Serial Netflix ‘Money Heist’ Dalam Perspektif Hubungan Internasional

Serial Netflix merupakan media belajar yang sangat direkomendasikan untuk pelajar dari berbagi bidang studi terutama Hubungan Internasional. Sebagai bidang studi yang bersifat interdispliner, mahasiswa Hubungan Internasional dapat belajar dari beragam media. Bukan hanya dari buku, kita juga bisa mendapatkan wawasan baru melalui media hiburan seperti film, drama, bahkan animasi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, produk dari industri hiburan tersebut tidak hanya terdistribusikan melalui layar kaca maupun layar lebar. Menimbang semakin banyaknya pengguna internet, kini tontonan seperti film maupun variety show banyak disajikan melalui media digital sehingga mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Salah satu Start-Up yang patut diperhitungkan dalam hal ini adalah Netflix.

Salah satu serial Netflix yang menarik untuk dibahas adalah ‘Money Heist’. Judul tersebut merupakan judul berbahasa Inggris dari judul aslinya ‘La Casa De Papel’ yang bermakna rumah kertas. Serial ini cukup mencuri perhatian maysrakat internasional. Hal ini terbukti dari angka jumlah pemirsanya yang tinggi. Beberapa atribut yang ada dalam serial tersebut juga menjadi trend. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lapak yang menjual topeng Salvador Dali dan baju terusan merah yang menjadi ciri khas serial tersebut.

Topeng Dali merupakan topeng yang dikenakan kawanan perampok dalam serial Netflix ini. Kini topeng ini sering ditemukan pada gerakan demonstrasi terhadap kapitalisme dan otoritarianisme di berbagai negara.

Serial ini mengisahkan tentang sekawanan perampok dari Spanyol yang melancarkan aksinya di kantor percetakan uang negara tersebut sebagai bentuk protes terhadap sistem kapitalisme. Kawanan ini terdiri dari Professor (Álvaro Morte), Tokyo (Úrsula Corberó), Berlin (Pedro Alonso), Moscow (Paco Tous), Nairobi (Alba Flores), Denver (Jaime Lorente), dan Rio (Miguel Herrán). Serial ini mengawali musim pertamanya  tahun 2017 silam dan telah mencapai musim keempat pada tahun 2020. Pihak produksi berencana untuk merilis musim kelima sekaligus musim penutup ‘Money Heist’ pada tahun 2021. Sambil menunggu tanggal perilisan musim terakhir, mari membahas fakta-fakta menarik yang terkandung dalam sinema ini.

Serial Netflix Untuk Peminat Konsentrasi Keamanan

Karena mengankat genre kriminal, serial Netflix ini wajib untuk kalian yang tertarik untuk mengetahui isu-isu kemanan. ‘Money Heist’ banyak memberi pengetahuan mengenai beragam jenis senjata api yang umum digunakan. Senjata tersebut meliputi senapan laras panjang, senapan laras pendek hingga senjata peledak. Nama-nama dari persenjataan tersebut juga banyak disebutkan dalam dialog antar pemeran.

M16 merupakan salah satu senjata api yang sering ditemukan dalam serial Netflix ini.

Serial Netflix ini juga memberi gambaran bagaimana suatu negara bekerja sama dengan negara lain dalam mengatasi tindakan kriminal yang berskala internasional. Hal ini ditunjukan dengan kerjasama yang dilakukan pihak kepolisian dan inteljen Spanyol dengan Interpol guna menuntaskan krisis yang terjadi saat itu. Mereka berupaya untuk menangkap Profesor yang merupakan otak dari perampokan ini. Professor diduga sedang melancarkan aksinya di luar negeri sehingga kepolisian Spanyol mengerahkan berbagai upaya seperti bekerjasama dengan negara lain untuk menangkap pimpinan gang tersebut.

Hukum Internasional

Ada hal yang menarik dalam dialog antar pemeran pada musim keempat. Hal tersebut adalah ketika Tokyo yang merupakan anggota perampok ditawan oleh César Gandía, kepala keamanan Bank Spanyol. Pada momen tersebut Tokyo berkata “Seharusnya hubungan asmara antara prajurit yang saling berperang juga dicantumkan dalam konvensi Jenewa”. Penggalan percakapan tersebut mengingatkan  kita kembali mengenai pengetahuan Hukum Humaniter. Hukum Humaniter merupakan seperangkat undang-undang yang mengatur jalannya peperangan. Diketahui bersama bahwa Konvensi Jenewa merupaka cikal bakal lahirnya hukum ini.

Adegan dimana Tokyo ditawan oleh Kepala Keamanan Bank Spanyol.

Sistem Moneter

Motif awal dari aksi perampokan ini adalah bentuk protes sekelompok gang dari Spanyol  terhadap sistem yang dijalankan di negara itu. Profesor yang merupakan pimpinan dari kelompok ini mengungkapkan bahwa mereka memprotes berbagai kebijakan moneter maupun kebijakan fiskal yang kerap dikeluarkan oleh pemerintah nasional. Bukannya mendapat kebencian, kelompok berseragam merah ini justru mendapatkan simpati dari masyarakat luas yang memiliki keresahan yang sama. Simpati masyarakat itu juga yang kemudian dijadikan sebagai salah satu kekuatan Profesor dalam bernegosiasi dengan pihak pemerintah.

‘Money Heist’ banyak menyuguhkan adegan menarik dalam setiap episodenya. Konflik yang tersaji juga terbilang berhasil dalam menarik pemirsa dalam jumlah besar. Aktor maupun aktris dalam serial ini berhasil memerankan karakternya masing-masing dengan baik. Disamping semua itu, anda akan banyak mendapatkan wawasan baru melalui kepenulisan naskahnya yang sangat matang dan jenius. Oleh karena itu, selamat menonton!

Baca artikel menarik lainnya!

Bahagia Itu Sehat

Jiddiyyah, Nasyath Dan Hirsh

Lima Drama Korea yang Wajib Ditonton Mahasiswa Hubungan Internasional

8 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *