Student Activities

Sebagai penunjang bagi peningkatan kemampuan non-akademik mahasiswa, Prodi HI UNIDA Gontor juga mendukung mahasiswa Hubungan Internasional untuk mengembangkan minat dan bakat. Kegiatan ekstra kurikuler sangat bermanfaat untuk mewadahi dan mengembangkan kemampuan minat dan bakat setiap mahasiswa. Kegiatan pengembangan minat dan bakat tersebut dikelola oleh : Pertama, Himpunan Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional (HMP-HIU);  Kedua, Mahasiswa (DEMA) UNIDA Gontor, dan; Ketiga, Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNIDA Gontor. Berikut ini adalah beberapa bentuk kegiatan, pelaksanaan, dan hasil dari kegiatan minat dan bakat (ekstra kurikuler) yang ada di Prodi HI UNIDA Gontor :

  1. Forum Nongkrong dan Diskusi Hubungan Internasional (FONDASI)

FONDASI adalah kegiatan mahasiswa yang dikelola HMP-HIU. Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa sebagai penunjang kebutuhan mahasiswa akan pemahaman mendalam tentan dinamika isu hubungan internasional. Kegiatan ini dilakukan secara rutin 1 kali dalam satu minggu pada hari selasa pada jam 20.00 s.d selesai. Adapun hasil yang diharapkan setelah terselenggaranya program ini, yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa Prodi HI UNIDA tentang dinamika isu hubungan internasional kontemporer. Mendorong mahasiswa untuk selalu berpikir analitis, sistematis, dan objektif.

  1. Kajian Politik Strategis dan Dunia Islam (Kastradam)

Kastradam merupakan salah satu UKM yang ada di UNIDA Gontor. UKM ini memiliki tujuan untuk semakin mendekatkan isu politik internasional, kajian strategis maupun dinamika dunia Islam kepada mahasiswa UNIDA Gontor. Kajian ini menjadi acara bulanan yang diadakan hanya satu kali saja dalam satu bulannya. Adapun luaran dari kajian dari satu bulan sekali tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa Prodi HI UNIDA tentang dinamika politik internasional, dan dunia Islam. Mendorong mahasiswa untuk selalu berpikir analitis, sistematis, dan objektif.

  1. Muharram Cup

Muharram Cup adalah salah satu kegiatan yang dikelola oleh DEMA UNIDA Gontor. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh DEMA yang meliputi kompetisi olah raga, olah rasa, olah dzikir, dan olah fikir. Event ini dilaksanakan setiap satu kali dalam satu tahun kalender akademik, tepatnya setiap bulan Muharram. Adapun luaran dari kajian dari satu bulan sekali tersebut adalah untuk meningkatkan jiwa sportifitas mahasiswa. Meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang non-akademik. Meningkatkan animo dan kreatifitas mahasiswa. Meningkatkan semangat mahasiswa untuk berkompetisi. Membangun karakter yang unggul.

  1. Sepakbola

Sepakbola adalah salah satu kegiatan olahraga yang dikelola oleh UKM sepakbola. Sepakbola merupakan salah satu bidang olaharaga yang ada dilingkungan UNIDA Gontor untuk menjamin bahwa minat dan bakat mahasiswa dapat dipenuhi. Pelaksanaan kegiatan olahraga sepakbola dilakukan dalam 2 kali dalam 1 minggu. Adapun luaran dari kajian dari UKM olahraga ini adalah untuk Meningkatkan jiwa sportifitas mahasiswa. Meningkatkan prestasi mahasiswa dibidang non-akademik. Meningkatkan animo dan kreatifitas mahasiswa.

  1. Badminton

Badminton merupakan salah satu bidang olahraga yang ada di lingkungan UNIDA dan dikelola oleh UKM Badminton. Tujuan didirikannya UKM tersebut adalah untuk memenuhi minat dan bakat para mahasiswa dalam bidang keolahragaan. UKM Badminton mengadakan latihan rutin setiap 2 kali dalam seminggu bersama para anggotanya, yaitu pada hari Jum’at dan hari Selasa. Tujuannya, agar dapat meningkatkan jiwa sportifitas, kreatifitas, animo dan prestasi para mahasiswa di bidang non-akademik.

  1. Kajian Mingguan Luqmanul Hakim 

Kajian Mingguan Luqmanul Hakim merupakan salah satu kegiatan rutin yang ada di lingkungan UNIDA Gontor. Kegiatan tersebut dilaksanakan dan dikelola oleh sebuah UKM yang diberi nama Forum Kajian Luqmanul Hakim. UKM tersebut mengadakan kajian rutin yang dilaksanakan seminggu sekali, yaitu pada hari Ahad. Adapun luaran dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam mengembangkan keilmuan sesuai dengan minat dan bakat serta menjadi motor penggerak dakwah di lingkungan UNIDA dan sekitarnya.

  1. Basket

Olahraga Basket merupakan salah satu bidang olahraga yang ada di lingkungan UNIDA dan dikelola oleh UKM Basket. Tujuan didirikannya UKM tersebut adalah untuk memenuhi minat dan bakat para mahasiswa dalam bidang keolahragaan. UKM Basket mengadakan latihan rutin setiap 2 kali dalam seminggu bersama para anggotanya, yaitu pada hari Jum’at dan hari Selasa. Tujuannya, agar dapat meningkatkan jiwa sportifitas, kreatifitas, animo dan prestasi para mahasiswa di bidang non-akademik.

  1. United Nations Day 2015

PBB adalah organisasi pemerintah internasional terbesar di dunia yang memiliki peran yang sangat signifikan dalam dinamika politik dunia. Oleh karena itu, para mahasiswa dari Program Studi Hubungan Internasional Kampus UNIDA mengadakan acara yang diberi nama United Nations Day 2015, sehingga dapat mengenal PBB dan politik internasional kontemporer secara lebih dekat. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2015. Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa di bidang keilmuan, meningkatkan minat para mahasiswa dalam mengkaji politik internasional dan lebih mengenalkan PBB pada seluruh mahasiswa UNIDA.

  1. Diplomatic Course dan Table Manner

Diplomatic Course dan Table Manner merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh para mahasiswa dari Program Studi Hubungan Internasional UNIDA. Melalui kegiatan tersebut, para mahasiswa diberi kesempatan untuk berdiskusi secara intensif mengenai isu-isu kontemporer dalam dinamika hubungan internasional. Selain itu, agenda tersebut merupakan salah satu bentuk aktualisasi dari mata kuliah Diplomasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23 April 2016. Adapun tujuan dari dilaksanakannya acara tersebut adalah untuk memperkenalkan praktik diplomasi kepada para mahasiswa serta untuk melatih kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa internasional.