Webinar dalam rentetan acara Mabit

Mabit Janissary 2020 | Sarana Mahasiswi Hubungan Internasional dalam Meningkatkan Nilai Ketaqwaan

Salah satu rentetan program yang diadakan oleh Divisi Spiritual Janissary Program 2020 ialah Malam Bina dan Takwa (Mabit). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak dua kali, yakni pada tanggal 17 – 18 September dengan sasaran mahasiswi Semester 1 dan 3. Kedua pada tanggal 1 – 2 Oktober 2020 yang diikuti oleh mahasiswi Semester 5 dan 7.

Mabit yang dilaksanakan untuk mahasiswi HI semester 1 dan 3, Divisi Spiritual Janissary Program bekerjasama dengan HMP Hubungan Internasional. Sedangkan untuk MaBiT bagi semester 5 dan 7 hanya Divisi Spiritual Janissary Program sebagai penanggungjawab. Oleh karena itu, ada perbedaan kegiatan MaBiT antara semester 1 dan 3 dengan 5 dan 7.

MabiT #1

Kegiatan Mabit semester 1 dan 3 dibuka dengan kegiatan sholat Maghrib dan Sholat Isya berjamaah di kelas terbuka. Kemudian peserta melaksanakan kumpul bersama HMP untuk memberikan penghargaan bagi mahasiswi Hubungan Internasional yang memiliki semangat lebih dalam melakukan sholat berjamaah di Masjid. Penghargaan tersebut diberikatn kepada  Lutfiaturriza (HI-3), Afifah Nur Haliza (HI-1) dan Nita Oktavia (HI-3).

Perkumpulan HMP kemudian dilanjutkan dengan Review Film “Dunkrik”. Film tersebut mengambil latar belakang Perand Dunia II yang berkisah tentang aksi penyelamatan 300 tentara sekutu dari 4 Negara, yakni Inggris, Perancis, Belgia dan Belanda. Nama Dunkrik diambil dari nama tempat tentara-tentara diasingkan yakni Dunkrik, Perancis.

Paginya, para peserta Mabit #1 melaksanakan sholat tahajjud dan sholat shubuh berjamaah. Setelahnya para peserta kembali berkumpul untuk melakukan Sharing Section bersama pengurus HMP. Kegiatan Mabit #1 kemudian ditutup dengan kegiatan olahraga bersama di depan Gedung Granada.

Mabit #2

Sama dengan Mabit #1, kegiatan Mabit #2 dibuka dengan sholat berjamaah di kelas terbuka. Kegiatan kemudian lanjutkan dengan Webinar “Keseimbangan Peran Wanita antara Karir dan Keluarga” oleh al-Ustadzah Novi Rizka Amalia, M.A melalui Zoom Meeting

Ustadzah Novi Rizka Amalia memaparkan bahwa sebagai perempuan, kita harus bisa menyeimbangkan antara karir dan keluarga. Terutama ketika seorang perempuan sudah menikah, mengesampingkan keluarga dibanding karir bukan perilaku yang bijak karena menjadi ibu dan istri adalah tugas utama seorang perempuan. Begitupun, kita sebagai perempuan ketika telah berkeluarga dituntut untuk berkarir agar bermanfaat bagi masyarakat ilmu yang kita miliki.

Maksud karir yang dijelaskan Ustadzah Novi tidak hanya berkaitan dengan dunia kerja. Namun segala kegiatan di masyarakat yang membawa manfaat dan perubahan. Oleh karena itu, sebagai manusia tidak peduli laki-laki dan perempuan harus terjun ke masyarakat sebagai bentuk tanggung jawabnya di masyarakat.

Kegiatan berlanjut dengan Sholat Isya kemudian peserta Mabit #2 mengikuti Muhasabah diri dengan review film Pondok Indah di gedung Granada. Menonton film menjadi media muhasabah yang dipilih oleh Divisi Spiritual karena nilai-nilainya lebih mudah diterima mahasiswi. Setelah menonton film, para peserta berdiskusi terkait nilai-nilai yang mereka dapatkan.

Acara Mabit #2 ditutup dengan sholat tahajjud dan sholat shubuh berjamaah di kelas terbuka. Dilanjutkan dengan kajian shubuh bersama Ustadzah Yusrina Dyah Wulandari, M.Ag. dengan tema Hukum Haid dan Aurat dalam Fiqih Wanita. Pembahasan yang dibawa Ustadzah Yusrina sangat penting untuk diketahui mahasiswi. Karena masih banyak dari mahasiswi yang belum mengetahui hakikat hukum dan rumus haid serta batasan aurat bagi sesama wanita.

Harapan diselenggarakannya MaBiT

Dari segala kegiatan yang dilaksanakan dalam program Hubungan Internasional, tujuan yang hendak dicapai oleh Divisi Spiritual ialah meningkatkan nilai ketakwaan mahasiswi Hubungan Internasional dengan kegiatan intelektual seperti diskusi bersama, kajian shubuh dan review film. Selain meningkatkan nilai ketakwaan, harapan Divisi Spiritual lainnya ialah meningkatkan nilai kebersamaan antar semester mahasiswi Hubungan Internasional melalui kegiatan diskusi dan sholat berjamaah.

46 comments

  1. Hello,
    Do you want to bring more customers to your business?
    We are a team of SEO Specialists that can help you with that.
    Our seo packages start at 150$ per month.
    We have ranked many businesses over the time, how about you being our next success project?
    Or if you simply want to send this type of message to thousands of websites, maybe you have something for sale, we can help you with that and its only 10$ per campaign.
    Just throw us an email at vasi@irank.digital and we will take care of everything!

  2. You’ve made some really good points there. I checked on the web to find out more about the issue and found most individuals will go along with your views on this site.|

  3. I just wanted to remind you that Auctionexport.com
    is a fraud website and Robert Lee is stealing your money if you actually
    make a deposit.
    Several clients have lost their money when cancelling a purchase and Robert Lee offers to get the money back once its resold,
    but unfortunately they will keep your money and decline any kind of refund.

    Spread the warning around the world not to use this service

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *