Korea kuno dengan zombie. Drama ini merupakan adaptasi dari serial Webtoon dengan judul “Burning Hell Shinui Nara” karya Kim Eun Hee dan Yang Kyung Il.

Kingdom merupakan serial asli Netflix dan tayang perdana pada tahun 2019. Drama ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang gandrung dengan sinema bertema apocalypse dan juga film fiksi sejarah.  

Tulisan diatas menyadarkan kita bahwa belajar bukan hanya dari membaca teks ilmiah. Belajar juga bisa dari berbagai media lain seperti serial Tv. Deretan judul drama di atas tentu sangat layak untuk ditonton sebagai bahan belajar khususnya bagi pelajar bidang ilmu Sosial-Humaniora seperti Hubungan Internasional. Jadi tunggu apa lagi? Selamat menonton!

Baca artikel menarik lainnya!

Mengulas ‘Development as Freedom’ Karya Amartya Sen

“Memetik Hikmah Larangan Mudik 2021”

“Figure Role: Peluang Mahasiswi HI Unida Putri dalam Komunitas ruangHI Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published.