“Harnessing Diplomacy For International Development”, Peran Diplomasi Mempermudah Pembangunan Internasional.

Mantingan, 21 September 2020, pada pukul 20.00 WIB. Mahasiswi program studi Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan mengadakan sebuah webinar dengan tema “Harnessing Diplomacy For International Development” . Bertempat di Aula Aisyah Gontor Putri kampus 1. Webinar ini merupakan salah satu rentetan acara Leadership bagi semester tiga program studi Hubungan Internasional.

Webinar ini diisi oleh ketua dosen di salah satu Universitas di Gorontalo yaitu Ayu Anastasya Rahman, SIP, MA. Beliau ialah Influencer muda yang memotivasi generasi muda untuk harus bersifat aktif, kreatif, produktif dan inovatif. Melda Nurul Afiffah sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional periode 2020-2021 menjadi moderator acara. Webinar ini bukan hanya diikuti oleh mahasiswi UNIDA saja melainkan juga dari kampus luar.

Diplomacy Untuk Pembangunan Internasional

Dalam tema yang diangkat, beliau mendiskusikan perihal diplomasi untuk pembangunan Internasional, yaitu praktik diplomasi. Dimana Negara-Negara melakukan diplomasi untuk melacarkan perjanjian internasional baik keamanan internasional ataupun bisnis internasional. Pada hakikatnya masalah pembangunan  membahas tentang kesenjangan misalnya kesenjangan antara golongan phery-phery dan golongan core.

Maka, agar dapat mengejar ketertiggalan dan menciptakan dunia yang equal. Muncullah, kesetaraan SDA (Sumber Daya Alam) dan SDM (Sumber Daya Manusia) sebagai isu sentral bagi sebuah pembangunan. Beliau menjelaskan bagaimana menciptakan peran diplomasi yang mempermudah pembangunan Internasional dengan memperkuat diplomasi publik untuk dapat membantu pemerintah membangun Negara. Mengapa diplomasi publik?. Karena publik melibatkan state actor dan Non-state actor yang berperan kuat untuk menciptakan solusi dalam rangka mencapai kepentingan nasional.

3 Polular Tipe Diplomasi Dan Distater Diplomacy

Terdapat 3 polular tipe diplomasi yaitu big stick diplomacy yaitu diplomasi yang mengandalkan hard power seperti militer. Yang kedua adalah Dollar Diplomacy yang dimana mengunakan kekuatan finansial untuk memperluas pengaruh internasionalnya. Untuk yang terakhir ialah Moral diplomacy untuk mendukung ideologi yang sama contohnya ialah Indonesia yang menolak untuk membuka kedutaan besar RI di Israel. Dikarenakan alasan ideologi dan keberpihakan Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Strategi diplomasi bisa dilakukan dengan memberikan foreignaid yang membentuk citra suatu negara. Sebagai contoh Tiongkok memberikan bantuan kepada Afrika Selatan dalam pembangunan infrastruktur sehingga citra Tiongkok membentuk soft power sebagai media berdiplomasi.

Apa itu distater diplomacy?. Keadaan dunia sedang disibukkan dengan suatu  masalah yang sangat berdampak besar baik dari segi ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Yaitu corona virus yang berawal dari China tepatnya di kota Wuhan namun merebak keseluruh dunia. Dengan ini China menjalankan distater diplomacy agar mengurangi attention atau ketegangan dari Negara-negara lain tentang virus corona. Karena China beranggapan bahwasanya ini mrupakan persoalan bersama bukan hanya akibat dari China sendiri.

Berani dan just speak out your mind

“Saya belajar leadership bagaimana cara mengambil inisiatif, proaktif, karena saya orangnya introvert (pemalu) tapi kita tetap harus belajar untuk bisa berkembang, belajar riset, menulis terstruktur, public speaking apalagi anak HI penting untuk berwawasan luas” ungkap beliau. Karena menurut beliau belajar leadership itu penting untuk mengasah agar melakukan perubahan-perubahan kecil menjadi leader. Kuncinya ialah  just speak out your mind agar selalu berlatih untuk menjadi berani. Misi beliau ialah menjadi University to University diplomacy yaitu internasionalisasi perguruan tinggi agar perguruan tinggi di Indonesia siap berdaya saing dengan Universitas di luar negeri dari segi kualitasnya.

54 comments

  1. Normally I don’t read post on blogs, however I wish to say that this write-up very compelled me to take a look at and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, very nice post. FXGM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *