sumber: https://www.thejakartapost.com/files/images2/04special4.jpg

Memperluas Khazanah Pengetahuan melalui Webinar Series oleh Divisi Keilmuan Janissary Programme 2020

Divisi Keilmuan Janissary Programme 2020 mengadakan webinar series yang diadakan 3 kali selama masa Janissary Programme 2020. Webinar series merupakan salah satu program yang dicanakan divisi keilmuan untuk meningkatkan kualitas intelektual mahasiswi UNIDA, terutama mahasiswi Hubungan Internasional. pembicara yang diundangpun merupakan para akademisi Hubungan Internasional yang memang ahli dengan beberapa isu-isu kontemporer.

Webinar Series #1 : Women’s Role on Social, Politic, and Economic Along Pandemic.

webinar Divisi Keilmuan Program Janissary 2020
Webinar Divisi Keilmuan Program Janissary 2020. Sumber: dokumen pribadi

Webinar Series pertama kali dilaksanakan pada hari Senin, 28 September 2020 pukul 09.00. Pembicara pada webinar series #1 diantaranya ialah Ustadzah Dr. Syarifah Gustiawati Mukri, MEI yang berprofesi dosen Program Studi Ahwal Syakhsiyah Universitas Ibnu Khaldun, Ustadzah Azimatul Noor Bashari Diyanti, S.Th.I, M.A yang merupakan Motivator Trainer-Consultant dalam Alfanoor Home dan Ustadzah Ida Susilowati, M.A, Dosen Hubungan Internasional Universitar Darussalam Gontor. Webinar tersebut dimoderatori oleh Zaklyyah Widad Zaenal, mahasiswi Hubungan Internasional semester 7.

Masing-masing pembicara menyampaikan bagaimana peran perempuan di bidang sosial, politik dan ekonomi disaat Pandemi Covid-19. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki perempuan, mereka tetap memiliki kewajiban aktif di masyarakat dalam bidang apapun itu, khususnya sosial, politik dan ekonomi. Bahkan disaat Pandemi Covid-19.

Untuk menyiasati kondisi tersebut, media sosial mampu digunakan sebagai alat dalam menyampaikan ilmu yang dimiliki oleh perempuan demi membangun masyarakat. Namun perlu diingat, keaktifan perempuan ditengah masyarakat juga harus dimbangi dengan fitrahnya dalam keluarga.

Webinar Series #2 : The Normalization of UAE-Israel Bilateral Relations Amid Palestinian Cause

Pada webinar series #2, tema yang diangkat adalah isu kontemporer kontroversional normalisasi UAE-Israel. Webinar diadakan pada hari Selasa, 29 September 2020 dengan pembicara Ustadz Hasibullah Satriawan yang ahli dalam analisis politik Timur Tengah dan Dunia Muslim bersama Ustadz Ali Musa Harahap, Dosen Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor. Acara tersebut dimoderatori oleh Aulia Anggraini, Mahasiswi Hubungan Internasional semester 7.

Pembicaraan dalam Webinar series #2 menguak fakta yang dipahami oleh mayoritas Muslim. Banyak muslim, bahkan muslim Indonesia yang menolak adanya normalisasi hubungan bilateral UAE-Israel. UAE dianggap sebagai penghianat karena membuka hubungan bilateral dengan Israel yang selama ini menyerang Gaza, Palestina.

Normalisasi UAE-Israel merupakan salah satu solusi yang diambil UAE dalam menyelesaikan konfliknya dengan para lawan politik di Timur Tengah. Tindakan tersebut memang murni didasari strategi politik UAE dan tidak ada tujuan untuk mengkhianati sesama Muslim Palestina. Sebaliknya Iran menguatkan pengaruhnya pada  Palestina sebagai strategi politiknya melawan UAE.

Dengan webinar series #2, membuka mata bagi pada Mahasiswi Hubungan Internasional dalam menganalisis fenomena saat pandemi Covid-19. Untuk itu, kita sebagai Mahasiswi Hubungan Internasional harus lebih jeli melihat sebuah konflik karena adanya kepentingan agama. Jangan sampai konflik tersebut merusak Ukhuwwah Islamiyah kita secara global.

Webinar Series #3 : Asia-Pasific Security Studies: A Threat to Human Security in Pandemic Era

Webinar Divisi Keilmuan Program Janissary #2
Webinar Divisi Keilmuan Program Janissary #3. Sumber: dokumen pribadi

Kemudian terakhir ialah Webinar Series #3 yang membawa tema Asia-Pasific Security Studies: A Threat to Human Security in Pandemic Era. Narasumbernya merupakan Dosen Ilmu Hubungan Internasioanl Universitas Airlangga, Surabaya, yakni Dra. Baiq L.S. Wardhani, M.A., Ph. D dengan moderator Ustadzah Zahidiyah Ela Tursina, S.Sos, M.Hub.Int dosen Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor.  Webinar tersebut diadakan pada Rabu, 7 Oktober 2020.

Ibu Ani menjelaskan terkait fenomena kekerasan pengungsi di Asia Pasifik. Pada pemaparannya, Ibu Ani mengambil studi kasus kekerasan pengungsi perempuan di Rohingya. Pengungsi perempuan menjadi kelompok yang rentan terhadap kekerasan, baik dari sesama kelompok pengungsi atau pihak luar kelompok. Budaya patriarki menjadi faktor utama yang dijadikan alasan untuk melakukan kekerasan pada perempuan, bahkan untuk pengungsi perempuan.

Saat pandemi seperti ini, kerentanan kekerasan terhadap pengungsi perempuan Rohingya lebih besar. Kondisi pandemi membuat beberapa pelaku melampiaskan keterbatasan yang disebabkan situasi Covid-19 terhadap perempuan, utamanya pengungsi perempuan. Kekerasan tidak hanya berupa ancaman fisik namun juga bisa persedian fasilitas kebutuhan pokok yang tidak merata. Tentu perilaku tersebut melanggar Hak Asasi Manusia terhadap perempuan, bahkan mereka yang menjadi pengungsi perempuan.

Keterbatasan gerak bagi pengungsi perempuan membuat mereka tidak bisa melawan. Bahkan akses untuk mendapatkan dukungan HAM dari pengungsi perempuan terbatas karena posisinya sebagai pengungsi. Namun, tetap saja kekerasan pengungsi perempuan di Rohingya merupakan ancaman keamanan manusia bagi pengungsi Rohingya.

Harapan Webinar Series

Dengan adanya webinar series ini diharapakan bisa memperluas khazanah pengetahuan bagi akademisi Hubungan Internasional, khsusunya fenomena yang terjadi saat pandemi Covid-19. Ternyata dengan adanya kegiata webinar series ini, menunjukkan bahawa pandemi Covid 19 tidak hanya berpengaruh pada sektor kesehatan. Tapi juga berpengaruh pada keamanan, ekonomi, politk dan sosial secara global.

Semoga acara-acara webinar ini dapat menjadi sarana menuntut ilmu ditengah pandemi, dan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

oleh: Divisi Publikasi Program Janissary 2020

67 comments

  1. Great blog right here! Additionally your web site rather a lot up fast! What host are you the use of? Can I am getting your associate link for your host? I desire my website loaded up as fast as yours lol|

  2. Howdy! This post couldn’t be written any better! Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept chatting about this. I will forward this write-up to him. Pretty sure he will have a good read. Many thanks for sharing!| FXGM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *