Diplomacy Battle Ala Mahasiswa HI UNIDA Gontor

Rabu (29/01/2020), Prodi Hubungan Internasional sukses menggelar Diplomacy Battle, sebuah acara yang mana belum pernah diadakan sebelumnya. Kegiatan ini adalah pengembangan matakuliah Diplomasi yang diampu oleh Ust. Belly Rahmon, M.A., dan Usth. Novi Rizka Amalia, M.A. Jika biasanya perkuliahan tersekat dalam dimensi kelas, maka kali ini kuliah Diplomasi digelar di ruang publik di mana mahasiswa lain lintas prodi dapat menyaksikan dan berpartisipasi.

Tujuan

Diplomacy Battle adalah sebuah acara yang dilasanakan di luar pembelajaran kelas untuk merangsang pemahaman para mahasiswa. Inti dari kegiatan ini dimaksudkan untuk menginternalisasi dinamika matakuliah diplomasi dan mengaplikasikan konsep dan teori diplomasi ke dalam bentuk praktik.

Meskipun Diplomacy Battle ini hanya diperuntukkan untuk mahasiswa Hubungan Internasional semester 4, namun acara ini juga turut dimeriahkan oleh mahasiswa HI lintas semester dan bahkan mahasiswa lintas prodi. Menariknya, dosen pengampu di sini hanya berperan sebagai audience saja. Penanggung jawab, juri, dan dewan pertimbangan dalam perlombaan ini kesemuanya adalah dari mahasiswa.

baca juga:

Unida dan Perannya dalam Diplomasi Budaya

Dua Sesi

Diplomacy Battle yang diadakan di lobby lantai I Gedung Terpadu UNIDA Gontor terbagi menjadi dua sesi, yaitu cerdas cermat dan role play. Dalam cerdas cermat, mahasiswa diberikan beberapa pertanyaan wajib dan soal rebutan. Adapun role play difungsikan untuk memberikan kesempatan pada para mahasiswa untuk melakukan simulasi sidang organisasi internasional.

Pertanyaan dalam sesi pertama, cerdas cermat, mencakup tentang isu-isu dunia internasional masa lampau maupun kontemporer, seperti:

  • Ancient diplomacy.
  • Modern diplomacy.
  • Public diplomacy.
  • Dll
diplomacy battle HI Unida Gontor
diplomacy battle HI Unida Gontor

Dalam babak penyisihan ini juga membahas tentang isu-isu dunia internasional yang bermunculan seperti kemungkinan meletusnya perang dunia ketiga, munculnya virus corona yang membuat kecemasan di berbagai negara, serta pelanggaran kedaulatan yang dilakukan negara China di laut Natuna.

Acara tersebut berlangsung dari jam 08-00 s/d 12.00 dan mengundang reaksi positif dari para audience. Keseruan dari acara tersebut terlihat dari antusiasme peserta dan penonton yang hadir.

Acara Diplomacy Battle ini dimenangkan oleh kelompok Tarumanegara yang beranggotakan lima orang, diantaranya :

  1. Abdul Aziz Ramadhan
  2. Athaya Salsabila
  3. Elang Surya Maulana
  4. Farhan Riswanda Jhuswanto,dan
  5. Muhammad Daffa Fadhullah.

Dengan diadakannya acara Diplomacy Battle, dua dosen pengampu matakuliah ini berharap agar para mahasiswa dapat meningkatkan value akademik mereka di bidang diplomasi. Mengingat respon dan output dari kegiatan ini sangat positif, semoga Diplomacy Battle dapat diadakan setiap tahun guna menjadi wadah praktik sekaligus latihan berdiplomasi para mahasiswa.

 

Artikel lain terkait:

Memilih Lapar: Diplomasi dan Islam era Kemerdekaan

3 thoughts on “Diplomacy Battle Ala Mahasiswa HI UNIDA Gontor”

  1. magnificent put up, very informative. I’m
    wondering why the other specialists of this sector don’t realize this.

    You should proceed your writing. I’m sure, you’ve a huge readers’ base already!

  2. Great to end up going to your weblog once more, it has been a very long time for me. Pleasantly this article I’ve been sat tight for so long. I will require this post to add up to my task in the school, and it has identical subject together with your review. Much appreciated, great offer.

    Visit here to my web:: 토토사이트추천

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *