beasiswa-santri-2019

Beasiswa Santri LPDP, Beasiswanya Mahasiswa UNIDA

Beasiswa Santri…

Ada yang punya impian untuk kuliah di luar negeri? Jika iya, berarti anda termasuk salah satu dari jutaan orang yang menghendaki hal yang sama. Kini mimpi tersebut kian dekat dengan kenyataan melalui berbagai skema beasiswa yang tersedia, salah satunya adalah LPDP. Beasiswa LPDP siap memberikan beasiswa penuh kepada kita semua untuk kuliah di dalam maupun luar negeri, bahkan di kampus-kampus top dunia seperti Harvard, Oxford, dan Cambridge!

Rabu (11/09) salah seorang dosen Hubungan Internasional UNIDA Gontor, Wildi Adila, mendapatkan undangan untuk mengisi seminar beasiswa dan studi lanjut di Gontor Puteri 2 Mantingan. Acara yang bertemakan “Reach Your Dream by LPDP” tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Selain itu, acara yang berlangsung mulai pukul dua hingga empat tersebut membahas hal-hal lain yang lebih spesifik seperti tips mendaftar LPDP, cara mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dari universitas tujuan, menjadi mahasiswa ideal, hingga sharing pengalaman pribadi menjadi seorang pelajar muslim di Inggris.

Sesi Pertama

Pada sesi pertama, narasumber memberikan pengenalan singkat mengenai apa itu LPDP. Secara umum, LPDP adalah sebuah lembaga beasiswa yang diselenggarakan oleh negara melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Tujuannya adalah untuk memberikan bantuan dana pendidikan penuh kepada masyarakat Indonesia yang berminat melanjutkan studi ke jenjang magister atau doktoral.

Beasiswa Santri
Beasiswa Santri

Menurutnya, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kategori beasiswa yang ditawarkan LPDP saat ini sangatlah banyak. Jenis beasiswa yang beragam itu terdiri dari tiga tema besar, yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi, dan Beasiswa Targeted Group. Beberapa beasiswa yang termasuk dalam kategori Beasiswa Umum adalah Beasiswa Reguler, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia, Beasiswa Disertasi, dan Beasiswa Kerja Sama Pendanaan (Co – Funding).

Beasiswa Afirmasi kali ini hadir dengan jenis beasiswa yang paling banyak. Diantara beasiswa-beasiswa yang masuk dalam kategori Afirmasi adalah Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Alumni Bidikmisi, Beasiswa Prasejahtera Berprestasi, Beasiswa Santri, Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional, Beasiswa Prestasi Seni Internasional, Beasiswa Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Indonesia Timur. Sedangkan Beasiswa Targeted Group hanya terdiri dari 3 macam saja, yaitu Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), Beasiswa PNS/TNI/POLRI, Beasiswa Olimpiade Internasional.

Beasiswa Afirmasi

Pembahasan sang narasumber kala itu lebih dititikberatkan pada Beasiswa Afirmasi, khususnya Beasiswa Santri. Hal ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, tipe beasiswa ini sangat sesuai dengan latar belakang para audience yang merupakan seorang pendidik di Pondok Modern Darussalam Gontor, Kampus Puteri 2. Beasiswa Santri adalah sebuah program beasiswa yang dikhususkan bagi santri yang ingin melanjutkan kuliah pada jenjang magister ataupun doktoral. Adapun salah satu ketentuannya adalah aktif sebagai pendidik, dan atau tenaga kependidikan di Pondok Pesantren atau satuan-satuan Pendidikan keagamaan yang diselenggarakan oleh pesantren sekurang-kurangnya 3 tahun terakhir.

Beasiswa Santri ini adalah beasiswanya Antunna-Antunna sekalian, para mahasiswa-mahasiswi UNIDA. Kalau sampai tidak mau mengambil kesempatan emas ini, sungguh betapa meruginya kalian. Syaratnya cenderung ringan jika dibandingkan jenis beasiswa LPDP lain. Kalau di Beasiswa Reguler, persyaratan bahasanya  harus dengan IELTS 6.5. Nggak bisa ditawar-tawar. Sedangkan di Beasiswa Santri, Antunna bisa mendaftar hanya dengan nilai IELTS 6.0. Bahkan, khusus beasiswa ini, TOEFL ITP dengan skor 500 masih diperbolehkan. Tak hanya itu, setelah lolos LPDP, kalian akan diberikan kursus bahasa gratis untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian, lanjut Wildi.

Selain Beasiswa Santri, ada dua jenis beasiswa lagi yang cocok dengan mahasiswa UNIDA. Persyaratannya pun juga tak sesulit Beasiswa Reguler. Dua beasiswa itu adalah Beasiswa Daerah Afirmasi dan Beasiswa Prasejahtera Berprestasi. Yang pertama adalah jenis beasiswa yang dikhususkan bagi para pemuda-pemudi yang berasal dari 125 kota yang masuk dalam kategori 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Untuk mengetahui daftar daerah afirmasi LPDP tahun 2019 bisa klik link ini. Sedangkan Beasiswa Prasejahtera, adalah program beasiswa bagi mereka yang berasal dari keluarga miskin, tapi memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,5 dari skala 4,0 dan lulus strata satu pada dua tahun teakhir. Untuk cek ketentuannya bisa klik link ini.

Minder

Meskipun kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat terbuka lebar, ternyata masih banyak ditemukan mahasiswa-mahasiswi UNIDA yang minder karena bahasa Inggrisnya masih pas-pasan. Untuk masalah ini, Wildi memberikan beberapa tips yang bermanfaat.

Mahasiswa UNIDA harus mampu menambah exposure bahasa Inggris dalam kehidupannya sehari-hari, pesan Wildi. Exposure ini lalu dibagi menjadi 4 bagian, sesuai jumlah skill berbahasa yang terdiri dari listening, speaking, reading, and writing. Untuk listening, mahasiswa dapat membiasakan diri untuk mendengarkan podcast dengan tema yang disukai di platform gratis seperti spotify dan anchor. Sementara reading bisa ditingkatkan dengan cara rajin membaca artikel ilmiah, novel, atau berita dari warta luar negeri yang berbahasa Inggris.

Meningkatkan speaking exposure bisa dimulai dengan cara imitate frasa-frasa bahasa Inggris yang terdapat pada film, vlog, reality show, dan lainnya. Selain itu, aktif dalam kegiatan akademik seperti student exchange, international conference and seminar tentunya akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kepercayaan diri para mahasiswa dalam berbicara di depan publik. Yang terakhir, writing skill, bisa dikembangkan dengan cara merangkum berita yang menjadi headline. Membuat tulisan untuk mengungkapkan sebuah pendapat atau mengomentari fenomena yang sedang hangat dibicarakan dalam bahasa Inggris juga sangat membantu.

Sesi Kedua

Di sesi kedua, alumni SOAS tersebut berbagi tentang kebiasaan baik yang dapat mendekatkan diri pada kesempatan kuliah di luar negeri. Menurutnya, penting sekali untuk menjadi “mahasiswa ideal” yang baik secara akademik, organisasi, pengabdian, prestasi, hingga agamanya. 

Akademik yang baik bisa dibuktikan dengan menunjukkan nilai IPK yang tidak pas-pasan. Meskipun tidak dapat menjadi patokan untuk mengukur kesuksesan seseorang, IPK nyatanya menjadi salah satu instrumen paling penting untuk kuliah S2 dan S3. Hal penting lainnya, organisasi dan pengabdian, dapat menjadi sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk menjadi lebih kritis, peka terhadap permasalahan yang ada di sekitar, membangun relasi, dan memperluas koneksi.

Prestasi bisa diartikan sebagai bagian dari pengejawantahan proses belajar di kelas. Menjadi mahasiswa paling pintar di kelas rasanya kurang paripurna jika tidak menjajal berbagai kompetisi di bidang akademik maupun non-akademik. Jika keempat unsur untuk menjadi “mahasiswa ideal” di atas sudah dikantongi, ini (harusnya) dapat menjadi momentum baginya untuk lebih agamis. Bila mau merenung, maka seorang mahasiswa pasti akan sampai pada sebuah kesimpulan bahwa semua pencapaian cemerlangnya tidak akan pernah terwujud tanpa bantuan dan kemudahan dari Allah SWT.

Hakikat Studi Lanjut

Pria asal Ponorogo tersebut juga menjelaskan tentang hakikat studi lanjut yang sering salah ditafsirkan oleh banyak orang. Wildi dengan tegas mengatakan bahwa studi lanjut, terlebih dengan beasiswa, bukanlah sebuah kegiatan aji mumpung. Mumpung belum diterima kerja, maka mendaftar beasiswa. Mumpung pas sedang kerja serabutan, maka mau studi lanjut. Bukan seperti itu cara mainnya. Studi lanjut adalah sebuah usaha yang harus dipersiapkan dengan matang, didukung oleh serangkaian aktivitas yang konsisten. Ia juga perlu ditindaklanjuti dengan kontribusi nyata bagi bangsa.

Maka dari itu, penting bagi mahasiswa untuk menyiapkan segala sesuatunya sedari dini. Ini bisa ditindaklanjuti dengan konkrit salah satunya dengan cara memiliki paspor. Mengapa seorang mahasiswa harus mempunyai paspor? Hal ini karena paspor menjadi syarat wajib bagi seseorang bila hendak berkunjung ke sebuah negara. Dengan kata lain, mahasiswa harus didorong memiliki kunci untuk melihat dunia yang sangat luas. Jika mahasiswa terbiasa keluar masuk negara orang, mata dan pikirannya akan terbuka, keputusannya menjadi lebih bijak, inisiatifnya akan tumbuh, pengalamannya akan bertambah, dan visi hidupnya akan terbentuk.

Penutup

Sebelum menutup sesinya, Wildi tak lupa mengingatkan hal yang krusial kepada para peserta yang hadir. “Walaupun kesempatan emas kuliah di luar negeri menganga di depan mata, hal ini semoga tak lantas menggoyahkan niatan ikhas Antunna, para guru-guru untuk tetap istiqamah dalam mendidik santri, mengurus bagian, membantu pondok, sekaligus menjalankan kuliah.” Acara itu pun ditutup dengan sesi foto bersama antara narasumber, peserta, dan panitia. [Adil]

Beasiswa Santri
Beasiswa Santri

Berita terkait:

http://hi.unida.gontor.ac.id/2019/08/31/loa-unconditional-adalah/

S2 di Inggris dengan Beasiswa Chevening? Mengapa Tidak

Memilih Lapar: Diplomasi dan Islam era Kemerdekaan

Internship , We Love It – Kiat-kiat Persiapan Magang

British Diplomacy | Sister City Liverpool-Surabaya dan Chevening Programs

32 thoughts on “Beasiswa Santri LPDP, Beasiswanya Mahasiswa UNIDA”

  1. An added important component is that if you are an elderly person, travel insurance regarding pensioners is something you should make sure you really think about. The more mature you are, the harder at risk you will be for permitting something poor happen to you while in another country. If you are certainly not covered by quite a few comprehensive insurance cover, you could have a number of serious challenges. Thanks for giving your guidelines on this website.

  2. Good day I am so delighted I found your weblog, I really found you by error, while I was browsing on Digg for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say cheers for a marvelous post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to look over it all at the moment but I have saved it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the excellent work.

  3. In this great scheme of things you’ll secure an A for effort. Where exactly you confused me was first on your facts. As it is said, the devil is in the details… And that couldn’t be more true here. Having said that, permit me reveal to you just what exactly did give good results. Your text can be quite powerful and that is possibly why I am making the effort to comment. I do not make it a regular habit of doing that. Second, while I can easily see the jumps in reasoning you make, I am not really certain of how you seem to unite your details which in turn help to make the final result. For the moment I will subscribe to your point but trust in the foreseeable future you actually link your dots much better.

  4. Well done – It really takes a lot of time to have blog posts. While I don’t agree on your blog I will concede that your are entitled to have your own perspective. The site ended up having some cool perspectives. Cool work job–

  5. Woah! I’m really digging the template/theme of this blog. It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between user friendliness and visual appearance. I must say you’ve done a superb job with this. Also, the blog loads very fast for me on Firefox. Excellent Blog!

  6. I have seen plenty of useful items on your web site about pcs. However, I’ve the thoughts and opinions that laptop computers are still more or less not powerful sufficiently to be a sensible choice if you normally do jobs that require a great deal of power, including video touch-ups. But for internet surfing, statement processing, and many other popular computer work they are perfectly, provided you never mind small screen size. Appreciate sharing your thinking.

  7. I precisely had to appreciate you once more. I am not sure the things that I might have created without the entire tactics contributed by you on my theme. It actually was a real horrifying situation for me, nevertheless finding out the very skilled mode you solved that made me to cry with delight. I will be grateful for this guidance and then pray you know what an amazing job you happen to be accomplishing educating many others by way of your webblog. Most likely you’ve never got to know any of us.

  8. I believe this is one of the most important info for me. And i’m satisfied reading your article. But should commentary on few basic issues, The website taste is ideal, the articles is in reality excellent : D. Good job, cheers

  9. I simply want to say I am new to blogging and site-building and seriously loved this blog site. Likely I’m planning to bookmark your site . You amazingly come with tremendous stories. Many thanks for sharing with us your website page.

  10. Hello There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
    I’ll be sure to bookmark it and come back to read
    more of your useful information. Thanks for the post.
    I will definitely comeback.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *