Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah

Worldview Islam Aqidah

Worldview Islam merupakan kurikulum inti dan kompetensi utama bagi seluruh program studi di UNIDA Gontor. Mata kuliah ini dirancang untuk membentuk aqidah fikriyah mahasiswa dengan membekali mereka kerangka pikir dan cara pandang yang benar dalam melihat seluruh realitas wujud berdasarkan konsep-konsep kunci dalam ajaran Islam. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu (1) memahami pengertian worldview dan pengaruhnya dalam membentuk pola pikir, sikap, dan tingkah laku seseorang, (2) menjelaskan konsep-konsep kunci dalam Islam yang meliputi konsep agama, tuhan, wahyu, nabi, af’al al-ibad (manusia), alam, dan eskatologi serta perbandingan Islam dengan agama-agama lain.

Worldview Islam Syariah

Sebagai lanjutan dari Worldview Islam 1, mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan pandangan mengenai Islam sebagai syariah dan akhlak yang membentuk sistem ibadah, etika, dan hukum. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu menjelaskan (1) pengertian syariah dan konsep tasyri’, (2) konsep ibadah, akhlak, dan hubungan ibadah dengan akhlak, (3) konsep hukum dan maqashid syariah, dan (4) pandangan Islam tentang HAM.

Studi Qur’an  

Mata kuliah ini memberikan penjelasan tentang tiga hal pokok pembahasan: 1. Tentang sejarah al-Quran, yang meliputi: al-Qur’an dan Wahyu, Asbab al-Nuzul, Kodifikasi al-Qur’an, 2. Tentang al-Quran sebagai Sumber Pengetahuan: yang meliputi pembahasan tentang al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Alam, manusia dan nilai Hidup, al-Qur’an dan I’jaz al-Ilmiy. 3. Tentang kaidah-kaidah Umum dalam penafsiran al-Qur’an, serta Perkembangan Tafsir (Klasik, Pertengahan, dan Kontemporer), serta bagaimana seharusnya berinteraksi dengan al-Quran.

Studi Hadits

Mata Kuliah Studi Hadis ini dimaksudkan untuk memberi wawasan, cara pandang (worldview) mahasiswa terhadap ilmu pengetahuan dengan menggunakan prespektif ilmu-ilmu hadis, dan menegaskan bahwa hadis mengambil bagian penting sebagai sumber ilmu pengetahuan dan peradaban. Materi yang disampaikan meliputi Definisi Hadis, Hadis pada masa Rasulullah, sahabat, dan era kodifikasi, Posisi dan fungsi hadis sebagai sumber ajaran Islam, Orientalisme dan Studi hadis, Pengertian ilmu hadis, sejarah perkembangan dan cabang-cabangnya, Hadis dan Ilmu Pengetahuan (i’jaz al-Ilmy), Kritik Hadis, Aktualisasi Hadis, Inkar al-sunnah dan Living Sunnah: metode memahami sunnah yang hidup.

Sejarah Peradaban Ilmu dalam Islam

Mata Kuliah Peradaban Ilmu dalam Islam membekali mahasiswa tiga hal pokok : 1. Tentang Tradisi intelektual dalam Islam, 2. Sejarah Ilmu dalam Islam, 3. Sejarah lahirnya ilmu-ilmu Humaniora: Ilmu-ilmu Syariyah, Politik Islam, Ekonomi Islam, Psikologi Islam, Komonikasi Islam, Sejarah, dan Manajemen Islam, Sejarah Ilmu Pendidikan, Sejarah Seni dan Musik.

Epistemologi Islam

Mata kuliah ini (Filsafat Ilmu dalam Islam) akan mengkaji dan mendalami, 4 pokok pembahasan: 1. Arti dan konsep Ilmu dalam Islam, 2. Klasifikasi dan Hierarki ilmu dalam Islam, 3. Sumber ilmu dalam Islam, 4. Obyek Ilmu dalam Islam, 5. Paradigma keilmuan Islam dan 6. Ilmu dan Akhlak.

Ilmu Hubungan Internasional Islam

Mata Kuliah ini menjelaskan tentang tafsir Ayat-ayat Suci Al-Qur'an yang terkait dengan disiplin ilmu Hubungan Internasional, mulai dari aspek keamanan, ekonomi, kerjasama, diplomasi, etika dalam perang hingga sikap manusia terhadap lingkungannya. Salah satu keunikan Hubungan Internasional Islam adalah sumber primer yang menjadi rujukannya, yaitu kitab Suci Al-Qur'an, yang dipahami dan dipelajari isi kandungannya dengan membaca, meneliti dan menganalisa tafsir-tafsir Al-Qur'an yang ditulis oleh para ahli tafsir, untuk kemudian dikembangkan dengan membaca dan meneliti matan-matan hadis dan sejarah perjalanan Rasulullah Saw dan para Sahabat. Proses lanjutan dari mata kuliah ini, setiap mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Hubungan Internasional Islam diwajibkan untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabawi yang sudah dipelajarinya.

Islamisasi Ilmu Pengetahuan        

Mata Kuliah Islamisasi Ilmu adalah bagian dari kurikulum inti dan kompetensi utama bagi seluruh program studi di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan aspek historis, definitif, hingga paradigma dan metodologi keilmuan dalam perspektif kritis sebagai bekal untuk de-westernisasi ilmu. Implementasinya berupa internalisasi pandangan hidup Islam dalam menjelaskan hasil riset atau kegiatan akademik lainnya.

Mata kuliah Islamisasi Ilmu ini dimaksudkan untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tentang teori Islamisasi ilmu. Mata kuliah ini merupakan puncak dari rangkaian program Islamisasi Ilmu yang basis dan kerangka kerjanya sudah dimulai dengan serangkaian mata kuliah sebelumnya, seperti Worldview Islam, Studi al-Qur’an dan Hadits, Sejarah Sains Islam, al-Qur’an dan Hadits Tematik, dan Epistemologi Islam.

Materi ini mengenalkan definisi dan pendekatan dalam Islamisasi ilmu, khususnya perspektif SM. Naquib al-Attas. Selain itu, mahasiswa juga akan mengetahui sejarah gagasan, urgensi, dan model-model islamisasi ilmu yang berkembang sebagai respons dari westernisasi ilmu. Begitu juga akan didiskusikan mengenai para pengkritik gagasan islamisasi ilmu serta argumentasi mereka.

Tidak hanya itu, materi ini juga menunjukkan kepada mahasiswa aplikasi islamisasi worldview dan sains, dengan melihat fakta historis-sosiologis yang tak terbantahkan. sebagai tambahan, untuk perbandingan, mahasiswa juga akan dibekali wacana integrasi ilmu di kampus-kampus Islam, serta agenda Sains Islam ke depan.

Bahasa Indonesia

Keterampilan berbahasa Indonesia merupakan syarat mutlak bagi mahasiswa Indonesia agar mampu mengutarakan pikirannya kepada pihak lain secara efektif. Mata Kuliah bahasa Indonesia ini diharapkan menjadikan mahasiswa memiliki keterampilan komunikasi yang tinggi dalam ranah keilmuan. Didasari oleh penguasaan atas pengetahuan atas fungsi – fungsi bahasa serta ragam dan larasnya, keterampilan ejaaan-tanda baca, kalimat, paragraf, dan jenis wacana, serta mereproduksi teks-teks dari berbagai sumber, mahasiswa diharapkan mampu menulis dan berbicara dengan baik dalam bahasa Indonesia laras ilmiah

Pancasila         

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Dalam mata kuliah ini akan dipelajari pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia, pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai sistem etika, dan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan Ilmu.

Kewarganegaraan

Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata kuliah yang menitikberatkan kepada kemampuan penalaran ilmiah yang kognitif dan efektif tentang bela negara dalam rangka Ketahanan Nasional sebagai geostrategi Indonesia. Mata kuliah ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang merupakan mata kuliah bela negara dan sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian.

English for Listening & Reading

Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa mampu mendengarkan informasi secara implicit dan explicit dan mengidentifikasi question types dalam listening (Short answer, Sentence completion, Chart competition, Flowchart Completion, Graphs, Tables, Making notes, Summarizing, Labeling diagrams, plans, and maps, Matching, Selecting from a list. Selain itu, Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa mampu  menggunakan comprehension skill  dalam membaca, mengidentifikasi makna lexical, implicit information, ide pokok, topic dari teks  dengan tepat dan mengembangkan ketrampilan menyimpulkan dan mengevaluasi teks dengna kritis

English for Writing & Speaking   

Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana  mahasiswa mampu menjawab task 1 dan task 2 dalam IELTS Writing dengan  menyusun relevant idea  untuk memproduksi complex sentence, overview, paraphrase, supporting paragraph, great introduction, dan thesis statement untuk menghasilkan paragraph yang kohesif dan koheren dan free form language usage problem . Mata kuliah ini juga  menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa mampu menjawab pertanyaan  yang berhubungan dengan IELTS Speaking Topics, memproduksi lexical resources dan mengemukakannya dengan lancar dan berterima (fluency and coherence), good pronunciation and grammatical accuracy 

English for Specific Purpose                      

Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa mampu menyusun (C6)  paragraf yang kohesif dan koheren untuk memproduksi (P3) Abstract, Introduction, Method, Finding and Discussion, dan Conclusion and Suggestion dalam penelitian dan mengemukakan (A5) ide dengan mempresentasikan hasil penelitian dalam Bahasa Inggris yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks

Bahasa Arab al-Istima’ wa al-Kalam

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam memahami, memaknai, dan merespon teks-teks lisan dalam bahasa Arab. Materi yang disajikan berupa audio perkuliahan dengan topik yang beragam. Teks yang disajikan dalam kuliah ini berupa monolog dan dialog panjang. Selain itu, Mata kuliah ini juga mengembangkan kemahiran dan kompetensi komunikasi lisan mahasiswa. Fokus pengembangan pada mata kuliah ini adalah pada kelancaran, keakuratan, dan keberterimaan aspek bahasa Arab

Bahasa Arab al-Qira’ah wa al-Kitabah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam mengidentifikasi keterangan umum dan spesifik dari sebuh teks, mendapatkan gagasan pokok, menelaah arti kata, frasa, dan kalimat berdasarkan konteks, serta mengembangkan kemampuan membaca teks dengan cepat, mengevaluasi teks, atau membaca dengan kritis. Mata kuliah ini juga memberikan keterampilan dasar menulis bagi mahasiswa pada tataran kalimat dan paragraf yang padu. Pada mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan pada beragam jenis teks. Mereka akan mempelajari cara menulis kalimat dalam bahasa Arab dengan baik dan benar

Bahasa Arab Li Aghrad Khassah

Mata kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa mampu menyusun (C6)  paragraf yang kohesif dan koheren untuk memproduksi (P3) Abstract, Introduction, Method, Finding and Discussion, dan Conclusion and Suggestion dalam penelitian dan mengemukakan (A5) ide dengan mempresentasikan hasil penelitian dalam Bahasa Arab yang berterima dan runtut dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks

Pengantar Hubungan Internasional

Sebagai sebuah bidang studi, Ilmu Hubungan Internasional berfokus pada interaksi aktor baik aktor negara maupun non-negara. Oleh karenanya, topik kajian interaksi tersebut meliputi beragam bidang mulai dari high-politics seperti militer dan keamanan negara hingga low politics seperti ekonomi, budaya, hingga lingkungan hidup. Untuk memahami cakupan interaksi yang luas tersebut diperlukan landasan yang kuat bagi pembelajar pemula tentang Ilmu Hubungan Internasional. Mata kuliah ini akan memberikan pemaparan tentang perkembangan Ilmu Hubungan Internasional, berikut dengan kejadian-kejadian penting, konsep-konsep kunci, proses-proses dalam hubungan internasional yang akan membantu pemahaman dan penelaahan fenomena hubungan internasional pada mata kuliah lanjutan.

Pengantar Ilmu Politik

Politik sebagai induk dari Ilmu Hubungan Internasional adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh pembelajar Ilmu HI. Mata kuliah ini memberikan para pembelajar HI pengantar tentang konsep-konsep dasar politik dan kekuasaan, begitu pula dengan sistem, proses dan institusi politik. Melalui mata kuliah ini, para pembelajar diharapkan mampu mengaitkan konsep-konsep dan teori dasar tentang Politik tersebut dengan mata kuliah konsentrasi studi HI yang lebih berfokus pada interaksi antar negara (atau aktor) dan kebijakan luar negeri.

Pengantar Ilmu Ekonomi    

Pengantar  Ilmu Ekonomi  adalah   mata  kuliah  yang  menjelaskan  mengenai dasar-dasar  ilmu  Ekonomi  sebagai  bekal untuk memahami  kajian kosentrasi Bisnis Internasional.

Pengantar Sosiologi             

Mata kuliah ini merupakan pengantar bagi mahasiswa agar memiliki dasar-dasar atau kerangka pengetahuan dan teori tentang: the foundations of sociology, the foundations of society, Social Inequality, Social Institutions, dan Social Change. Materi mata kuliah yang berupa gambaran realita, teori, dan konsep pokok masyarakat, diharapkan mampu membawa mahasiswa memiliki stock of knowledge serta foundation of theoretical frame work yang kaya tentang sosiologi masyarakat, khususnya tentang sosiologi masyarakat Indonesia.

Pengantar Hukum Indonesia         

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat mengetahui serta memahami Tata hukum di Indonesia, sistem hukum positif di Indonesia, Hukum pidana, hukum perdata, pokok-pokok hukum tata negara dan hukum sebagaia pranata sosial. Mata kuliah ini juga mengajarkan kepada mahasiswa agar mereka dapat mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia.

Perspektif Positifis dalam Hubungan Internasional    

Mata kuliah ini membahas tentang klasifikasi teori hubungan internasional dalam perspektif positivis dan berbagai konsep turunannya, sebagai dasar analisa fenomena hubungan internasional

Sistem Politik dan Pemerintahan Indonesia      

Setiap negara perlu menetapkan sistem politik dan pemerintahan di negaranya demi menuju cita-cita bangsa dalam bernegara. Sistem politik dan pemerintahan di suatu negara tidak pernah lepas dari sejarah bangsa, begitu pula di negara Indonesia. Pasang surut politik pemerintahan Indonesia tidak lepas dari peran agama dan sosial masyarakat Indonesia yang majemuk. Mata kuliah ini akan membantu memaparkan tentang sistem politik Indonesia, sistem pemerintahan Indonesia, evolusi sistem politik dan pemerintahan Indonesia, hingga isu-isu politik dan pemerintahan di Indonesia saat ini.

Metode Penelitian Sosial Kuantitatif       

Mata kuliah ini melihat dinamika penelitian dengan menggunakan alat kuantitatif.

Filsafat Politik

Mata Kuliah ini menjelaskan konsep dan definisi tentang Filsafat Politik sebagai cabang dari disiplin Ilmu Politik. Selain membahas sejarah dan perkembangannya, mata kuliah ini juga menjelaskan beberapa tema utama semisal keadilan, kekuasaan, persamaan, demokrasi, feminisme, dan sebagainya. Sebagai landasan, mata kuliah ini menjelaskan konsep Islamic worldview yang meletakkan Islam dalam pemaknaannya menurut agama Islam.

Deskripsi Mata Kuliah

Organisasi dan Administrasi Internasional                    

Organisasi Administrasi Internasional  adalah mata kuliah yang mengajarkan unsur-unsur, peran, dan dinamika organisasi internasional sebagai aktor hubungan internasional. Eksistensi aktor organisasi internasional sangat penting  dalam  mempengaruhi dinamika  ekonomi  dan politik internasional.

Perspektif Post-Positifis dalam Hubungan Internasional                   

Mata kuliah ini membahas tentang klasifikasi teori hubungan internasional dalam perspektif post positivis dan berbagai konsep turunannya, sebagai dasar analisa fenomena hubungan internasional.

Politik Internasional            

Politik sebagai suatu keniscayaan yang selalu hadir di setiap sisi kehidupan manusia. Politik pada hakekatnya bertujuan untuk hal yang mulia yaitu tercapainya perdamaian dunia, berbagai teori,  konsep dan struktur diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut namun masih belum mewujudkan perdamaian yang diharapkan. Mata kuliah ini akan membantu memaparkan tentang politik internasional baik dari pengertian, konsep, proses, ideologi, hingga isu-isu politik internasional di era globalisasi dan bagaimana islam dalam politik internasional.

Metode Penelitian Sosial Kualitatif                      

Mata kuliah ini mempelajari fenomena sosial sebagai objek dan subjek penelitian sosial

Ekonomi Politik Internasional      

Mata kuliah  ini membahas pengetahuan tentang isu – isu ekonomi politik dalam kajian ilmu hubungan internasional, termasuk teori dan konsep dan pendekatan dalam ekonomi politik internasional yang dapat diaplikasikan untuk menganalisis isu – isu tersebut.

Politik Luar Negeri Republik Indonesia 

Mata kuliah ini akan membantu mahasiswa dalam analisa peran aktif Indonesia dalam dinamika perkembangan internasional yang terwujud dalam hubungan strategi antar satu Negara dengan Negara lain dan dinamika, peluang, orientasi, tantangan dan prospek PLNRI dalam hubungannya dengan Negara-negara asing yng sangat diperhitungkan.

Hukum Internasional          

Hukum sebagai rangkaian aturan yang mengikat senantiasa dibutuhkan untuk mencapai kehidupan yang dinamis dan tertata, begitupun hukum internasional dalam perannya terhadap kelangsungan perdamaian dunia. Hukum internasional berkembang sesuai kebutuhan masyarakat internasional, baik di bidang kedaulatan territorial negara, kriminalitas, diplomatik, bahkan lingkungan. Mata kuliah ini akan membantu memaparkan tentang hukum internasional, baik dari sejarah perkembangan, teori, sumber dan subyek hukum internasional, hingga isu-isu kontemporer dalam hukum internasional saat ini dengan tetap berpegang pada nilai islam.

Perbandingan Politik                       

Sebagai bagian dari cabang Ilmu Politik, Perbandingan Politik penting diberikan kepada pembelajar HI untuk dapat mengetahui dinamika politik domestik yang terjadi berbagai negara di dunia. Pembeda Perbandingan Politik dengan Hubungan Internasional adalah dimana komparasi dapat dilakukan tanpa harus ada interaksi antara dua negara yang dibandingkan sementara pada HI fokusnya utamanya adalah interaksi antar aktor Mata kuliah Perbandingan Politik akan mempelajari sistem, institusi dan proses politik yang ada di negara-negara di dunia untuk kemudian mencari persamaan dan perbedaannya sehingga dapat menarik kesimpulan.

Pemikiran Politik Islam      

Mata kuliah ini mempelajari perkembangan konsep pemikiran politik Islam mulai dari masa nabi dan pemikir Islam klasik seperti Al Farabi, Al Mawardi, Al Ghazali, Ibnu Taimiyah, Ibnu Khaldun sampai dengan pemikir Islam modern/kontemporer seperti Abu Ala Maududi, an Nabhani, Bediuzzaman Said Nursi, Hasan al Banna, Muhammad Iqbal, Imam Khomeini, Hasan Hanafi, Fazlur Rahman, Asef Bayat, Khaled Abu el Fadl, dan Tariq Ramadan.

Sistem Politik dan Pemerintahan Timur Tengah dan Afrika 

Setiap negara perlu menetapkan sistem politik dan pemerintahan di negaranya demi menuju cita-cita bangsa dalam bernegara. Sosial dan budaya politik masyarakat memiliki pengaruh penting terhadap karakteristik politik dan pemerintahan di negara tersebut. Sistem politik dan pemerintahan di suatu kawasan akan saling mempengaruhi sistem politik dan pemerintahan di kawasan tersebut, begitu pula di kawasan Timur Tengah dan Afrika. Mata kuliah ini akan membantu memaparkan tentang sistem politik dan pemerintahan negara-negara Timur Tengah dan Afrika, sosial budaya masyarakat, hingga isu-isu politik pemerintahan di kawasan Timur Tengah dan Afrika saat ini.

Metodologi Ilmu Hubungan Internasional                    

Mata kuliah ini membahas tentang metodologi keilmuan hubungan internasional, dari siklus keilmuan, teori dan konsep, hingga pengetahuan tentang tingkatan analisa dalam ilmu hubungan internasional.

Ekonomi Politik Islam        

Mata kuliah Ekonomi Politik Islam adalah studi tentang analisa ekonomi yang bersifat menyeluruh mengenai sudut pandang Ekonomi Islam dalam hal kepemilikan, dan mendistribusikan kekayaan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta analisis tentang peran institusi Negara atau pemerintah dalam mengatasi segala permasalahan ekonomi dan politik ditinjau dari perspektif Islam.

Diplomasi       

Mata Kuliah Diplomasi akan membahas mengenai Tipe-tipe diplomasi kontemporer dan beberapa aktor yang terlibat dalam diplomasi seperti aktor Negara dan Non Negara. Diplomasi dewasa ini semakin bertambah luas lingkup dan strateginya, dalam mata kuliah ini kita juga memahamkan tentang Multi Track Diplomacy, dimana kita mengetahui actor-aktor non Negara juga dapat terlibat dalam kebijakan luar negeri.

Diplomasi Islam       

Mata Kuliah ini menjelaskan tentang bagaimana Islam sebagai agama tidak hanya sebuah keyakinan, melainkan juga sumber ilmu pengetahuan. Perjalanan kehidupan Rasulullah Saw bersama para Sahabat mengajarkan kepada kita bagaimana Islam disebarkan dengan cara santun dan penuh dengan perdamaian, eksistensi imperium-imperium besar yang berkuasa di luar Madinah mengharuskan Rasulullah Saw mengirim para Sahabat untuk mengenalkan risalah Islam kepada para raja yang berkuasa sekaligus mengajak mereka membangun hubungan damai dan kerjasama. Bahkan dengan semakin besarnya gaung kekuasaan Islam di Madinah, tidak sedikit di antara para raja yang juga mengirim utusan mereka untuk menghadap Rasulullah Saw. Setelah wafatnya Rasulullah Saw, kekuasaan Islam dilanjutkan oleh para Sahabat dengan sistem khilafahnya, inilah proses diplomasi Islam yang perlu dipelajari dan diketahui oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini. Sebagai mata kuliah lanjutan dari mata kuliah Diplomasi, tujuan utama diajarkannya mata kuliah ini agar mahasiswa dapat dengan cermat memfilter teori-teori Diplomasi ‘Barat’ yang bertentangan dengan syariat Islam, sekaligus dengan mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa lebih mencintai Rasulullah Saw., dan para Nabi-nabi sebelum beliau yang telah berdiplomasi dalam dakwah-dakwah mereka, untuk selanjutnya dapat menjadikan suri tauladan utama, selain para Sahabat Rasul dan para khalifah-khalifah setelahnya.

Studi Kawasan Timur Tengah dan Afrika                      

Mata kuliah ini akan melihat pertumbuhan dan perkembangan sosial, budaya, ekonomi, dan politik masyarakat kawasan Timur Tengah dan Afrika

Studi Kawasan Asia Tenggara                  

Mata kuliah ini mempelajari Asia Tenggara sebagai sebuah kawasan geopolitis yang memiliki keunikannya tersendiri dari segi keragaman sosial-budaya-politik-ekonomi-sejarah dan sebagainya. Untuk itu pembahasan akan dilakukan dengan mendeskripsikan tiap-tiap negara berdasarkan pada sistem politik-pemerintahannya serta menjelaskan secara analitis dinamika atau perkembangan politik dan ekonomi dalam negerinya. Mata kuliah ini juga akan mengkaji keterkaitan antara domestic politik dan internasional politik serta menganalisa bagaimana keduanya berkembang untuk saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya. Diatara topic pembahasan yang akan dikaji adalah sistem politik dan pemerintahan-analisis berbagai persoalan lingkup nasional, regional maupun internasional di kawasan Asia Tenggara yang kesemuanya menggunakan teori dan metode analisa HI (Barat dan Islam) sebagai problem solving isu kontemporer yang terjadi.

Hubungan Internasional Perspektif Islam                     

Selama ini sejarah dan perkembangan ilmu Hubungan Internasional sering diasosiasikan dengan perkembangan peradaban masyarakat Barat yang sekuler. Hal ini menyebabkan ilmu Hubungan Internasional jauh dari kawalan agama (Islam) sehingga tidak mampu melahirkan satu tatanan kehidupan internasional yang aman dan damai. Teori-teori yang terlahir darinya kebanyakan menafikan unsur-unsur eskatologis menjadikan prinsip-prinsip empiris dan rasionalis sebagai satu-satunya acuan dalam menentukan kebenaran.  Dengan begitu pijakan filosofis yang melandasi munculnya teori-teori maupun perspektif-perspektif dalam HI tersebut rentan dengan perubahan dan hanya menghasilkan konflik maupun peperangan yang berkepanjangan. Untuk itu perlu dipelajari bagaimana Islam memahami ilmu Hubungan Internasional sebagai salah satu objek kajian sekaligus menganalisa teori maupun perspektif-perspektif Barat yang sudah mapan secara kritis. Mata kuliah ini akan memaparkan ilmu HI perspektif Barat dan Islam secara komparatif dan melakukan analisa terhadap kebijakan luar negeri beberapa negara Islam terpilih.

Resolusi Konflik       

Situasi perang dan damai sangat identik dengan kajian keamanan internasional. Salah satu hal yang sangat penting dalam studi tersebut adalah studi tentang konflik dengan berbagai atribut yang melekat didalamnya. Konflik merupakan suatu hal yang tidak perlu dihindari, yang perlu dilalukan adalah agar konflik tidak berujung pada kekerasan dan dapat diselesaikan secara konstruktif. Konflik selalu muncul diberbagai belahan dunia. Munculnya berbagai konflik di berbagai belahan dunia menyebabkan kebutuhan akan perdamaian akan selalu ada dan menjadi sebuah keharusan. Mata kuliah ini akan membantu memaparkan tentang sumber konflik, klasifikasi konflik, alat analisis konflik hingga proses rekonstruksi pasca konflik.

Bisnis Internasional             

Mata Kuliah ini mengidentifikasi term dan konsep bisnis internasional dalam kajian ilmu hubungan internasional; memahami politik, sosial, ekonomi, teknologi, dan lingkungan sebagai hasil dari globalisasi; serta mempelajari tentang economic forces yang berperan dalam produksi, investasi, dan pertumbuhan secara global.

Studi Pembangunan            

Studi Pembangunan adalah mata kuliah yang menguraikan mengenai isu-isu pembangunan yang terjadi di masyarakat internasional khususnya negara-negara berkembang.

Studi Keamanan Internasional      

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat menganalisis permasalahan-permasalahan keamanan dengan menggunakan teori dan konsep utama studi keamanan internasional.

Hukum Humaniter Internasional 

Perang seringkali hadir sebagai konflik keamanan dunia yang tidak dapat dihindari sepanjang sejarah politik dunia, termasuk dalam sejarah politik islam. Pada dasarnya perang tidak dapat dihilangkan ataupun dihentikan dalam kontestasi politik internasional, akan tetapi bagaimana menjadikan perang lebih manusiawi menjadi tanggung jawab masyarakat dunia. Dalam hal inilah Hukum Humaniter Internasional hadir sebagai upaya meminimalisir kejahatan perang dan membuat perang lebih manusiawi. Mata kuliah ini akan membantu memaparkan tentang hukum humaniter internasional, sejarah, prinsip, mekanisme, cakupan, hingga bagaimana islam memandang hukum humaniter internasional.

Sistem Politik dan Pemerintahan Asia Pasifik  

Mata kuliah ini didesain untuk memperkenalkan sistem politik dan pemerintahan negara-negara di Kawasan Asia dan Pasifik. Dalam mata kuliah ini juga mempelajari dinamika hubungan internasional yang terjadi di Kawasan tersebut dan kerjasama regional antar negara-negara di Asia Pasifik. Serta menjelaskan peran strategis Indonesia di Kawasan tersebut.

Sistem Politik dan Pemerintahan Amerika dan Eropa 

Mata kuliah ini memberikan pemahaman akan konsep-konsep politik dan pemerintahan dengan area kajian di Amerika dan Eropa. Lembaga-lembaga politik seperti eksekutif, parlemen dan lembaga peradilan akan dikaji untuk melihat pemisahan kekuasaan dan proses check and balances terjadi. Begitu pula input-input politik seperti partai politik, kekuatan opini publik dan media massa akan dibahas pula untuk memperlihatkan bagaimana peran warga negara dan kelompok masyarakat dalam proses politik. Sistem politik mengkaji penerapan sistem demokrasi atau semidemokrasi disertai pembahasan tentang hubungan antara pemerintah pusat dan daerah. Interaksi antar-negara diyakini merupakan cerminan sistem politik dan pemerintahan yang diadopsi oleh masing-masing negara di Amerika dan Eropa

Seminar Hubungan Internasional            

Mata kuliah ini membahas tentang langkah dan prosedur dalam membuat proposal skripsi studi Hubungan Internasional, secara baik dan sesuai dengan logika berpikir mulai dari penentuan topik hingga sistematika penulisan guna mempersiapkan mahasiswa dalam menulis skripsi.

Gerakan Transnasional                   

Dalam mata Kuliah ini membahas Aktor non-negara dalam dinamika politik dan kajian Politik global. Dan beberapa fenomena-fenomena yang melibatkan masyarakat sipil yang peranannya melewati lintas batas negara

Dinamika Isu Hubungan Internasional              

Mata kuliah ini akan melihat pertumbuhan dan perkembangan serta tantangan hubungan internasional masyarakat Islam terhadap masyarakat dunia mulai dari era Islam klasik sampai interaksi lima puluh negara Islam modern

Diplomasi Budaya   

Mata kuliah ini akan membahas beberapa isu kontemporer maupun studi kasus terkait diplomasi budaya, baik itu oleh Indonesia maupun negara-negara lain yang telah berhasil melakukan diplomasi budaya. Diplomasi Budaya juga dikenal dengan sebutan soft diplomacy, dimana tipe negosiasi secara halus dengan pendekatan budaya menjadi strategi utamanya (peacemaking through culture).

Diplomasi Bisnis Internasional     

Mahasiswa diajar dan dibimbing untuk memahami diplomasi dan karakter negara dalam bisnis internasional. Mata kuliah ini sebagai tindaklanjut dari mata kuliah Bisnis Internasional dan cenderung bersifat praktik.

MNC dan Investasi              

MNC dan investasi adalah mata kuliah yang  mendiskursuskan konsep-konsep perusahaan  MNC, investasi, dan perdagangan internasional.

Studi Keamanan Manusia              

Sejalan dengan berakhirnya perang dingin, kajian keamanan dalam studi hubungan internasional mengalami perkembangan yang signifikan. Kajian keamanan tidak lagi didominasi oleh kajian yang berfokus pada keamanan militer. Muncul berbagai perspektif yang menantang dominasi kajian tradisional tersebut. Salah satu yang berkembang dan menjadi salah satu fokus kajian adalah keamanan yang menekankan pentingnya manusia itu sendiri. Manusia menjadi aktor utama dalam keamanan. Mata kuliah studi keamanan manusia mencoba membedah lebih dalam tentang konsep utama dan hal-hal yang menjadi fokus dalam keamanan manusia. Dengan memahami keamanan manusia secara konseptual, maka hal tersebut dapat menjadi amunisi untuk membedah permasalahan-permasalahn aktual yang dihadapi oleh keamanan manusia.

Institusi Keamanan Internasional            

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat mengidentifikasi teori-teori institusi internasional dan mampu menganalisa efektifitas institusi keamanan internasional dalam merespon masalah keamanan internasional kontemporer

Studi Kawasan Asia Pasifik                       

Mata kuliah ini mempelajari tentang dinamika isu di kawasan Asia dan Pasifik, baik isu keamanan, ekonomi, politik, sosial. Selain isu yang terjadi di regional kawasan ini, juga akan dibahas tentang dinamika isu internasional yang mempengaruhi iklim regionalism dan regionalisasi kawasan Asia Pasifik

Studi Kawasan Amerika dan Eropa                     

Amerika dan Eropa merupakan dua kawasan penting dalam politik global. Pembelajar HI perlu memahami bagaimana negara-negara di dua kawasan tersebut berinteraksi di dalam kawasannya masing-masing khususnya maupun dalam kerangka regionalisme Mata kuliah ini memberikan pemahaman terhadap kajian kawasan Amerika dan Eropa dari aspek politik dan keamanan maupun ekonomi, perdagangan dan sosial budaya.