Membanggakan, HMP-HI Raih Penghargaan Himpunan Mahasiswa Terbaik

HMP-HI dinobatkan sebagai organisasi himpunan mahasiswa terbaik di Universitas Darussalam Gontor. Penghargaan ini diberikan langsung oleh DEMA (Dewan Mahasiswa) UNIDA Gontor periode 2020-2021. Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada saat akhir sesi rapat 100 hari kerja kepengurusan DEMA “Kabinet Bersama” yang menjabat sejak pertengahan tahun 2020 lalu. Penghargaan ini tentu sangat berkesan karena piagam diserahkan langsung oleh Al-Ustad Imam Hariyadi, M.S.I., selaku wakil direktur DKP (Direktorat Kepengasuhan) Universitas Darussalam Gontor.

Ketua 2 HMP-HI menerima penghargaan dari wakil direktur DKP, Ust. Imam Haryadi, M.S.I.

Penyerahan Penghargaan dilaksanakan pada Senin malam tanggal 11 Januari 2021. Momen mengharukan ini disaksikan oleh seluruh pengurus DEMA serta semua utusan dari pengurus himpunan mahasiswa yang ada di Universitas Darussalam Gontor. Dengan ini, HMP-HI telah berhasil menyisihkan sekitar 18 organisasi himpunan mahasiswa yang berasal dari seluruh program studi. Tentu saja prestasi ini tidak didapat secara tiba-tiba. Lalu apa saja kunci dari keberhasilan ini? Jawabannya dapat anda temukan dalam tulisan berikut ini.

Solidaritas anggota HMP-HI

Sikap solid antar anggota merupakan faktor penting dari berjalanya suatu organisasi. Sebagai himpunan mahasiswa, tentu saja HMP-HI bukan hanya menjadi milik pengurus yang menjabat. Anggota HMP-HI merupakan seluruh mahasiswa yang tercatat sebagai pelajar aktif di Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Humaniora, Universitas Darussalam Gontor.

Menurut Abdul Latief selaku ketua 1 HMP-HI, Masing masing HMP pasti memiliki hal yang tidak dimiliki HMP lain. HMP-HI juga belum tentu punya pencapaian dan kelebihan yang dimiliki HMP lain. Selama ini, ketua bisa bergerak optimal karna di bantu pengurus yang hebat, dan HMP bisa menggerakkan karena anggota dari semester 2,4,6, dan 8+ bersama dengan pengurus selama ini. Abdul Latief juga menambahkan bahwa Banyaknya kegiatan HMP-HI. Salah satunya adalah keikutsertaan Alhambra dan Khutbatul Arsy. Selain itu, Abdul Latief juga menyatakan bahwa selama ini himpunan mendapat dukungan dari para dosen dan  tendik Prodi Hubungan Internasional.

Gebrakan Baru HMP-HI

Menurut Ragil Tri Sambodo selaku sekertaris DEMA,  HMP-HI konsisten dalam penyelenggaraan acara/ program kerja. Bahkan banyak program kerja baru yang belum ada sebelumnya. Ragil juga menambahkan bahwa yang menjadi beda antar HMP-HI dengan organisasi himpunan yang lain adalah Keaktifan, ketepatan pengumpulan laporan, serta kreatifitas anggotanya.

Salah satu dari kegiatan baru tersebut adalah kegiatan Model of OIC yang diselenggarakan pada akhir 2020. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Reinforcement Program dengan Department of Research and Development HMP-HI UNIDA Gontor. Acara ini merupakan simulasi sidang OIC yakni organisasi perserikatan negara Islam di dunia. Hal ini merupakan hal baru di Universitas Darussalam Gontor. Pasalnya, simulasi ini berlum pernah diadakan sebelumnya baik di universitas maupun lembaga dibawah naungan Gontor yang lain.

Kegiatan Model of OIC yang diselenggarakan atas kerjasama Reinforcement Program dengan HMP-HI

Keikhlasan Dalam Setiap Pergerakan

Menurut Rizal Yanuar Putra selaku ketua 2 HMP-HI,  faktor utama dari keberhasilan ini adalah keikhlasan yang telah diberikan oleh banyak pihak yang berkontribusi. Karena dengan keikhlasan tersebut aktor-aktor yang berkontribusi akan berperan dengan sepenuh hati. Walaupun keikhlasan itu tidak nampak dan tidak perlu ditampak-tampakkan, tetapi Allah SWT akan menampakkan hasil dari keikhlasan tersebut.

Beliau juga berpendapat bahwa jika kita membahas kelebihan apa yang dimiliki oleh HMP-HI yang mana tidak ada dalam HMP lainnya, menurutnya pribadi secara umum setiap HMP di UNIDA ini memiliki ciri khas nya masing-masing, dan ciri khas itu yang membedakan sekaligus menjadi kelebihan bagi HMP tersebut. Hanya saja saya belum tahu secara pasti apa yang membedakan antara HMP HI dengan HMP yang lainnya, sehingga kemudian bisa menjadi identitas sekaligus kelebihan yang dimiliki.

Karena baginya, kelebihan dan kekurangan adalah anugerah yang patut kita syukuri, sekaligus menjadi identitas kita, dengan demikian kita bisa berkaca kepada diri kita sendiri bahwa siapa diri kita sebenarnya dan apa kelebihan maupun kekurangan yang kita miliki. Dengan begitu, kita akan berusaha untuk memperbaiki diri kita dan menutupi kekurangan-kekurangan yang kita miliki.

Baca juga artikel menarik lainnya!

“Gontor and Kampung English Pare: How They Are Related”

“Kriteria Sistem Jaminan Halal, Aap Saja?”

“Strengthening Digital Citizenship Literacy”

3 comments

  1. 5 элементов Радужное здоровье сопроцессор внешней среды Левитра, Система предтренажа и перетреня, Омега 3, Регулон, Фитослим Актив, Куркумин, Стрепсилс Плюс, Оздоровительный комплекс, Красота и здоровье | Здоровая кожа Cоветы для красоты и здоровья волос | Здоровье детей| Здоровая сексуальность с вашим здоровьем, Здоровье человека| Здоровая кожа Июль с элементами лета Почему бы не чувствовать такую волну тепла и беззаботного счастья в пору последнего месяца? Чашка ароматного чая на террасе, освежающие сборы трав, крылышки с баклажаном и помидорами и богатый выбор продуктов для гурманов, от более вкусных до более бюджетных, что наверняка понравится вашим гостям. До встречи в августе!) econet.ru

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *