tips review

TIPS MENULIS ULASAN ( REVIEW )

HI UNIDA – Menulis review atau ulasan merupakan salah satu aktivitas menulis ilmiah, sebab ulasan  ( review ) berisi kumpulan atau rangkuman berbagai publikasi ilmiah tentang topik tertentu. Berbagai bentuk publikasi ilmiah yang ditulis oleh berbagai kalangan akademisi maupun praktisi, bisa dijadikan bahan ulasan. Biasanya hal tersebut dilakukan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan – pertanyaan ilmiah tentang satu topik tertentu, sehingga ulasan yang nantinya muncul sudah pasti merupakan rangkuman dari berbagai publikasi ilmiah yang dipilih, dipelajari dan dianalisis, kemudian disimpulkan atau disusun  dalam satu ulasan ( review ).

Manfaat Ulasan

Mengulas ( reviewing ) publikasi ilmiah, baik jurnal, artikel, esai, ataupun makalah dan publikasi ilmiah lainnya memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Memberi kita wawasan dan pengetahuan baru tentang suatu ilmu atau isu tertentu
  2. Untuk keperluan skripsi, tesis, disertasi, atau makalah lainnya, dapat memberi informasi sejauh mana penelitian tentang suatu topik sudah dilakukan
  3. Untuk mengetahui sejauh mana suatu topik diperdebatkan, sekaligus mengetahui opini – opini publik tentang sutu topik tertentu
  4. Memberi kita inspirasi untuk tulisan atau penelitian kita. Melalui review kita dapat melihat “celah” dari penelitian sebelumnya, untuk dijadikan topik pembahasan penelitian selanjutnya
  5. Memberi kemudahan bagi kita untuk memperoleh data penunjang tulisan kita

Setelah mengetahui berbagai manfaat melakukan ulasan, tentu kita perlu tahu pula bagaimana langkah – langkah menulis ulasan bukan? Nah, untuk langkah – langkah melakukan ulasan untuk penelitian kita adalah sebagai berikut:

"tips

Bagan siklus diatas merupakan proses singkat dan sederhana melakukan ulasan ketika kita hendak melakukan penelitian baru. Lantas, bagaimana jika kita hanya sekedar ingin menulis ulasan tentang kritik atau argumen kita akan suatu publikasi ilmiah yang ditulis orang lain? Misal, ketika Dosen memberi tugas untuk menulis ulasan. Jangan khawatir, berikut langkah mudahnya!

tips menulis review
tips menulis review

Nah, mudah bukan melakukan ulasan dan menulis ulasan ( review ) ? Jangan lupa pula untuk melakukan proofreading atau koreksi terhadap ulasan kita, baik dari segi bahasa, isi, maupun referensi dan kutipan. Terakhir, SELAMAT MENULIS ULASAN ( REVIEW ) !! Semoga bermanfaat. (Dini/Ed. Wildi)

One thought on “TIPS MENULIS ULASAN ( REVIEW )”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *