Pemasangan Backdrop di Panggung Utama

The Man Behind The Scene HI UNIDA Gontor

“Wisdom Speech” adalah kegiatan layaknya kuliah umum yang rutin diadakan prodi Hubungan Internasional UNIDA Gontor di setiap semester. Ini adalah salah satu acara yang selalu dinanti publik UNIDA atau bahkan para mahasiswa dari kampus lain karena narasumber yang diundang adalah para pakar yang telah memiliki berjuta pengalaman di bidangnya. Tak hanya berasal dari Indonesia, para keynote speaker juga berasal dari luar negeri seperti, Korea Selatan, Kroasia, hingga Pakistan.

Baca juga:

Seminar internasional mengenai kebijakan Kroasia dalam membawa misi perdamaian di negara Islam

Esensi Kegiatan

Acara ini diinisiasi dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa pada aspek internasional dari interaksi antar para aktor negara atau non-negara, seperti ekonomi, hukum, politik, sosial-budaya, hingga pertahanan dan keamanan. Setelah sukses mendatangkan seorang CEO di perusahaan digital, Ferri Jubair, pada 2019 lalu, kali ini di awal tahun 2020, HI UNIDA Gontor kembali mengadakan acara “Wisdom Speech” dengan menghadirkan mantan Dubes RI untuk Sudan, Drs. H. Burhanuddin Badruzzaman.

Baca juga:

Amati, Tiru, Modifikasi Jadi Rumus Sukses CEO Click Indonesia, Ferri Jubair

Tulisan ini sejatinya tidak akan membahas hal yang berkaitan dengan urgensi kegiatan, namun lebih dikhususkan untuk mengulik persiapan yang dilakukan oleh panitia dalam menyukseskan acara Wisdom Speech yang diselenggaraan esok hari, 02/02/2020.

Zero Mistake

Seperti yang kita ketahui, jika UNIDA Gontor memiliki sebuah acara besar, tentu hal tersebut tidak lepas dari ribuan apresiasi positif karena acara terlaksana dengan sangat lancar. Namun di balik kisah sukses tersebut, tahukah kita jika di sana terdapat puluhan, bahkan ratusan mahasiswa dan dosen yang dengan ikhlas bekerja siang dan malam? Semuanya saling bahu-membahu demi satu tujuan bersama, yaitu “zero mistake.”

 Operator Sound System
Operator Sound System
MC dan Moderator

Hal yang sama juga terjadi dalam acara Wisdom Speech kali ini. Semua divisi bekerja maksimal sesuai dengan tupoksinya, MC (Master of Ceremony) salah satu contohnya. Yang terlihat secara kasat mata, tugas MC hanyalah membacakan susunan acara. Namun, tentunya banyak yang tidak tahu jika seorang MC di prodi HI harus melalui keseluruhan dari rangkaian proses ini, yakni menulis susunan acara dalam bahasa Arab/Inggris, meminta review dosen, merevisi teks (jika ada kesalahan), latihan I, latihan II, gladi kotor, dan gladi bersih.

MC HI UNIDA Gontor
MC HI UNIDA Gontor

Tak kalah berat dari tugas MC, mahasiswa yang ditunjuk sebagai moderator harus melakukan persiapan yang kurang lebih sama dengan MC. Namun karena tugas moderator di atas panggung lebih fleksibel daripada MC, moderator hanya diminta untuk menuliskan keypoints terkait hal-hal yang akan disampaikan di atas panggung. Bahkan, guyonan yang akan dilontarkan di saat acara pun harus diketahui dan di-screening oleh para reviewer agar sesuai dengan alam pendidikan UNIDA Gontor.

Moderator HI UNIDA Gontor
Moderator HI UNIDA Gontor
Orang-Orang di balik Layar

The man behind the scene atau orang-orang di balik layar juga memiliki peranan yang sangat krusial. Untuk mencapai acara yang “zero mistake,” orang-orang ini bekerja dengan penuh kecermatan dalam memasang banner, menyiapkan hiasan, mengecek sound system, mengatur tata letak kursi, mengirim undangan, menyebar flyer, mengecek screen, menjemput narasumber, mempersiapkan jamuan dan penginapannya, menyambut tamu, dan ratusan pekerjaan lain yang membutuhkan ketelitian.

Pemasangan Banner di depan Masjid UNIDA Gontor
Pemasangan Banner di depan Masjid UNIDA Gontor

Berat? Bisa jadi. Tapi inilah yang membedakan UNIDA Gontor dengan kampus-kampus lain. Di kampus pesantren ini, pendidikan tidak hanya dapat diperoleh di ruang kelas saja. Melalui kegiatan yang telah disusun sedemikian rupa, UNIDA Gontor ingin memastikan jika segala hal yang ada di kampus ini adalah pendidikan. Adapun salah satu contoh riil pendidikan di luar perkuliahan itu sendiri adalah dengan penugasan dan pemberian tanggung jawab di acara Wisdom Speech ini.

Pen: Haekal & Wildi

2 thoughts on “The Man Behind The Scene HI UNIDA Gontor”

  1. Great to end up going to your weblog once more, it has been a very long time for me. Pleasantly this article I’ve been sat tight for so long. I will require this post to add up to my task in the school, and it has identical subject together with your review. Much appreciated, great offer.

    Visit here to my web:: 토토사이트추천

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *