Kantor Imigrasi Yogyakarta

Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Belajar di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta

Yogyakarta- Kamis 6 Februari, segenap mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor mengunjungi Kantor Imigrasi kelas 1 yang terletak di Kota Yogyakarta. Acara studi akademik ini diadakan guna menambah pengetahuan dan wawasan segenap civitas akademika HI UNIDA Gontor. Kantor Imigrasi merupakan salah satu dari 3 instansi yang dituju mahasiswa Hubungan Internasional UNIDA Gontor untuk Studi Akademik tahun 2019.

Tepat pukul 08.00 WIB pagi, rombongan sampai di tempat dan mendapat sambutan hangat dari para pegawai dan staf di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta. Para mahasiswa langsung diarahkan untuk berkumpul di salah satu meeting room untuk audiensi.

Sesaimpainya di kantor imigrasi, para rombongan disambut hangat oleh pak Yusuf Umar Dhani selaku ketua kantor imigrasi kelas 1 TPI Yogyakarta. Sambil berbincang hangat, para mahasiswa diarahkan untuk memasuki ruangan khusus yang telah disiapkan oleh rekan Pak Yusuf untuk melaksanakan kuliah umum tentang keimigrasian.

Kantor Imigrasi Yogyakarta
Kantor Imigrasi Yogyakarta

Audiensi dimulai dengan sambutan dari Al-Ustadz Ali Musa Harahap, M.H.S selaku pembimbing Studi Akademik dan dilanjutkan sambutan oleh Bp. Yusuf Umar Dani selaku Kepala Kantor Imigrasi. Acara kemudian dipandu oleh 3 analis muda bidang keimigrasian Bu Rini, Bu Tri Widyawati, dan Bu Sintya.

Tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mengetahui peran kantor imigrasi sebagai lembaga yang berhak memberikan dokumen perjalanan ke/dari Indonesia, izin berangkat, dan izin kembali.

Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat mengetahui berbagai syarat dan pertimbangan staf imigrasi dalam mengeluarkan paspor untuk masyarakat Indonesia sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Tentunya ilmu-ilmu ini sangat berkaitan erat dengan pelajaran Bisnis dan Keamanan Internasional yang akan ditempuh mahasiswa pada semester berikutnya.

Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta

Kantor Imgirasi kelas 1 TPI Yogyakarta merupakan badan pengurus pemerintah yang salah satunya mengurusi keluar masuknya warga negara asing yang datang ke Indonesia. Sesuai dengan Undang undang no 6 tahun 2011 yang isinya tentang hal ikhwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga kedaulatan republik Indonesia.

Kantor Imigrasi Yogyakarta berdiri pada tanggal 01 April 1974. Semula kantor imigrasi Yogyakarta ini bernama “Kantor Imigrasi Kelas II Yogyakarta. Pada tanggal 19 Agustus 2004, kantor imigrasi kelas II Yogyakarta berubah nama menjadi Kantor Imigrasi kelas I Yogyakarta sesuai dengan keputusan Menteri Kehakiman RI No. M.05.07.04.2004.

Badan Pengelola Imigrasi mempunyai beberapa tugas dan fungsi yang diantaranya adalah :

  1. Melaksanakan tugas keimigrasian di bidang teknologi informasi dan komunikasi kemigrasian
  2. Melaksanakan tugas keimigrasian di bidang lalu lintas keimigrasian
  3. Melaksanakan tugas keimigrasian di bidang ijin tinggal dan status kimigrasian
  4. Melaksanakan tugas keimigrasian di bidang intelejen dan penindakan keimigrasian
  5. Melaksanakan tugas fasilitatif bidang tata usaha
  6. Membuat paspor untuk ke luar negeri

Penerbitan Paspor dari Kantor Imigrasi

Paspor adalah tanda pengenal yang wajib dimiliki setiap orang tanpa terkecuali ketika hendak bepergian ke luar negeri. Alasan seseorang dalam membuat paspor bisa bermacam-macam, seperti untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, bekerja, ibadah haji/umrah, ataupun hanya sekedar liburan.

Bu Rini, dalam sesinya menjelaskan ‘keimigrasian’ dalam UU no. 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian sebagai hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya. Melalui kantor imigrasi ini, masyarakat baik dari lokal maupun internasional mendapat fasilitas pelayanan seperti pembuatan paspor, kitas, dan lain sebagainya. Selain itu, imigrasi juga mengurusi pengawasan masyarakat asing yang tinggal di dalam negeri, maupun masyarakat Indonesia yang tinggal diluar negeri.

Adanya instansi ini memiliki beberapa tugas dan fungsi sendiri. Antara lain sebagai aparatur pelayanan masyarakat, sebagai pengawas dan penegakan hukum, dan sebagai fasilitator ekonomi nasional.

Kantor yang beralamat di Jl. Solo km. 10 ini mempunyai 5 wilayah kerja yaitu;

  1. Kota Madya Yogyakarta
  2. Kabupaten Sleman
  3. Kabupaten Bantul
  4. Kabupaten Gunung Kidul
  5. Kabupaten Kulon Progo

Setelah mendapatkan beberapa penjelasan tentang keimigrasian oleh Bu Rini, Bu Tri Widyawati, dan Bu Sintya, para mahasiswa pun diajak untuk berkeliling sekitar area perkantoran, dimulai dari ruangan pendaftaran hingga ruangan interview dan foto. Sembari berkeliling, kami diberi penjelasan lebih detail  tentang proses pembuatan paspor dan perpanjangannya.

Sesi Terakhir Berkeliling Kantor Imigrasi

Setelah asyik berkeliling kantor imigrasi, akhirnya tiba di sesi terakhir yaitu kesimpulan tentang peran keimigrasian bagi sistem pemerintahan di Indonesia. Perfotoan bersama menjadi sesi yang mengakhiri perjumpaan di Kantor Imigrasi. Para rombongan selanjutnya melanjutkan ke destinasi berikutnya.
(Jahhid)

2 thoughts on “Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Belajar di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Yogyakarta”

  1. My coder is trying to convince me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs. But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on a number of websites for about a year and am worried about switching to another platform. I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress content into it? Any help would be really appreciated!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *