SIT (School For International Training) Lanjutkan Kunjungan ke UNIDA Gontor Kampus Putra

Setelah rampung mengunjungi dan menimba ilmu di UNIDA Gontor Kampus Putri, para pelajar Amerika yang tergabung dalam program School for International Training (SIT) melanjutkan lawatannya ke Kampus Putra. Bagi UNIDA Gontor, hal ini tentunya dijadikan sebuah momentum untuk memperluas frekuensi dengan dunia Internasional, memfasilitasi para mahasiswa dalam membentuk karakter leadership, menambah wawasan internasional, dan juga meningkatkan skill berbahasa asing.

Tentunya, ini bukan kali pertama SIT menjadikan UNIDA Gontor sebagai salah satu destinasi program mereka. Namun, tahun 2020 menjadi lawatan ke delapan bagi SIT dalam mengadakan kunjungan ke UNIDA Gontor. UNIDA Gontor dijadikan salah satu key partner program SIT, khususnya untuk mengenalkan para mahasiswa Amerika tentang Islam, pesantren, sejarah, budaya, dan bahasa Indonesia.

Apa SIT itu?

SIT adalah salah satu program internasional yang ditawarkan kepada seluruh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kampus di Amerika Serikat. Ini adalah program musim panas bagi mahasiswa S1 Amerika yang menawarkan kunjungan ke Afrika, Asia, Eropa, Amerika Latin atau Timur Tengah. Program ini memberikan pengalaman berharga kepada para mahasiswa Amerika. Salah satunya dengan tinggal membaur dengan penduduk lokal di salah satu negara dari kawasan yang telah disebutkan di atas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenal dan menganalisis isu-isu global dari berbagai belahan dunia.

SIT berusaha menjadi jembatan pada arus globalisasi, salah satunya dengan mengenalkan para peserta tentang bahasa, sejarah, budaya, sosial, dan agama setiap negara tujuan. Bahkan, SIT juga  menyasar isu-isu global yang saat ini santer untuk dibicarakan. Indonesia sendiri merupakan salah satu destinasi dari program unggulan di negeri Paman Sam ini. Hal ini sangat masuk di akal mengingaat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dengan berbagai macam suku dan budaya yang tentunya sangat menarik untuk diketahui.

SIT Unida Gontor
SIT Unida Gontor

Kegiatan SIT di UNIDA gontor

Selasa sore 26 Februari 2020, para serta SIT yang dipimpin langsung oleh direktur SIT Indonesia. Ibu Ni Wayan Ariati Pasek, Phd- atau lebih akrab disapa Bu Ary tiba di kampus pusat Universitas Darussalam Gontor. Kedatangan mereka disambut hangat para segenap civitas akademika Universitas Darussalam Gontor, khususnya para panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini sejak lama.

SIT (School For International Training) menyapa UNIDA Bukan tanpa alasan UNIDA Gontor menjadi salah satu destinasi program yang mereka jadwalkan. Hal ini dikarenakan Universitas Darussalam Gontor merupakan salah satu kampus atau universitas berbasis pesantren yang kental dan kuat akan kultur keislamannya yang moderat.

Penampilan Budaya Khas Ponorogo, Reyog Ponorogo

Bukan Universitas Darussalam Gontor Ponorogo namanya, jika tidak menampilkan kebudayaan khas Ponorogo yang sudah melalang buana akan kemasyhurannya di seantero dunia, yaitu Reyog Ponorogo. Tarian kebudayaan yang sarat akan historis ini menjadi salah satu penampilan ikonik yang tidak pernah ketinggalan untuk ditampilkan dalam penyambutan tamu dari luar daerah Ponorogo tentunya. Tepatnya di depan Lobi Utama Gedung terpadu UNIDA Gontor, disuguhkanlah tarian Reyog Ponorogo kepada para peserta SIT.

SIT UNIDA Gontor
SIT UNIDA Gontor

Penampilan yang begitu atraktif dengan diiringi suara music gamelan yang khas membuat estestika setiap tarian yang tampilkan semakin terasa. Hal tersebut tentunya membuat decak kagum para peserta yang melihatnya seolah tak sabar lagi untuk turut mecobanya. Terlihat bagaimana para warok dengan gagah menampilkan tarian ksatianya. Diikuti dengan atraksi-atraksi para bujang ganong yang begitu luwes memainkan perannya, tentunya juga gerak langkah klono sewandono kesana-kemari dengan menunjukkan kewibawaannya.

Yang tidak kalah menarik adalah penampilan barongan atau singo barong dengan dadak meraknya yang besar dan berat. Konon katanya tidak semua orang mampu mengangkatnya karena bobotnya yang mencapai 60 kg lebih. Dan uniknya diangkat dengan mengandalkan kekuatan gigi dan rahang saja. Setelah penampilan usai, para peserta diajak untuk belajar langsung  mengikuti gerakan tarian reyog dan menjajal singo barong dengan dadak merak yang sangat berat itu.

Tak berakhir disatu penampilan, mahasiswa-mahasiswa Amerika Serikat juga diajak berinteraksi langsung melalui olahraga.  Panahan atau archery, sebagai salah satu olahraga yang menjadi sunnah Rasulullah. Para peserta Bersama UKM Archeri UNIDA terlihat begitu antusias mencoba melepaskan anak panah melalui busurnya.  Tidak jarang anak panah yang meleset jauh tidak mengenai targetnya.

SIT UNIDA Gontor
SIT UNIDA Gontor

Belajar Kaligrafi Bersama Mahasiswa SIT

SIT UNIDA Gontor
SIT UNIDA Gontor

Para peserta juga berkesempatan belajar untuk menulis kaligrafi bertuliskan abjad arab yang dibimbing langsung oleh para khattath UNIDA (ahli kaligrafi). Mereka belajar berbagai macam varian tulisan arab seperti Khat Diwani, Naskhi, Riq’ah dan lainnya. Mereka juga diminta untuk mencoba untuk membubuhkan nama mereka yang tentunya menggunakan abjad arab. Harapannya, penampilan yang dihadirkan UNIDA Gontor akan menjadi pengalaman serta pelajaran berharga bagi mahasiswa Amerika yang mengikuti program ini.

5 thoughts on “SIT (School For International Training) Lanjutkan Kunjungan ke UNIDA Gontor Kampus Putra”

  1. I think this is among the most vital info for me. And i’m glad reading your article. But should remark on some general things, The site style is wonderful, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *