mantingan

Mahasiswi HI UNIDA Gontor Jadi Salah Satu Narasumber International Symposium

Sejumlah Mahasiswa dan Mahasiswi dari berbagai Universitas di Amerika kembali mengunjungi UNIDA Gontor kampus Putri Mantingan. Kedatangan mereka ke UNIDA Gontor ini merupakan salah satu kegiatan dalam Program School of International Training.

Program ini dibentuk untuk mengedukasi para perserta program terkait pendidikan, social budaya, dan keagamaan di Indonesia. Universitas Darussalam Gontor sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berbasis pesantren turut berkontribusi untuk memperkenalkan pendidikan berbasis Islam dan dari sudut pandang Islam.

Setelah melewati beberapa rangkaian acara selama kurang lebih 2 hari, sampailah program ini pada puncaknya. Adapun malam puncak dari kegiatan SIT di UNIDA Gontor kampus Putri ialah International Symposium pada Senin, 24 Februari 2020. International Symposium ini diselenggarakan di Aula Pascasarjana lantai 3. Acara ini dihadiri oleh seluruh perserta SIT serta sebagaian mahasiswi UNIDA Gontor yang mengirimkan essay-nya untuk syarat mengahadiri International Symposium.

Miavania, salah satu mahasiswi HI Semester 6 berkesempatan untuk menjadi narasumber dalam International Symposium kali ini. Acara ini mengangkat tema The Role of Women in Education and Socio-Economics. Miavania mengambil studi kasus Women’s Contribution for Economic Growth in Indonesia.

Peran Wanita Menurut Islam

Melalui acara ini, Mia mengawali presentasinya dengan menjelaskan peran wanita menurut Islam. Terdapat 3 peran penting wanita dalam islam, yaitu peran natural, peran domestic, dan peran social.

Pertama, peran natural atau natural duty ialah peran yang hanya bisa dilakukan oleh wanita yang bisa disebut kodrat wanita. Kodrat wanita ini seperti mengandung, melahirkan hingga menyusui dan mendidik anaknya.

Kedua, peran domestik atau domestic duty ialah peran seorang wanita sebagai istri dan orang tua. Di sini, Islam mengajarkan seorang istri untuk menaati seorang suami dalam mengamalkan ajaran Islam. Seorang istri boleh untuk tidak menaati suaminya hanya ketika sang suami melanggar ajaran Islam.

Ketiga, peran sosial atau social duty ialah peran di lingkungan sosial kemasyarakatan yang mencakup aktivitas ekonomi, social budaya, dan masyarakat itu sendiri. Jadi, wanita disini bebas beraktivitas untuk meningkatkan kualitasnya dengan syarat tidak meninggalkan dua peran, natural dan domestic.

Baca Juga:

Kunjungan 19 Mahasiswi Amerika ke UNIDA Gontor Kampus Putri dalam rangka School for International Training (SIT) 2020

Kiprah Wanita Indonesia

Di Indonesia, wanita tidak diberi batasan dalam beraktivitas, khususnya dibidang ekonomi, politik dan social budaya. Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya jumlah wanita Indonesia yang berkontribusi aktif dalam membangun Indonesia. Ada Ibu Megawati Soekarno Putri yang menjabat sebagai mantan Presiden ke-5 RI. Sherly Annavita, sebagai Influencer muda berbakat yang berpikir kritis juga ikut menghiasi panggung politik Indonesia. Selain itu, ada juga Elizabeth Diana, diplomat wanita yang merupakan alumni dari Gontor Putri.

Dalam bidang Ekonomi, ada juga peran dari pengusaha besar seperti Blue Bird Corporation untuk meningkatkan peran wanita di dunia kerja. PT. Blue Bird ini berhasil meluncurkan buku dengan judul Kartini Blue Bird: The Spirit of Emak-Emak. Selain itu, PT. Blue Bird juga membentuk program bernama Kartini Blue Bird (KBB). Program ini memberikan kesempatan kepada para wanita untuk memperoleh pelatihan dalam bidang tata-boga, menjahit, serta pendidikan untuk mengembankan bisnis.

Diharapkan dari acara ini bisa memotivasi para mahasiswi, khususnya mahasiswi HI untuk terus berprestasi. Berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik, seperti yang dilakukan oleh saudari Miavania. Kepercayaan diri dan penguasaan Bahasa Inggris yang dimiliki Miavania inilah yang mengantarkannya untuk menjadi narasumber dalam acara International Symposium.

Penulis: Darmelia dan Miavania

3 thoughts on “Mahasiswi HI UNIDA Gontor Jadi Salah Satu Narasumber International Symposium”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *