conference

MAHASISWI HUBUNGAN INTERNASIONAL JUARA III LOMBA ESSAI DI AJANG PADJADJARAN FEST & CONFERENCE (PFC) 2020

Pada tanggal 11-13 November 2019, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung menyelenggarakan sebuah kegiatan prestise di kampus tersebut. Adapun kegiatan yang mereka selenggarakan bernama Padjadjaran Fest and Conference 2020 dan bertajuk “Memperkuat Perbatasan untuk Perkembangan Indonesia.”

Tiga mahasiswi semester 3 yang cukup aktif dari Prodi Hubungan Internasional Universitas Darussalam Gontor tergerak untuk mengikuti acara selama 3 hari ini. Mereka ialah Dita Nur Safitri, Arya Rahmania dan Zahra Fariha yang pada akhirnya berhasil mengharumkan nama besar UNIDA Gontor dengan menjadi pemenang dalam perlombaan berskala nasional tersebut.

Debat dan Konferensi Esai merupakan dua kategori lomba yang diadakan pada acara Padjadjaran Fest and Conference. Meski perlombaan ini diikuti banyak peserta dari universitas bergengsi di Indonesia, delegasi UNIDA membuktikan bahwa mereka juga bisa, jika ada kemauan yang kuat. Jiwa bersaing dan mental untuk maju menjadi acuan membara mahasiswi HI UNIDA ini.

Seminar Nasional

Hari pertama diawali dengan pembukaan dan technical meeting bagi peserta lomba PFC 2020 di Balai Kusumaatmadja, Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Sambutan dari ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran mengawali acara ini. Selain itu, pembukaan juga diadakan secara meriah dengan ditampilkannya tari Jaipong oleh dua mahasiswi Fakultas Kesehatan Unpad. Acara dilanjutkan dengan diadakan seminar nasional dengan tema “Memperkuat Perbatasan untuk Perkembangan Indonesia”.

Kompetisi Debat dan Presentasi Esai

conference
presentasi essai PFC

Di hari kedua, perlombaan berupa debat dan presentasi esai mulai dilakukan. Dalam kompetisi debat, terdapat 14 tim yang merupakan delegasi dari berbagai universitas di Indonesia. Kompetisi presentasi esai dengan 19 tim kemudian dikategorikan menjadi 5 sub-tema; ekonomi, sosia budaya, pertahanan dan keamanan, infrastruktur dan pariwisata.

Delegasi dari Universitas Darussalam Gontor, dengan nama kelompok Depositum Roses menjadi salah satu finalis dalam kompetisi presentasi esai. Sub-tema infrastruktur mereka tentukan sebagai pembahasan dalam perlombaan ini. Dalam membahas infrastuktur, delegasi membahas mengenai “Isu Pemindahan Ibukota: Upaya Pemerintah Dalam Pengembangan Daerah Perbatasan Indonesia”.

Field Trip

Pada hari ketiga, field trip diadakan untuk seluruh peserta lomba Padjadjaran Fest & Conference. Tempat-tempat yang dikunjungi adalah Gedung Konferensi Asia Afrika, Jalan Braga, Alun-Alun Bandung dan Museum Gedung Sate.

Field trip yang dilaksanakan di beberapa tempat bersejarah di Bandung bertujuan untuk memperkenalkan kota Bandung dari segi sejarah karena tidak semua peserta PFC 2020 berasal dari Bandung. Adapun destinasinya adalah Gedung Konferensi Asia Afrika, Museum Gedung Sate, Alun-alun Bandung dan Jalan Braga dipilih untuk kunjungan field trip acara ini.

Penutupan dan Pengumuman Pemenang PFC 2020

Penutupan acara yang disingkat PFC 2020 ini berlangsung mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai. Penutupan diisi dengan berbagai macam jenis penampilan seperti Paduan Suara Angklung dan Band dari Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Padjadjaran Bandung.

Di penghujung waktu, tibalah pengumuman para pemenang lomba debat dan konferensi esai. Khusus untuk perlombaan konferensi esai, pemenang juara satu, dua dan tiga ditentukan berdasarkan sub-tema masing-masing.

Adapun untuk sub-tema infrastruktur, delegasi UNIDA Gontor berhasil memboyong gelar Juara III atas perlombaan konferensi esai dengan nama kelompok Depositum Roses. Semoga ini menjadi batu loncatan bagi mahasiswa lainnya.

(Zahra Fariha Artyasa/HI-4)

20 thoughts on “MAHASISWI HUBUNGAN INTERNASIONAL JUARA III LOMBA ESSAI DI AJANG PADJADJARAN FEST & CONFERENCE (PFC) 2020”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *