Soft Skill Development

Selain pengembangan minat dan bakat, Prodi HI UNIDA Gontor juga memberikan pelayanan berupa upaya pembinaan soft skills. Berikut ini adalah bentuk kegiatan, pelaksanaan dan hasil dari kegiatan pembinaan soft skills yang ada di Prodi Hubungan Internasional UNIDA Gontor :

A. Student English and Arabic Debate (SEAD)

SEAD adalah kegiatan rution yang dilakukan oleh mahasiswa HI UNIDA Gontor yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama dalam penggunaan bahasa Arab dan Inggris. Kegiatan ini dilakukan satu minggu sekali pada hari Ahad pukul 20.00 s.d selesai. Adapun Hasil yang diharapkan pada bidang ini, mahasiswa HI UNIDA memiliki kemampuan untuk melakukan debat dengan terukur, sistematis, dan rasional dalam bahasa Arab dan Inggris. Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam berargumentasi dan dalam penggunaan bahasa Arab dan Inggris.

B. Penugasan dalam Kepanitiaan

Mahasiswa Hubungan Internasional UNIDA Gontor diberikan kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kepanitiaan berbagai acara. Kepanitiaan acara tertentu dibentuk berdasarkan SK yang diberikan baik oleh Kaprodi, Dekan, maupun Rektor. Penugasan kepanitiaan ini dilaksanakan setiap akan dilaksanakan kegiatan/acara tertentu yang dilakukan oleh Program Studi, Fakultas, dan Universitas. Adapun hal-hal yang diharapkan dari penugasan tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bekerja sama dan meningkatkan profesionalitas mahasiswa.

C. Penugasan sebagai Staff pada berbagai Unit dan Biro di UNIDA Gontor

Mahasiwa Hubungan Internasional UNIDA Gontor memiliki kesempatan untuk bertugas dan menjadi staff di berbagai unit dan biro di lingkungan UNIDA Gontor. Mahasiswa dapat bertugas dan menjadi staff sesuai dengan prosedur yang berlaku dan dibuktikan dengan Surat Keputusan penangkatan oleh unit atau biro yang bersangkutan. Untuk penugasanĀ di berbagai unit dan biro di lingkungan UNIDA Gontor dilakukan setiap awal semester. Sedangkan outputĀ yang diharapkan adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bekerja sama dan meningkatkan profesionalitas mahasiswa

D. Pelatihan Penulisan Skripsi Mahasiswa

Kemampuan penulisan skripsi merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Melihat urgensi dari hal tersebut maka Prodi Hubungan Internasional berusaha untuk memberikan bekal bagi mahasiswa agar dapat meningkatkan kemampuan dalam penulisan skripsi melalui pelatihan penulisan skripsi. Untuk waktu pelaksanaan pelatihan penulisan skripsi mahasiswa dilaksanakan pada tanggal setiap tanggal 10 januari. Adapun hasil yang dinginkan adalah untuk memberikan peningkatan kemampuan bagi mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah