lomba esai

Mahasiswa HI UNIDA Raih Juara 1 Lomba Esai Festival Syariah

Siman (01-02-21) – 2 Mahasiswa HI UNIDA, Ragil (HI/19) dan Arif (HI/19) mewakili utusan Fakultas Humaniora berhasil raih juara 1 lomba esai dalam acara Fesyar 2021.

Acara Fesyar diselenggarakan oleh Fakultas Syariah UNIDA Gontor. Tujuan dilaksanakannya acara tersebut tidak hanya sebagai ajang kompetisi, melainkan lebih kepada ajang silaturrahmi, ujar Wakil Rektor II, Al-Ustadz Setiawan Bin Lahuri ketika acara pembukaan.

Pada ajang kompetisi ini, Ragil dan Arif mengangkat judul esai “Fatwa MUI Sebagai Jalan Tengah Polemik Halal-Haram Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Esai ini mengulas tentang peran MUI untuk penegakkan Syariah di Indonesia dalam konteks kesehatan publik. Beranjak dari polemik perdebatan halal-haram vaksin Sinovac, Ragil menegaskan bahwa kebijakan vaksinasi pemerintah tidak cukup membuat kepercayaan masyarakat Muslim. Oleh karenanya peran MUI sangat dibutuhkan untuk meredakan kegelisahan masyarakat Muslim.

“Menurut kami, pembahasan isu yang masih hangat merupakan nilai tambah dalam penilaian lomba ini, terlebih esai ini dinilai sangat signifikan oleh beberapa kalangan mahasiswa Hukum Syariah di UNIDA”, ucap Ragil.

Untuk memenangkan lomba tersebut semangat kekompakan partner sangat dibutuhkan. Keduanya berperan penting dalam pembagian tugas mengumpulkan komponen kekuatan argumen opini dalam esai. Ragil mengatakan, “terkait proses penulisan esai, di awal kami mengumpulkan data-data, kemudian kami ulas kembali apakah data-data tersebut dapat memperkuat argumen kami, jadi kami lebih sibuk mengumpulkan data daripada menyusun diksi”.

Kedepannya, Ragil dan Arif berharap hasil yang membanggakan ini dapat memotivasi teman-teman mahasiswa HI lainnya. Menurut Ragil, aktif mengikuti lomba essai merupakan salah satu cara mengekspresikan rasa syukur atas ilmu yang telah diajarkan oleh dosen. (Fitrah Alfiansyah/HI/2018)

Baca juga;

MAHASISWI HUBUNGAN INTERNASIONAL JUARA III LOMBA ESSAI DI AJANG PADJADJARAN FEST & CONFERENCE (PFC) 2020

 

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH DAN MAJALAH DINDING

Kebijakan Eu4health Sebagai Resolusi Pemulihan Ekonomi

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *