Figure Role: Peluang Mahasiswi HI Unida Putri dalam Komunitas ruangHI Indonesia

            Mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Darussalam Gontor kampus mantingan berkesempatan bergabung di RuangHI sebagai komunitas yang menaungi ilmu Hubungan Internasional seluruh Indonesia bahkan global sebagai target puncaknya. Adanya kesempatan ini, membuka lebar peluang mahasiswi HI Mantingan untuk menggali berbagai potensi dalam jaringan yang lebih luas, belajar dan memanfaatkan peluang dalam memperoleh utilitas yang tidak ditemukan didalam internal kampus yakni, pengalaman organisasi dalam ikatan konsistensi yang dibangun dari diversifikasi personal dan background. Pada awal eksistensinya, ruangHI, dibangun oleh 5 founder, yaitu: Reyhan Hidayat, Thariq Taqiyudin, Riza Syafitri, Astrid Haura, dan Huda Rabbal Alam, yang merupakan graduates Hubungan Internasional UIN Jakarta tahun 2016, komunitas ini berdiri sejak 2019 sebagai start- up media di Indonesia yang mengakar dari berbagai platform media yakni; Website, Instagram, Linkedin, dan Podcast.

            Salah satu misi adanya ruangHI sendiri, yakni untuk menyatukan semua kawan intelektual mahasiswa dari berbagai elemen universitas di Indonesia untuk peduli dan update terhadap isu Internasional. Sebagai salah satu usaha perkembangan eksistensinya yaitu, membuat open recruitment yang dibuka untuk semua kalangan mahasiswa dari lintas konsentrasi yang peduli terhadap isu internasional dan tidak hanya bagi mahasiswa Hubungan Internasional, bahkan terbuka juga bagi mahasiswa Indonesia yang saat ini sedang menjalani perjalan keilmuannya di luar negri.

            Setelah berbagai runtutan seleksi yakni, tahap penyeleksian berkas CV dan Portfolio pada tanggal 5-15 Maret 2021 dan dilanjutkan dengan seleksi Interview secara daring pada tanggal 16-19 Maret 2021, dari 126 applicants baik nasional maupun Internasional, terpilihlah 20 orang yang terdiri dari berbagai macam kampus di Indonesia. Dan Universitas Darussalam Gontor menjadi kampus yang memiliki jumlah delegasi yang lolos terbanyak, yaitu sebanyak 4 orang dari total keseluruhan 20 orang. Selanjutnya, 20 orang yang terpilih seleksi dibagi untuk beberapa bidang yang diproyeksikan, yaitu: Project Leader, Web Design, Marketing Design, dan Researcher.

            Mahasiswa Prodi HI mantingan, Atikah Inayah (HI/4) dan Naqia Salsabila (HI/4) memegang bagian sebagai Researcher yang terdiri dari 3 objek kajian, yaitu: Cerita Luar negri, Dunia dari berbagai kacamata, dan Pop Culture. Melda Nurul Afiffah (HI/4) mendapati bidang PR (Public Relation) dalam design marketing, dan Nur Labibah Najla (HI/2) yang juga menjadi anggota paling junior dalam komunitas ini, mendapati bidang sebagai Web Designer. Setelah opening ceremony yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2021, akan ada Coaching weeks selama dua minggu yang diisi langsung oleh para expertise dari berbagai kalangan.

Dalam keanggotaan ruang HI, terdapat banyak universitas yang berkecimpung didalamnya, seperti: Universitas Sebelas Maret, Universitas Negri Jember, Universitas Hassanuddin, Universitas Potensi Utama Medan, Women International University, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Veteran, serta juga terdapat International Student yang sedang berada di Korea Selatan saat ini yakni di Busan University.

Ruanghi.com | LinkedInBesar harapan atas hadirnya ruangHI dalam ranah media Indonesia, agar dapat menciptakan sinergitas keilmuan yang tinggi terlebih bagi anak muda atau para mahasiswa untuk dapat beropini secara luas mengenai apa yang sedang terjadi serta menjadi wadah dimana wawasan bertemu gagasan yang kemudian ditumpahkan dalam karya yang ringan untuk mudah dibahas dalam berbagai analisis dan dapat dinikmati oleh semua orang di setiap penjuru dunia. Serta harapan untuk internal Kampus dan juga bagi prodi, semoga ini dapat menjadi langkah penguat dalam meenjamurkan motivasi bagi mahasiswi Hubungan Internasional yang lain untuk turut berkiprah di ranah nasional maupun internasional, guna memperkenalkan value Universitas Darussalam sebagai perguruan tinggi pesantren yang memiliki spesialitas dalam Islamisai Ilmu pengetahuannya. So, be much prepared for the next chance,guys!

Pen: Atikah Inayah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *