IDULADHA: TEBARKAN BERKAH, HADIRKAN SENYUM MEREKAH

Terdapat dua perayaan yang selalu disambut dengan sukacita oleh umat muslim seluruh dunia, yaitu Idul Fitri dan Iduladha. Kedua perayaan umat muslim ini selalu membawa kebahagiaan di setiap event-nya dan di belahan dunia manapun, karena di dalamnya mengandung makna yang sangat dalam dan religius. Seluruh umat muslim seluruh dunia merayakan dua hari besar umat Islam dengan penuh sukacita.

Iduladha dan Idul Fitri di Indonesia memiliki keunikan masing-masing. Jika Idul Fitri kental dengan nuansa Ramadhan berhias kupat dan opor ayam, Iduladha di Indonesia akan ramai dengan kurban sapi dan kambing, yang mana dagingnya nanti akan dimasak menjadi beragam makanan khas Indonesia seperti rendang, sayur sup, dan sate. Hal ini tentunya memberikan banyak kebahagiaan bagi seluruh umat muslim karena mendatangkan berkah yang melimpah.

Bagi orang kaya, kebahagiaan mereka didapatkan karena mereka bisa memberikan sebagian hak dari harta yang dimilikinya baik berupa zakat ataupun hewan kurban. Karena bagi siapa saja yang berzakat ataupun berkurban pada hari Iduladha, ganjaran berlipat ganda akan diberikan oleh Allah sebagai balasannya, Insyaa Allah.

Adapun bagi kaum duafa, kebahagiaan akan didapatkan karena mereka dapat merasakan nikmat dari hasil kurban dan pemberian zakat. Mereka yang tidak memiliki harta cukup dan tidak memiliki kemampuan untuk berkurban akan mendapatkan tunjangan zakat yang biasanya diberikan oleh dewan-dewan masjid setempat.

Hari besar umat Islam tentunya selalu membawakan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi para umatnya di seluruh alam karena Islam sendiri adalah agama rahmatan lil-‘alamin yang tidak akan pernah membeda-bedakan derajat manusia hanya dengan ukuran harta melainkan takwa. Selama Iduladha berlangsung, para muslimin berlomba-lomba untuk mendapatkan berkah dan pahala dari Hari Raya Iduladha dengan melakukan qurban dan berzakat.

Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya untuk menyambut Hari Raya Iduladha dengan penuh sukacita karena hal tersebut merupakan sifat yang mulia. (Zahra Fahira/HI-3)

5 Feedbacks on “IDULADHA: TEBARKAN BERKAH, HADIRKAN SENYUM MEREKAH”

  1. Pengalaman Idul Adha tahun ini sangat berkesan bagi saya karena kegiatan Idul Adha di unida gontor bukan hanya dilaksanakan di dalam kampus melainkan juga di luar kampus dalam program bakti sosial.Kebetulan Saya juga berkesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam Acara ini,Alhamdulillah saya dapat banyak sekali pendidikan dari acara ini,mulai dari ikut terjun di masyarakat dalam prosesi penyembelihan hewan qurban dan lain lain…..semoga kegiatan Idul Adha Di Unida Gontor di Tahun yang akan datang jauh lebih baik..Aaamiiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *