Mengasah Kemahiran Berbahasa Arab dengan Eat Bulaga Games, Kenapa Tidak?

Disamping banyaknya dinamika aktivitas selama sepekan, mahasiswa pun memerlukan hiburan dalam rangka menyegarkan kembali pikiran. Maka dari itu, pada Ahad (09/07)  Cluster Magang Reinforcement Program dalam kerjasamanya dengan Generasi Baru Indonesia (GenBi) mengadakan Darussalam Bulaga Games. Agenda yang berlangsung di taman tengah Gedung Terpadu ini terinspirasi dari acara televisi yaitu Eatbulaga. Tidak hanya sebagai hiburan, permainan ini juga diramu sedemikian rupa agar tetap memiliki unsur edukatif. Salah satunya adalah dengan menggunakan Bahasa Arab dalam memainkan games ini.

Darussalam Bulaga Games dibagi menjadi dua sub-acara. Yang pertama adalah kuis cerdas cermat dimana para peserta dibagi menjadi lima kelompok. Kemudian masing-masing kelompok mendapatkan giliran untuk menjawab pertanyaan kuis. Para peserta harus menjawab pertanyaan mengenai pengetahuan umum dalam Bahasa Arab. Disamping itu, mereka juga dituntut untuk menebak gambar dari beberapa tokoh dan menjelaskan siapa, ataupun apa peran figur dalam foto tersebut. Kelompok yang paling banyak menjawab maka akan mendapatkan poin lebih banyak.

Sean dan Jalal selaku panitia serta pemberi pertanyaan kuis

Untuk acara kedua yaitu tebak gambar yang tidak kalah meriah. Sama seperti kuis, para peserta dibagi menjadi lima kelompok dimana nantinya setiap kelompok akan mengirimkan perwakilannya untuk memperagakan maupun menjelaskan gambar yang ditunjukan kepada mereka. Tentunya, proses memperagakan ataupun menjelaskan gambar tersebut harus menggunakan bahasa Arab. Kelompok yang paling banyak menjawabakan mendapatkan banyak poin sama dengan sistematika kuis.

Para peserta  turut terhibur dengan aksi teman-teman mereka yang melakukan peragaan maupun menjelaskannya gambar. Begitupula dengan kuis cerdas cermat meskipun mengalami sedikit kendala untuk menjawab dalam Bahasa Arab. Namun ada saja tingkah lucu dari peserta yang mencoba menjawab pertanyaan dari kuis. Walaupun berbentuk game, setiap peserta acara ini berhak mendapatkan sertifikat yang tentunya sangat berguna untuk menunjang nilai non-akademik mereka.

Tingkah lucu Arif Rahmatullahi dalam memperagakan dan menjelaskan gambar kepada kelompoknya

Selama berlangsungnya permainan, para peserta juga mendapatkan camilan demi penambah kemeriahan acara. Permainan ini diikuti oleh semua kalangan civitas akademika UNIDA Gontor. Mulai dari Mahasiswa Program matrikulasi bahasa sampai dengan Presiden Dewan Mahasiswa. Protokol kesehatan pun tetap ditegakkan dengan mewajibkan panitia maupun peserta untuk membawa masker, menjaga jarak dan kebersihan.

Reyhan

 

9 comments

  1. Hmm it looks like your website ate my first comment (it was super long) so I guess I’ll just sum it up what I had written and say, I’m thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing. Do you have any tips and hints for rookie blog writers? I’d really appreciate it.|

  2. Normally I don’t read post on blogs, however I wish to say that this write-up very compelled me to take a look at and do so! Your writing taste has been surprised me. Thanks, very nice post. Click link here

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *