Voice of Janassaries

Voice of Janassaries: Pertempuran Taiwan Melawan Covid-19

Hari Rabu sore (16/09), Divisi Kesehatan dan Olahraga melaksanakan kegiatan broadcast sebagai salah satu rentetan acara dari Janissary Program. Divisi dengan julukan Health and Sport of Janissary Program ini mengadakan broadcast secara rutin setiap hari Rabu dan Sabtu. Broadcast diselenggarakan secara live di ruang broadcast Universitas Darussalam Gontor PutriBroadcast dipilih karena dinilai dapat menyentuh seluruh mahasiswa. Selain itu, pembawaannya yang santai dan ringan lebih mudah untuk dicerna.

Kegiatan Broadcast oleh Divisi Olahraga dan Kesehatan program Janissary
Kegiatan Broadcast oleh Divisi Olahraga dan Kesehatan program Janissary. Sumber: dokumentasi pribadi.

Pertempuran Taiwan Melawan Covid-19

Pada broadcast perdana ini, saudara kita Chandha Desi dan Yusika Briliantama Mayang hadir sebagai broadcaster. Mereka menyuarakan informasi terkait strategi Taiwan dalam memanajemen penyebaran Covid-19. Sebagai negara yang berdekatan dengan Tiongkok, Taiwan sangat rentan terhadap penyebaran Covid-19.

Yusika menuturkan bahwa Pencapaian reputasi yang diperoleh Taiwan dalam menangani covid-19 patut di contoh oleh negara-negara lain, karena apa yang dilakukan oleh Taiwan telah mengeluarkan hasil. Salah satu strategiya dimana pemerintah Taiwan mengeluarkan kebijakan Travel Ban bagi orang-orang yang datang dari China. Penanganan covid-19 tidak hanya dilakukan secara eksternal namun, pengamanan juga dilakukan secara internal.

Sebelum permintaan masker meroket, pemerintah sudah menyetok persediaan masker, dan melarang pengeksporan masker ke luar negeri. Hal ini dilakukan pemerintah Taiwan agar ketika virus benar-benar menyebar masyarakat tidak kesulitan mencari masker sebagai alat pelindung utama.

Diakhir Broadcast, Chandha menyimpulkan bahwa strategi tersebut dapat dijadikan sebagai kaca perbandingan kebijakan bagi negara lain yang tengah berjuang menanggulangi penyebaran Covid-19. Meski begitu, tidak lupa dikatakan bahwa dari segala kebijakan Taiwan juga memiliki dampak tersendiri terutama perekonomiannya karena melaksanakan kebijakan Travel Ban.

Broadcast akan diselenggarakan kembali pada hari Sabtu. Waktu yang dipilih yaitu sore hari, ketika mayoritas Mahasiswi Darussalam Gontor sedang beristirahat dan melakukan kegiatan yang santai setelah beraktifitas dari pagi. Diharapkan melalui broadcast ini, mahasiswi yang menjalani keseharian di dalam pondok, tetap senantiasa update berita-berita terbaru di dunia luar sana.

Penulis: Publication of Janissary Program 2020

5 comments

  1. Your style is so unique compared to other people I’ve read stuff from. Thank you for posting when you’ve got the opportunity, Guess I’ll just bookmark this page.|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *