Matrikulasi Bahasa: Belajar Mencintai Bahasa Arab Bersama Language Janissary

Apa yang terbesit dalam benak kalian saat mendengar “Bahasa Arab”? Mungkin sebagian dari kita langsung terngiang “nahwu” atau “shorfu”. Sebagian lain mungkin akan berfikir “Bahasa arab sulit” “Bahasa arab rumit”. Bahasa Arab menjadi elemen yang penting untuk dipelajari bagi Mahasiswi HI Unida.  Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa pengantar dalam perkuliahan, dan inilah yang menjadi keistimewaan HI Unida dengan HI di universitas lainnya. Manfaat belajar Bahasa arab tentu sangatlah banyak, diantaranya untuk mempermudah mahasiswi dalam pembelajaran TOAFL atau ujian Bahasa Arab, sebagai bekal ilmu untuk skripsi di semester akhir, serta untuk mempermudah mahasiswi dalam menghafalkan Al-Qur’an dalam program Tahfidz.

Program Matrikulasi

Bersama Janissary, belajar bahasa arab bisa menjadi santai dan menyenangkan. Language Janissary atau Divisi Bahasa program Janissary menyelenggarakan Matrikulasi Bahasa Arab. Kegiatan ini diperuntukan bagi Mahasiswi HI semester 1, 3, dan 5. Matrikulasi bahasa arab diadakan tiga kali dalam seminggu, yaitu hari Sabtu, Senin, dan Rabu di Gedung Granada

Matrikulasi Bahasa Arab Bersama Language Janissary
Matrikulasi Bahasa Arab Bersama Language Janissary. Sumber: dokumentasi pribadi.

Pelaksanaan Program

Materi dan waktu matrikulasi berbeda-beda untuk setiap angakatan. Untuk angkatan Semester 1 matrikulasi diadakan pada hari Sabtu bersama penanggung jawab, Salsabila Nadhira dan Rayi Adita. Materi yang dipelajari yaitu insya’ dan dobdu maqalah. Materi tersebut dipilih karna sesuai untuk mahasiswa baru untuk mengulang materi yang telah dipelajari sebelumnya ketika KMI agar tetap fresh dan tidak begitusaja dilupakan. Bagi mahasiswi dari non-KMI, materi ini menjadi materi dasar sebelum mempelajari materi di tingkat yang lebih jauh. Setelah penjelasan materi, peserta mengerjakan latihan soal dan dikumpulkan untuk kemudian dikoreksi oleh Divisi Bahasa.

Hari Senin yaitu jadwal matrikulasi untuk Semester 3 dengan penanggung jawab Oktarina dan Aulia Anggraini. Materi yang dipelajari yaitu Nahwu dan Tamrin Lughoh. Materi ini dipelajari untuk mempersiapkan ujian Bahasa, yang akan dihadapi di semester 5 nanti. Kedua materi ini sangat penting untuk dipelajari karena sebagai kunci pemahaman Bahasa Arab.

Divisi Bahasa Program Janissary 2020
Divisi Bahasa Program Janissary 2020. Sumber: dokumentasi pribadi.

Matrikulasi untuk semester 5 diadakan pada hari Rabu. Pengampu dari Divisi Bahasa yaitu Veta Lambiombir dan Mustika Ayu. Materi yang dipelajari yaitu kosa kata atau Mufrodhat yang berkaitan dengan penulisan tugas akhir atau skripsi. Materi ini penting sebagai persiapan bagi semester 5 untuk persiapan penulisan skripsi, terutama yang ingin menulis skripsinya dengan Bahasa arab.

Harapan

Kegiatan matrikulasi ini diharapan bisa membantu para mahasiswi Hubungan Internasional dalam belajar dan mendalami Bahasa arab. Sehingga dapat menumbuhkan skill Bahasa arab yang akan bermanfaat di masa yang akan datang. Belajar bahasa itu mudah, jika kita mencintai prosesnya, dan menjalaninya dengan sepenuh hati.

Oleh: Publication Division Janissary Program 2020

300 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *