Kegiatan Pengganti Magang: Janassary Program 2020

Kegiatan Pengganti Magang : Janissary Program 2020

 

Hari Rabu (9/9/2020) Mahasiswi Semester 7 Program Studi Hubungan Intenasional Universitas Darussalam Gontor berkumpul untuk melaksanakan pembukaan kegiatan magang. Acara ini dilaksanakan pukul 08.00 di Aula Laboratorium Ilmu Kesehatan Lantai 3, dan dihadiri oleh tiga dosen hubungan internasional melaui zoom platform. Ketiga dosen tersebut yaitu Al-Ustadz Fadhlan Nur Hakiem, Al-Ustadzah Ida Susilowati, dan Al-Ustadzah Dini Septyana Rahayu. Pembukaan diresmikan oleh Ketua Program Studi Hubungan Internasional, Al-Ustadz Fadhlan Nur Hakiem, M.Si.. m

An Extraordinary Program

Kegiatan Magang tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Semester ini mahasiswi Universitas Darussalam tidak diperkenankan melakukan kegiatan diluar kampus karena pandemi. Maka kegiatan magang tidak bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, kegiatan magang Mahasiswi Hubungan Internasional dialihkan menjadi kegiatan lain di dalam kampus. Kegiatan alternatif magang ini dinamai “Yanissary Program”, yaitu kumpulan kegiatan dan program kerja yang bertujuan mendukung dan memajukan program studi Hubungan Internasional terutama di Kampus Mantingan.

Dalam acara ini, para dosen memberikan pesan-pesan penting sebagai bekal bagi para peserta kegiatan. Al-Ustadz Fadhlan menyampaikan bahwa magang menjadi salah satu kegiatan yang mampu mengasah kemampuan non-akademis. 10 skill yang dapat diperoleh dari kegiatan luar kelas yaitu: Complex problem solving, Critical thinking, Creativity, People management, Coordinating with others, Emotional intelligent, Judgment and decision making, Service orientation, Negotiation, dan Cognitive Flexibility. Skills tersebut sangat penting sebagai bekal menuju dunia kerja, maka setelah menjalankan program ini, mahasiswi diharapkan mampu belajar dan menguasai 10 skill tersebut.

Pesan selanjutnya disampaikan oleh Al-Ustadzah Ida. Beliau berpesan mahasiswi perlu menciptakan kesadaran untuk saling mengingatkan satu sama lain. Selain itu, mahasiswa perlu berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk setiap acara. Miss Dini juga berpesan, meski kegiatan berada di instansi sendiri, namun etika tetap harus diperhatikan. Kegiatan dijalani tidak hanya sekedar untuk menuntaskan kewajiban, namun untuk belajar bertanggung jawab dalam mengemban amanah. Miss Dini juga mengingatkan tentang pentingnya tertib dalam administrasi dan laporan kegiatan agar tidak kesulitan di akhir kegiatan.

Pengarahan Program Pengganti Magang oleh Al-Ustadz Mohamad Latief
Pengarahan Program Pengganti Magang oleh Al-Ustadz Mohamad Latief
Kunci Sukses: Aktif dan Semangat

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pertemuan mahasiswi dengan Al-Ustadz Mohamad Latief, dosen sekaligus Wakil Dekan Fakultas Humaniora. Miavania dan Sarah Jasmine sebagai ketua kegiatan, mewakili seluruh peserta kegiatan mempresentasikan program kerja kegiatan pengganti magang ini. Kegiatan ini terdiri dari 5 divisi yaitu Divisi Keilmuan dan Bahasa, Divisi Laboratorium, Divisi Arsip dan Publikasi, Divisi Olahraga dan Kesehatan, serta Divisi Spiritual. Masing-masing divisi memiliki program kerja, yaitu kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswi Universitas Darussalam, terutama mahasiswi Hubungan Internasional. Seluruh kegiatan melibatkan koordinasi dan Kerjasama dengan dosen, selaku pembinging kegiatan.

Al-Ustadz Latief sangat mengapresiasi kegiatan ini. Meski magang tahun ini berbeda, namun beliau berpesan jangan sampai semangat mahasiswi mengendur. Tidak boleh ada waktu kosong. Kegiatan harus terus berjalan, bergantian dari satu kegiatan menuju kegiatan yang lain. Seperti dalam motto pondok: تحركْ فإن في الحركة بركة . Barakah artinya ziyaadatu-l-khair, atau kebaikan yang terus bertambah. Artinya, dengan adanya kegiatan pengganti magang, adalah wujud upaya mahasiswi untuk senantiasa aktif dalam kegiatan demi meraih kebaikan yang  terus mengalir.

Setelah peresmian kegiatan ini, diharapkan kegiatan pengganti magang atau Janassary Program dapat berjalan dengan lancar. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswi Hubungan Internasional, khususnya peserta kegiatan yaitu Mahasiswi Semester 7. Harapan kami, semoga kegiatan ini dapat menjadi bagian dari dinamika Program Studi Hl yang akan mengantarkan Program Studi HI menjadi program studi unggul dan aktif di Univeristas Darussalam Gontor Kampus Mantingan.

Penulis: Publication of Janassary Program

7 comments

  1. Just wish to say your article is as astounding. The clearness to your post is simply great and i could think you are an expert in this subject. Fine along with your permission allow me to seize your RSS feed to keep up to date with coming near near post. Thank you a million and please carry on the enjoyable work.|

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *