Darussalam MUN 2020 UNIDA

Simulasi Sidang PBB Perdana dengan Dua Bahasa di Universitas Darussalam Gontor

Siman- Sabtu, 14 Maret Program Studi Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor mengadakan Simulasi Sidang PBB untuk yang pertama kalinya sepanjang sejarah berdirinya HI UNIDA. Kegiatan ini diberi nama Darussalam Model United Nations.

Jika pada umumnya penyelenggaraan Model United Nations menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, maka HI UNIDA Gontor tampil sedikit berbeda. Darussalam Model United Nations memakai dua bahasa asing sekaligus, Arab dan Inggris, selama acara ini berlangsung. Simulasi sidang PBB ini memberikan gambaran kepada mahasiswa atau pelajar bagaimana situasi dan etika menjadi seorang diplomat ketika mengikuti sidang PBB mewakili negaranya.

Darussalam Model United Nations With Bilingual Language
Darussalam Model United Nations With Bilingual Language

Darussalam Model United Nation di Universitas Darussalam Gontor

Kegiatan ini dihadiri oleh para mahasiswa lintas universitas, seperti Universitas Airlangga Surabaya, UIN Jakarta dan SMA Insan Cendikia

DMUN (Darussalam Model United Nations) adalah acara simulasi sidang PBB dengan para Mahasiswa atau pelajar akan belajar menjadi seorang diplomat yang bertugas menjadi delegasi/representatif dari setiap negara. Tujuan dari acara ini adalah melatih skill atau kemampuan setiap peserta dalam hal diplomat, berdiskusi, berdebat dan membuat sebuah draft resmi sebuah negara.

Selanjutnya, visi dari acara ini adalah untuk memberdayakan kaum muda di seluruh dunia tentang berdiplomasi, negosiasi dan memecahkan masalah global. Melatih kemampuan berdiplomat adalah sebuah kewajiban untuk setiap mahasiswa Hubungan Internasional untuk mengadakan kerjasama atau menyelesaikan masalah kepada negara lain yang berupa sebuah negosiasi ataupun memecahkan masalah bersama.

Tujuan Acara Darussalam MUN

Acara dengan memberdayakan para pelajar dan mahasiswa dapat dilakukan dengan meningkatkan jejaring global para mahasiswa atau pelajar. Sepanjang Acara Darussalam MUN, peserta akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan jaringan global dengan menghadiri konferensi dan terlibat dalam diskusi tentang topik di setiap dewan. Peserta pun akan mendapatkan kesempatan untuk menikmati dan mengunjungi tempat-tempat wisata di Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo.

Darussalam MUN ini adalah acara MUN perdana yang di selenggarakan di UNIDA. Dengan berbagai kekurangannya, unida mencoba untuk mengajak para pelajar dan mahasiswa dalam memberikan perannya untuk bangsa yaitu dengan memberikan opini dan gagasan untuk negara yang lebih baik lagi di kaca mata internasional.

Darussalam MUN 2020 UNIDA
Darussalam MUN 2020 UNIDA

Model United Nations yang menggunakan dua Bahasa

Yang membuat acara Darussalam MUN berbeda dengan MUN yang lainnya adalah penggunaan dua Bahasa yaitu Bahasa inggris dan Bahasa arab. Kali ini Darussalam MUN membuat sebuah terobosan yang berbeda dengan MUN pada dasarnya yaitu menggunakan dua bahasa. Karena biasanya MUN yang diadakan di Universitas lain adalah mengguanakan Bahasa inggris full. Dengan kata lain Darussalam MUN adalah langkah pertama bagi Indonesia khususnya UNIDA untuk meningkatkan nilai diplomasi dengan Bahasa arab juga.

Dalam simulasi sidang PBB ini, mahasiswa atau pelajar dari seluruh instansi yang ikut serta sebagai peserta disebut dengan delegasi. Para delegasi tersebut nantinya akan mewakili negara-negara tertentu dan seolah-seolah menjabat sebagai salah satu staf council atau dewan PBB. Selama acara berlangsung, delegasi akan diberikan sebuah isu internasional.

Darussalam Model United Nations With Bilingual Language
Darussalam Model United Nations With Bilingual Language

kemudian bersama-sama bertukar pikiran mengenai bagaimana isu tersebut akan diselesaikan dengan baik. Tak hanya pengalaman bertukar pikiran, delegasi juga berkompetisi baik dalam tim maupun individu untuk mendapat awards atau penghargaan-penghargaan tertentu dalam sidang MUN tersebut. Salah satu penghargaan yang dapat diperebutkan delegasi adalah diplomacy awards atau penghargaan diplomasi yang akan diberikan kepada delegasi dengan kemampuan berdiplomasi terbaik.

Generasi mahasiswa sekarang yang nantinya dituntut untuk memajukan bangsa Indonesia dari segala sektor tentu sebaiknya bisa ikut andil dalam simulasi sidang PBB ini. Apalagi, jika delegasi dari Indonesia dapat meraih penghargaan-penghargaan, semakin menunjukkan eksistensi negara berkembang ini di dunia internasional. Namun dapat berpartisipasi dalam ajang model united nation tentu memberi dampak besar bagi para mahasiswa serta lingkungannya. Selain pengalaman, mahasiswa juga dapat semakin sadar akan isu-isu internasional terhangat. dengan harapan dapat berkontribusi secara nyata untuk memberi solusi cerdas atas isu-isu tersebut.

Rentetan acara Darussalam MUN

Rentetan acara Darussalam MUN pada dasarnya seperti MUN yang lainnya yaitu MUN 101 atau Zero Conference. Kemudian dengan 4 Committee Session dan Gala Dinner. Darussalam MUN perdana ini mengusung tema “States’ Response Towards The Challenges of Global Migration”. DMUN ini mengundang chair dari UNAIR sebanyak 2 orang yaitu Demas Nauvarian dan Eksanti Haryo Putri W dan 1 chair dari dalam UNIDA yaitu Daffa Fadhullah.

Darussalam Model United Nations With Bilingual Language
Darussalam Model United Nations With Bilingual Language

Darussalam MUN ini di mulai dengan acara pembukaan di Lobi Gedung Terpadu UNIDA yang di hadiri langsung oleh Wakil Rektor 1 Al-Ustadz Hamid Fahmi Zarkasy, Dekan Fakultas Humaniora Al-Ustadz KH. Dr. Ahmad Hidayatullah Zarkashy, M.A dan Kaprodi Hubungan Internasional Al-Ustadz Dr. Mohamad Latief, M.A memberikan beberapa pengarahan dan nasihan agar acara berjalan dengan lancar.

Kemudian Acara berlanjut ke MUN 101 atau Zero Conference di Hall Senat. MUN 101 adalah semacam pengenalan para chair kepada setiap delegasi tentang sistemasi pelaksanaan Darussalam MUN. Dari mulai cara menyampaikan Motion sampai membuat Working paper saat Committee Session dan di akhir adalah membuat kesimpulan dalam sebuah Draft Resolution di setiap blok negara.

Acara ini di Akhiri dengan Gala Dinner  yang di hadiri oleh Wakil rector 2 Al-Ustadz Setiawan Bin Lahuri. Kemudian pemberian Award bagi Pelajar atau mahasiswa yang berprestasi dalam rangkaian Darussalam MUN.

 

15 thoughts on “Simulasi Sidang PBB Perdana dengan Dua Bahasa di Universitas Darussalam Gontor”

  1. Ping-balik: best otc ed pills
  2. Ping-balik: generic sildenafil
  3. Ping-balik: koi cbd
  4. Ping-balik: cbd
  5. What i don’t understood is if truth be told how you are now not actually much more well-preferred than you may be right now. You are so intelligent. You realize thus significantly when it comes to this subject, made me personally imagine it from numerous various angles. Its like men and women aren’t involved except it is one thing to do with Lady gaga! Your individual stuffs nice. At all times handle it up!

  6. Ping-balik: levitra vs viagra
  7. Hey there would you mind stating which blog platform you’re working with? I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a difficult time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal. The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I’m looking for something unique. P.S Sorry for getting off-topic but I had to ask!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *