Linux penantang Microsoft dan Apple

Linus Torvalds Speaks Openly about Work and Code at TED2016 [Video] - Linux. com(Foto: Linus Torvald di acara TED2016. Sumber: www.linux.com)

Apa perangkat yang anda gunakan untuk mengakses artikel ini? Hp android, Iphone, laptop, atau MacBook? OS apa yang anda gunakan? Windows, Mac OS, atau Linux? Berapa lisensi yang kalian bayar untuk menggunakannya? Jangan sampai kita mencuri lisensi dengan meng-crack OS kita karena tidak ingin mengeluarkan uang padanya.

Apple bautan Steve Jobs dan Microsoft punya Bill Gates merupakan veteran dalam perangkat lunak yang mengelola sumber daya komputer atau biasa disebut Operating System (Sistem Operasi).

Namun, selain itu ada pula Operating System yang kurang common bagi kebanyakan orang seperti UNIX atau Linux buatan Linus Torvalds. Nah, artikel ini akan membahas Operating System atau OS buatan Linus Torvalds.

Baca Juga: http://hi.unida.gontor.ac.id/2021/01/20/menggarisbawahi-catatan-demokrasi-amerika-serikat/

Sejarah Linus Torvalds dan OS Miliknya

Linux merupakan sebuah nama OS yang diambil dari nama pembuatnya Linus Torvalds. Pada mulanya, tepatnya tahun 1991 saat ia kuliah di University of Helsinki, Linus Torvalds berbagi kernel (inti dari sistem) kepada para teman-temannya. Kernel tersebut dia dapatkan dari usahanya mengutak-atik komputer Universitasnya yang berbasis OS UNIX. Linux sendiri merupakan akronim dari Linus dan UNIX.

Konsep Open Source Linux

Masih pada tahun yang sama, Linus Torvalds mengirim pesan di Internet untuk pengguna PC mengenai OS miliknya, ia juga membuat software tersebut dapat diakses secara gratis, ia juga membagikan kode miliknya sehingga orang lain bisa mengubah dan menyesuaikan OS tersebut berdasarkan keperluan pengguna. Konsep yang ia gunakan dalam berbagi akses tersebutlah yang dinamakan Open Source karena orang-orang dapat memodifikasi dan membaginya dengan skala publik.

A peek at Linus Torvalds' little desk - Business Insider(Linus Torvalds bersama komputer di rumahnya. Sumber: www.businessinsider.com)

Mulai saat itu OS yang ia buat mengubah Industri software dunia, saat perusahaan lain menghasilkan jutaan bahkan miliaran dolar dengan memanfaatkan penggunanya, Linus dan OS miliknya tetap berjalan dan berkembang dengan konsep Open Source yang dipakainya.

Saat ini Linux mungkin tidak setenar Windows dari Microsoft atau Mac OS dari Apple. Tapi ia adalah masa depan dari perangkat lunak dunia karena tanpa disadari hari ini ia merupakan basis dari sebagian besar Internet dan basis seluruh Handphone Android di dunia.

Referensi:

https://www.linux.com/what-is-linux/

https://opensource.com/resources/what-open-source

https://www.ted.com/speakers/linus_torvalds?language=id

https://www.britannica.com/biography/Linus-Torvalds

https://www.britannica.com/technology/operating-system

26 comments

  1. I carry on listening to the news update talk about receiving free online grant applications so I have been looking around for the most excellent site to get one. Could you tell me please, where could i get some?

  2. I have read the post and the Linux is the biggest challenger for Microsoft and Apple because all the whole world many people also want to use the Linux version and in this era, every institute and college teacher who takes computer class also introduced this version. in the students of computer science.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *