Ikuti Queen of Languange Perdana, 2 Mahasiswi HI UNIDA Putri Lolos ke Babak Grand Final

Al-Lughoh Taaj Al-Ma’had (bahasa adalah mahkota pondok) merupakan semboyan yang sudah melekat  lama di urat nadi penghuni Gontor. Keterampilan berbahasa sudah ditanamkan dari masa menjadi santri saat berada dalam lingkunngan pendidikan Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Para santri ditempah sedemikian rupa untuk bisa berbahasa asing, khususnya Arab dan Inggris. Walaupun kini sudah naik levelnya menjadi mahasantri, kebiasaan berbahasa asing seolah sudah mendarah daging bagi kebanyakan alumni.

Bahasa adalah Bekal Mahasiswi UNIDA Gontor

Bekal yang didapatkan dari Gontor sangat berharga bagi semua yang telah mengenyam pendidikan di dalamnya. Bahkan, hal tersebut juga kian relevan ketika menjadi mahasiswi di perguruan tinggi di mana kebanyakan literatur perlu dipahami dengan bahasa asing.

Dengan adanya kegiatan seperti Queen of Language, tentunya dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswi UNIDA Gontor untuk tetap mempertahankan bekal tersebut. Seolah tidak ada alasan untuk meninggalkan budaya berbahasa, para mahasiswi tetap eksis dengan habit tersebut.

Queen of Language Competition 2020

Tahun ini merupakan tahun yang banyak pergerakan baru di UNIDA Gontor Kampus Putri. Perlombaan demi perlombaan hadir menjadi wadah untuk mengakomodasi minat dan bakat mahasiswi. Salah satunya adalah dengan diadakannya perlombaan Queen of Language 2020 yang juga merupakan perlombaan bahasa perdana di kampus pesantren ini.

Queen of Language merupakan sarana tepat bagi para mahasiswi dengan kapabilitas linguistik untuk menyalurkan bakatnya. Serangkaian perlombaan diselenggarakan dengan aspek-aspek berbahasa, yaitu reading, listening, writing, dan speaking.

Alur Perlombaan

Berani bersaing dan pantang menyerah merupakan etos yang harus ditunjukkan saat mengikuti lomba. Di putaran pertama, perlombaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswi UNIDA dari semester 2 dan 4. Mengingat seluruh peserta begitu gigih dan berjuang dengan maksimal, persaingan di antara peserta nampak begitu sengit.

Setelah melalui proses seleksi yang panjang, terpilihlah 20 besar peserta lomba yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Tes berbasis reading diadakan untuk menyeleksi para peserta di babak ketiga. Babak ketiga ini akhirnya menggugurkan 10 peserta dan menyisakan 10 yang lain yang berhak lolos di level selanjutnya.

Pada sesi selanjutnya, peserta lomba dihadapkan dengan broadcast listening dari program luar negeri dan disusul dengan summary taking.  Adapun selanjutnya, para peserta yang tersisa diharuskan menjadi broadcaster untuk tema yang telah ditentukan.

Melaju hingga Grand Final

Sesi grand final menyuguhkan pertunjukan yang sangat menarik karena semuanya ingin menjadi yang terbaik. Babak grand final ini hanya diikuti oleh 5 peserta saja. Namun, keluarga besar Hubungan Internasional patut berbangga. Pasalnya, 2 dari 5 peserta yang berjuang dalam sesi akhir ini berasal dari prodi Hubungan Internasional UNIDA Putri. Alhamdulillah!

Adapun dua mahasiswi tersebut adalah Nabila Thyra Janitra dari semester 4 dan Rifda Qothrunnada dari semester 2. Hasil yang membanggakan dari dua mahasiswi ini membuktikan usaha dan do’a berbanding lurus dengan hasil akhir. Semoga kelak akan muncul mahasiswi-mahasiswi HI lain yang berprestasi dan membanggakan.

Ed: Wildi Adila

5 thoughts on “Ikuti Queen of Languange Perdana, 2 Mahasiswi HI UNIDA Putri Lolos ke Babak Grand Final”

  1. certainly like your website but you need to test the spelling on quite a few of your posts. Several of them are rife with spelling problems and I in finding it very troublesome to tell the reality then again I?¦ll definitely come again again.

  2. Woah! I’m really loving the template/theme of
    this site. It’s simple, yet effective. A lot of times
    it’s hard to get that “perfect balance” between superb
    usability and visual appeal. I must say you have
    done a very good job with this. In addition, the blog loads very fast for me
    on Firefox. Exceptional Blog!

  3. Great to end up going to your weblog once more, it has been a very long time for me. Pleasantly this article I’ve been sat tight for so long. I will require this post to add up to my task in the school, and it has identical subject together with your review. Much appreciated, great offer.

    Visit here to my web:: 토토사이트추천

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *